Philips Dukung Industri Pariwisata Bali

Philips menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan dan pengembangan kota pariwisata yang hemat energi dan ramah lingkungan di Bali.

IMG_1492Hal ini disampaikan Philips dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Badung dalam paparan kepada media hari ini ditengah penyelenggaraan seminar “LED’s Green Bali Hotel” bagi para Chief Engineer dan pengembang hotel di Bali.

Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara Kota Terang Hemat Energi Bali bersama Philips LED, sebuah inisiatif untuk mengajak masyarakat lebih hemat energi.

Danny Gunadi, Marketing Manager Professional Channel & OEM PT Philips Indonesia mengatakan, “Bali sudah dikenal sebagai tempat tujuan wisata yang saat ini sedang menjadi sorotan dunia terkait dengan penyelenggaraan berbagai acara tingkat internasional seperti pemilihan Miss World dan APEC. Oleh karena itu Philips menyambut baik keinginan pemerintah kota kabupaten Badung yang tengah giat mempercantik berbagai lanskap atau taman kota, sehingga dapat dinikmati pengunjung baik siang maupun malam hari.”

Kerjasama Philips dengan pemkab Badung sudah terjalin cukup lama, diantaranya dengan pemasangan lampu jalan solar LED di jalan bebas hambatan dan jalan tol Nusa Dua – Tanjung Benoa yang baru selesai dibangun.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Badung, Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si. mengungkapkan bahwa salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh kabupaten ini adalah ‘Beautiful Badung yang Bersih, Hijau dan Berbunga’. “Realisasi pencahayaan taman kota dengan teknologi pencahayaan LED Philips memungkinkan PemKab untuk memperindah kota tanpa pemborosan listrik dan biaya; menjadikannya kota hijau yang ramah lingkungan.”

Dalam seminar yang ditujukan kepada Chief Engineer dan pengelola hotel di Bali, Philips mengajak sektor ini untuk dapat memberikan pengalaman tinggal yang menyenangkan bagi wisatawan dengan pencahayaan atraktif yang hemat energi serta ramah lingkungan.

Hasil riset Knight Frank di pertengahan 2012 menunjukkan pembangunan hotel baru yang terus bertumbuh di Indonesia. Diproyeksikan hingga tahun 2014, pasokan kamar dari hotel baru di Bali mencapai 10.466 kamar dari 60 proyek. Tentunya dengan penambahan hotel dan kamar di Bali,  kebutuhan akan suplai listrik juga bertambah secara signifikan, yang membuat konsumsi energi dan pembuangan emisi CO2 juga akan meningkat. Oleh karena itu perlu dipikirkan kembali bagaimana hotel-hotel – baik yang sudah ada maupun yang baru akan dibangun – dapat melakukan penghematan energi dan menjadi bangunan yang ramah lingkungan.

"Kami menyadari seiring dengan perkembangan industri perhotelan di Bali, perlu dilakukan penghematan energi untuk membuat Bali lebih ramah lingkungan. Inovasi terbaru Philips di bidang pencahayaan LED memungkinkan para pemilik dan pengelola hotel memberikan pengalaman terbaik bagi para tamunya, tanpa harus mengeluarkan biaya investasi dan pemeliharaan yang besar. Hotel pun menjadi bangunan ramah lingkungan dan hemat energi, yang akan mendukung terciptanya Bali sebagai pulau yang bersih dan hijau,” lanjut Danny.

Selain solusi pencahayaan melalui aplikasi lampu berteknologi LED, Philips juga menawarkan solusi finansial yang diusung oleh program Turnkey Project & Services. Program yang meliputi audit energi, desain dan aplikasi pencahayaan LED, pengelolaan proyek dan pemeliharaan, hingga manajemen pembiayaan ini ditujukan untuk dapat memberikan kesempatan baik pada pemerintahan maupun sektor swasta, untuk dapat membangun atau mentransformasi bangunan yang sudah ada menjadi bangunan hijau yang ramah lingkungan.

Sistem pencahayaan berbasis LED tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga memiliki umur penggunaan yang lebih panjang (hingga 15 tahun), lebih efisien dalam penggunaan daya listrik (hingga 85%), mudah dalam perawatan, juga menawarkan disain yang fleksibel. Beberapa hotel dan city landmark di berbagai kota di Indonesia telah mengaplikasikan sistem pencahayaan LED seperti Hotel Sanur Paradise Plaza Bali, Hotel Bintang Kuta Bali, dan lain-lain. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)