Cara Prudential Mengembangkan Ilmu Aktuaria

Pertumbuhan industri asuransi jiwa beberapa tahun ke belakang menunjukan potensi yang positif dengan rata-rata pertumbuhan 20-30% dalam lima tahun terakhir. Sayangnya, pertumbuhan ini belum diimbangi dengan jumlah SDM yang memiliki keahlian aktuaria yang memadai.

Ahli Aktuaria (Aktuaris) memiliki kemampuan teknis antara lain dalam perancangan produk dan analisa risiko pada asuransi dan investasi yang sangat dibutuhkan dalam perusahaan asuransi. Saat ini aktuaris di Indonesia berjumlah 178 orang, sedangkan kebutuhan industri diperkirakan lebih dari 600 aktuaris (sumber: Bapepam-LK November 2012). Kebutuhan tersebut akan terus tumbuh seiring dengan berkembangnya industri asuransi di Indonesia.

Berkolaborasi dengan PT Prudential Life Assurance dan Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI), akan membuka pendaftaran program studi Magister Manajamen Aktuaria di Bulan Februari 2013.

Jossy Prananta Moeis, Pejabat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, mengatakan, bentuk kolaborasi yakni Prudential mendukung pengembangan kurikulum serta seluruh infrastruktur terkait aktifitas belajar-mengajar.

Aktuaria adalah suatu cabang ilmu yang sifatnya multidisipliner. Ilmu tersebut menggunakan metode-metode atau prinsip-prinsip yang ada pada statistika dan juga matematika dalam rangka memperkirakan, memprediksi, mengkalkulasi, membuat suatu perencanaan, model dan gambaran tentang prinsip-prinsip yang berlaku pada dunia asuransi, dana pensiun, dan keuangan pada umumnya.

“Posisi seorang aktuaris dalam mengembangkan produk asuransi adalah salah satu kunci penting dalam lingkup bisnis perusahaan asuransi yang secara nyata berpengaruh terhadap jenis dan spesifikasi produk yang ditawarkan perusahaan tersebut,” ujar Jossy.

Sementara itu, William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan, kolaborasi ini merupakan upaya perusahaan dalam mendukung asosiasi dan regulator dalam memastikan ketersediaan tenaga ahli, serta memfasilitasi pengembangan ilmu aktuaria di Indonesia.

“Sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi sebagai seorang aktuaris sangat dibutuhkan karena potensi pasar asuransi yang masih sangat luas dan posisi aktuaris yang strategis dalam upaya industri memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Kami percaya apa yang kami lakukan di hari ini akan membuahkan nilai-nilai yang sangat positif bagi industri asuransi, khususnya asuransi jiwa,” kata William Kuan.

Dalam realisasinya nanti, Prudential juga akan aktif berkontribusi bagi pengembangan kompetensi tenaga pengajar dan mahasiswa dengan mengirimkan dua dosen setiap tahunnya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan aktuaria internasional serta mendatangkan international lecturer untuk memberikan workshop ilmu aktuari. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)