CSR Corner

Project Kooka Chick ‘N Roll Libatkan Artis dan Yayasan

Project Kooka Chick ‘N Roll Libatkan Artis dan Yayasan

Pepatah bilang banyak jalan menuju Roma. Begitu halnya kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bisa dilakukan dengan beragam cara. PT Michelindo Food International, pengelola 25 jaringan resto siap saji Chick ‘n Roll misalnya, punya cara unik untuk membantu anak-anak yang berkegiatan di rumah singgah, yaitu program “Project Kooka”.

Michelle E. Surjaputra (tengah) dan selebritas yang meramaikan Kooka Art Competition

“Project Kooka adalah bentuk kepedulian Chick ‘n Roll terhadap lingkungan sosial. Program ini menggabungkan kegiatan CSR dengan kreativitas seni di Indonesia. Kami memiliki tujuan untuk menggalang dana dengan bantuan dari pekerja seni, artis, maupun public figure di Indonesia,” ujar Michelle E. Surjaputra, Presiden Direktur dan Pemilik PT Michelindo Food International.

Michelle menjelaskan, pelaksanaan Project Kooka hasil kerja sama dengan Saab Shares dan Lets Share. Semua keuntungan dari program ini akan diberikan kepada dua yayasan tersebut.

Mengapa kegiatannya lomba menggambar? “Saya ingin meningkatakan pengetahuan anak-anak pada bidang lain yang selama ini tidak banyak diajarkan di sekolah, yaitu melukis atau menggambar. Biasanya pelajaran kesenian di sekolah lebih banyak menyanyi, musik atau menari. Kalau menggambar sedikit, itupun lebih banyak di atas kertas gambar,” ujar Michelle di sela kegiatan CSR tersebut.

Project Kooka dibagi atas dua jenis kegiatan. Pertama, kompetisi seni di mana para peserta akan diminta untuk mewarnai boneka kooka. Kemudian, yang kedua adalah acara lelang — semua hasil dari kompetisi mewarnai boneka kooka — akan disumbangkan ke yayasan serta rumah singgah.

Saab Shares merupakan rumah singgah untuk para penderita kanker yang sedang berobat dan rumah belajar yang didirikan oleh Sabrina Bensawan. Sedangkan Lets Share adalah lembaga non profit yang membantu anak-anak yang membutuhkan. Didirikan oleh Dita Soedarjo, Dr. Christabella, dan Karenina Sunny.

“Kooka merupakan nama dari maskot Chick ‘n Roll. Sementara Project Kooka adalah sebuah kompetisi mewarnai boneka kooka, di mana kooka yang telah diwarnai akan di lelang dan hasilnya akan diberikan kepada Saab Shares dan Lets Share,” Michelle menambahkan.

Peserta lomba Kooka Art Competition

Lomba menggambar yang digelar Chick ‘n Roll dilakukan dengan media unik, yakni boneka Kooka Minis. “Kami sediakan Kooka Minis untuk digambar, lalu spidol, vinil serta alat lainnya. Peserta boleh menggambar bebas sesuai kreativitas,” kata Sarjana Jurusan Finance dari New York University-Leonard N. Stern School of Business, Amerika Serikat ini.

Pada tahap pertama kompetisi dilakukan di Mal Gandaria City bersama sejumlah anak singgah. Para artis yang hadir meramaikan acara lomba lukis kooka adalah Luna Maya, Chaca Frederica, Karenina Sunny serta Reino Barack yang dikenal sebagai pencipta tokoh super hero “Bima Satria Garuda.” Berikutnya disusul oleh penyanyi Gisela dan pemain sinetron Sandra Dewi.

Selanjutnya akan digelar acara lomba serupa di Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali mulai tanggal 13 Mei sampai 17 Juni 2017. Chick ‘n Roll mengundang para pecinta seni mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk berpartisipasi dalam lomba mewarnai boneka Kooka. Ada tiga kategori dalam kompetisi ini, yaitu umur 5 – 10 tahun, 11 – 15 tahun, dan kategori umum.

“Kami sangat antusias dengan program CSR ini, banyak sekali artis, seniman, serta public figure yang terlibat. Kami berharap kami bisa mengumpulkan dana yang cukup besar di akhir periode program ini untuk diberikan kepada Saab Shares dan Lets Share,” ungkap eksekutif wanita yang memiliki ratusan karyawan ini.

Chick ‘n Roll menargetkan 300 peserta berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Penyelenggara menyediakan hadiah uang tunai hingga Rp 1 juta untuk pemenang lomba di masing-masing kota. Kemudian 20 karya terbaik akan dipajang di website Chick ‘n Roll untuk dipilih tiga karya terbaik dengan hadiah lebih dari Rp10 juta. “Pemenang dari 20 karya terpilih ditentukan oleh masyarakat umum yang memilih yang terbaik di website kami,” kata Michelle.

Sebagai puncaknya, acara final akan dilakukan di Jakarta, tepatnya di Artotel Thamrin Jakarta pada tanggal 17 Juli 2017. Setiap pemenang dari masing-masing kota akan berkompetisi atas hasil karyanya. Yang menarik juga adalah, semua hasil karya Kooka di setiap kota, akan tempatkan di Artotel Jakarta sebagai pertunjukan seni. Selain itu, akan ada proses lelang dari hasil karya yang dibuat para seniman, artis , serta public figure.

Selain kompetisi mewarnai boneka kooka, Chick ‘n Roll juga akan menjual merchandise ini di semua cabang Chick ‘n Roll Jakarta, Bandung, Malang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Harga masing-masing boneka dibanderol Rp50 ribu atau hanya Rp28.000 jika membeli paket Kids Meal. Hasil dari penjualan ini, juga akan diberikan ke Saab Shares dan Lets Share.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved