CSR Corner zkumparan

PT Uni-Charm Indonesia Tbk. Donasikan Popok Celana Dewasa dan Pembalut Wanita untuk Tenaga Medis dan Pasien Covid-19

General Manager PT Uni-Charm Indonesia Tbk. Takeyuki Matsuura (kedua kanan) secara simbolis menyerahkan paket bantuan kepada Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati (kedua kiri) didampingi Direktur Produksi & Pemberitaan Bisnis Indonesia Arif Budisusilo (kiri) dan Strategic Business Partnership Manager Foodbank of Indonesia Rina Efrizal.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk. menyalurkan bantuan berupa 150 karton popok celana dewasa dan pembalut wanita senilai Rp 144 juta untuk pasien dan tenaga medis Covid-19. Bekerja sama dengan Gerakan #BagiAsa dan Foodbank of Indonesia, bantuan ini diserahkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk selanjutnya didistribusikan kepada pasien dan tenaga medis.

“Penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PT Uni-Charm Indonesia Tbk. khususnya kepada para tenaga medis sebagai garda terdepan, di mana banyak dari mereka yang masih membutuhkan peralatan penunjang pekerjaan mereka. Ke depannya, kami sedang merencanakan kegiatan-kegiatan donasi yang lain, untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,” kata General Manager PT Uni-Charm Indonesia Tbk., Takeyuki Matsuura di Jakarta, Selasa, 28 April 2020.

Takeyuki Matsuura dalam kesempatan yang sama mendukung Gerakan #BagiAsa yang merupakan kolaborasi empat media yaitu Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR bersama kantor pengacara Hendra Soenardi. Dalam pelaksanaannya, gerakan #BagiAsa bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FoI) dan Accelerice.

Menurutnya, gerakan ini merupakan bukti nyata kepedulian banyak pihak untuk membantu tenaga medis dan pasien Covid-19.

Sedangkan Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi bantuan ini. “Popok Celana dan Pembalut merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para tenaga medis. Jadi ketika seorang tenaga medis ingin buang air kecil, mereka repot harus buka APD dulu. Seperti yang kita tahu, pemakaian APD adalah sekali pakai. Dengan memakai popok celana, tentu akan berdampak penghematan penggunaan APD,” jelasnya seusai serah terima bantuan.

Ia menambahkan, dukungan peralatan seperti ini dapat membuat para tenaga medis lebih berkonsentrasi dalam bekerja.

Gerakan #BagiAsa merupakan aksi solidaritas yang dikampanyekan untuk membantu tenaga medis serta masyarakat terdampak Covid-19. Gerakan ini juga menyalurkan bantuan baik dalam barang, maupun donasi untuk membeli makanan atau paket sembako, juga alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

Pengelolaan dan pendistribusian bantuan dalam bentuk makanan dilakukan sepenuhnya oleh Foodbank of Indonesia (Foi) berdasarkan tata laksana yang ketat. FoI akan mengontrol kualitas makanan hingga penyaluran ke kelompok yang membutuhkan sesuai dengan SOP pencegahan penularan Covid-19 yaitu menghindari kerumunan hingga aspek higienis.

Jaringan relawan Foodbank of Indonesia akan mendistribusikan bantuan ke berbagai tempat. Sementara itu, kebutuhan makanan siap saji dilakukan oleh Accelerice. Dalam Gerakan #BagiAsa ini, Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR akan melakukan kampanye dan publikasi melalui platform media sosial masing-masing media. Individu atau korporat yang ingin melakukan donasi dapat menyalurkan bantuan melalui Rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di Bank BNI: 2005202055.

Setiap donasi yang diterima dan disalurkan untuk Gerakan #BagiAsa akan diaudit oleh auditor independen. Selain itu, penyaluran bantuan secara rutin akan dilaporkan di kanal media Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR, serta platform media sosial semua pihak yang terlibat dalam gerakan #BagiAsa.

Tentang #BagiAsaEmpat perusahaan media yakni Katadata, Bisnis Indonesia, SWA, dan KBR menggalang dana untuk membantu keluarga kurang mampu dan tenaga medis yang terdampak pandemi corona. Dana yang dikumpulkan akan digunakan untuk membeli sembako dan alat pelindung diri (APD). Untuk menggelar inisiatif yang disebut #BagiAsa, keempat media berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FoI), Accelerice, dan kantor pengacara Hendra Soenardi. Gerakan ini muncul dari keprihatinan atas kesulitan yang dihadapi warga miskin akibat penyebaran virus corona.

Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR akan mengampanyekan dan memublikasikan gerakan tersebut melalui platform media sosial masing-masing. Individu atau korporat yang ingin menyalurkan bantuan dapat mengirimkannya melalui rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di BNI: 2005202055. Setiap donasi yang diterima dan disalurkan untuk gerakan #BagiAsa akan diaudit oleh auditor independen. Selain itu, penyaluran bantuan secara rutin akan dilaporkan di kanal keempat media, serta platform media sosial semua pihak yang terlibat.

swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved