Qualcomm - Grameen Foundation Gaet Ruma untuk Program UKM

CSR sebagai bagian dari tanggung jawab sebuah perusahaan kepada masyarakat juga dijalankan oleh perusahaan internasional Qualcomm. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang di dunia rupanya menarik bagi kegiatan CSR yang dilakukan oleh Qualcomm.

Qualcomm  bekerja sama dengan Grameen Foundation menggaet Ruma (Rekan Usaha Mikro Anda) untuk bersama-sama membuat program yang ditujukan bagi pengusaha mikro. Qualcomm sendiri memberikan perhatain lebih bagi ibu rumah tangga yang kebanyakan tidak memilki penghasilan tetap. Bersama dengan Ruma, Qualcomm memberikan beberapa program yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha mikro, ibu-ibu rumha tangga, dan masyarakat dari kelas menengah kebawah.

Qualcomm Wireless Reach bersama dengan Grameen Foundation sudah membangun dua mobile aplikasi di Indonesia yang pertama adalah Application Laboratory (AppLab) dan Inclusive Business Tools. Aplikasi AppLab didesain untuk menaikkan penghasilan masyrakat dari kelas mengah-bawah dengan tiga cara yaitu Jual Pulsa, Kerja Lokal, dan Market Intelligence.

AppLab saat ini bisa diakeses melalui entrepeneur yang tergabung di Ruma, di sini para anggota bisa menjual pulsa dengan cara menjual airtime. Sedangkan untuk Kerja Lokal bisa diakses melalui jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Gagasan pengembangan Kerja Lokal adalah untuk memudahkan para pekerja seperti sopir, buruh, dan pekerja lainnya mengakses lowongan pekerjaan baru sesuai dengan tingkat pendidikan dan kemampuan yang dimiliki. Sedangkan untuk Market Intelligence adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan survei.

Program yang sudah berjalan dari bulan Mei 2012 mendapatkan sambutan yang sangat positif dan bisa menarik 15 ribu Ruma Entrepreneurs. John Stefanac, President Qualcomm Southeast Asia and Pacifi , mengatakan, keberhasilan ini jangan hanya dilihat dari jumlah investasi yang dilakukan oleh Qualcomm, dengan 15 ribu Ruma Entrepreneurs dampak yang signifikan bisa dirasakan oleh keluarga-keluarga yang ikut dalam program tersebut. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)