P&G Tergetkan 9 Juta Liter Air Bersih Bersama Indomaret

Png

Program P&G Children's Safe Drinking Water (CSDW) yang telah berjalan sejak 2004, tercatat hingga Mei 2016 telah menyumbangkan 10 miliar liter air bersih di seluruh dunia. Sebanyak 75 negara, terutama di kawasan sub Sahara Adrika, Asia dan Amerika Latin telah merasakan manfaat program tersebut.

Targetnya, pada tahun 2020 program tanggung jawab sosial perusahaan dari PT Procter & Gamble (P&G) tersebut dapat tercapai sebanyak 15 miliat liter air bersih yang disumbangkan. Dalam menjalanlan program tersebut, P&G menggandeng 150 mitra dari berbagai organisasi non profit di seluruh dunia, seperti ChildFund, Clinton Global Initiative, UNICEF, WHO dan World Vision.

Di Indonesia sendiri, P&G lewat program CSDW telah berjalan sejak kejadian bencana Tsunami Aceh tahun 2004. Berlanjut ketika gempa bumi di Yogyakarta pada 2006, gempa bumi di Padang 2009, erupsi gunung Merapi di Jawa Tengah 2012. Hingga sekarang, jumlah air bersih yang diberikan di Indonesia mencapai 175 juta liter air layak konsumsi.

Guna menggenjot target, kali ini P&G menggandeng PT Indomarco Prismatama (Indomaret). Diharapkan, kerja sama dengan Indomaret mulai 1 Agustus hingga 30 September 2016 dapat menyumbangkan sebanyak 9 juta liter air bersih di Indonesia.

"Jadi, setiap pembelian produk P&G pada periode tersebut konsumen dapat turut serta berkontribusi pada pemberian air bersih layak minum di seluruh Indonesia," jelas Nararya Soeprapto, Direktur P&G Indonesia saat konferensi pers di Indomaret Poin Kemang, Jakarta (19/8/2016).

Sementara itu, David Andre Ardhani Kamal Direktur NRD, Wahana Visi Indonesia, menjelaskan, sebanyak 56% wilayah di Indonesia mengalami kekurangan akses air bersih layak minum. Terkait hal itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan P&G mengenai sosialisasi air bersih layak minum di Sekadao Kalimantan Barat. Air di sana cukup banyak, namun yang layak konsumsi sangat sedikit karena banyak mengandung banyak logam.

Terkait hal itu, lewat teknologi dari P&G bernama Purifier of Water, bekerja sama dengan U.S centers for disease Control and prevention, dapat memurnikan kondisi air yang tercemar sekalipun hingga layak konsumsi dalam waktu 30 menit.

Teknologi tersebut dikemas dalam bentuk sachet dengan berat bersih 4 gram. Setiap sachetnya dapat memurnikan air kotor sebanyak 10 liter atau setara dengab 2,5 galon air. Bahan yang digunakan diklaim setara dengan sistem pengolahan air di kota dan dapat membunuh bakteri, virus dan menghilangkan parasit dan bahan padat.

Karena air minum yang sudah disterilkan dengan P&G Purifier of Water mengandung klorin, jadi massa kada luarsa air yang menjadi layak konsumi tersebut hanya berusia satu hari. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)