PLN University Gandeng 46 PT untuk Program Magang

Penandatanganan kerja sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) antara PLN dan 38 perguruan tinggi untuk batch 2/2019 di Graha PLN Pusdiklat, Jakarta, (10/9). (foto: Jeihan Kahfi/SWA

PT PLN (Persero) melalui PLN Corporate Univesity menggelar Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang sudah memasuki batch kedua di tahun 2019. Program ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi individu agar sesuai dengan kebutuhan industri dengen memberikan sertifikasi kompetensi dan sertifikasi industri.

PMMB adalah kegiatan CSR PLN yang sudah berjalan sejak bulan Oktober 2018. Pada awalnya, PLN bekerja sama dengan 8 perguruan tinggi yang terdiri dari 86 mahasiswa. Kemudian tahun ini meningkat menjadi 46 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dengan jumlah peserta magang 260 mahasiswa. Adapun target biaya yang direalisasikan CSR PLN melalui PMMB hingga 2019 ini senilai Rp11 miliar.

Menurut Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali, program ini adalah salah satu wujud BUMN Hadir Untuk Negeri dalam program unggulan Forum Human Capital Indonesia. “Kami berupaya membantu mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN, salah satunya PLN. Tahun 2020, Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan 21.000 mahasiswa magang bersertifikat dari 144 BUMN,” ungkap Ali saat peresmian PMMB Batch 2/2019 di Graha PLN Pusdiklat, Jakarta, (10/9/2019).

Ali juga menjelaskan bahwa program ini merupakan pengembangan program kerja sama dengan SMK/vokasi yang sudah diterapkan sebelumnya. “Ide pertama awalnya muncul karena di bidang pembangkitan memerlukan banyak tenaga kerja untuk operator, sementara untuk mencetaknya tidak mudah. Sehingga kami bekerja sama dengan SMK. Bagi kami hal ini sangat membantu kedua belah pihak dengan link and match semakin bagus. Dari program itu ditingkatkan ke PMMB,” jelasnya.

Setelah melalui tahap pendataan ke unit dan anak perusahaan PLN untuk pencarian tempat magang, dan hasil hasil match up ketersediaan mahasiswa untuk magang sesuai Komitmen Perguruan Tinggi, maka jika tidak ada perubahan realisasi yang akan magang menjadi 260 orang (130% dari target yang ditetapkan oleh FHCI).

Para mahasiswa akan magang pada 10 unit dan 3 anak perusahaan di lingkungan PLN. Bidang magangnya beragam meliputi bidang konstruksi. pembangkit, transmisi, distribusi, transaksi energi. pelayanan pelanggan, diklat, penunjang, manajemen produksi, telekomunikasi dan programming.

Program pendidikan yang dilakukan oleh PLN ini mendapat respons yang positif dari perguruan tinggi serta SMK. Diharapkan melalui program ini dapat meningkatkan kompentensi dan kapasitas sumber daya manusia yang produktif di dunia industri.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)