Pupuk Indonesia Bantu Perkenalkan Angklung ke Negeri Sakura

Alat musik angklung telah digunakan sebagai jembatan persahabatan Indonesia dengan negara lain. Sebagai alat musik asal Jawa Barat, angklung memiliki nilai filosofi tinggi.

Bermain musik angklung mengajarkan pentingnya kerja sama, disiplin, tanggung jawab dan saling menghargai. Dengan latar belakang inilah PT Pupuk Indonesia (Persero) turut membantu memopulerkan alat musik ini.

Untuk memperingati  60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia – Jepang, PT Pupuk Indonesia (Persero), turut membawa misi untuk lebih memoopulerkan angklung di dunia, khususnya di Jepang dengan memboyong Keluarga Paduan Angklung (KPA) SMA 3 Bandung ini ke Negeri Sakura. Hal ini merupakan wujud kepedulian terhadap pelestarian warisan budaya nasional, sekaligus menjalankan misi mengharumkan budaya Indonesia di kancah internasional serta memenuhi undangan Kedutaan Besar RI di Jepang.

Sejak didirikan tahun 1980, KPA 3 giat memperkenalkan angklung dalam berbagai event, baik nasional maupun internasional. Mereka pernah tampil sebagai juara dalam berbagai festival, serta turut mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang festival di luar negeri, mulai dari Polandia, Republik Czech, Austria dan juga Jepang. Mereka juga kerap menggelar konser-konser dalam rangka mempopulerkan angklung di mancanegara.

Kelompok Angklung ini bertolak ke Jepang mulai tanggal 20 Juni 2018. Selama di Jepang, KPA 3 akan menggelar sejumlah pertunjukan di hadapan masyarakat Jepang. Penampilan pertama akan dilakukan di event Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang yang akan dilangsungkan di Ebisu Garden Place, Tokyo. Di ajang ini KPA 3 akan menjadi salah satu performer dengan menampilkan lagu-lagu tradisional nusantara, lagu populer serta lagu tradisional Jepang. Dari Tokyo, KPA kemudian akan mengunjungi Kota Wakayama untuk menggelar mini concert yang sudah disiapkan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka.

Menurut Winardi, Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia pengiriman delegasi budaya ke Jepang ini merupakan salah satu bentuk dukungan Perusahaan terhadap upaya promosi budaya Indonesia ke mancanegara. “Selain memenuhi undangan dari KBRI Jepang, melalui pengiriman angklung ini kami berharap dapat makin memperkenalkan angklung kepada masyarakat Jepang. Disamping itu juga tentunya untuk mempererat persahabatan kedua Negara, ditambah lagi kami selaku produsen pupuk juga memiliki hubungan baik dengan perusahaan-perusahaan Jepang," imbuhnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!