Rahasia Kampanye Masjid Chiba di Kitabisa.com

Setiap orang bisa melakukan kampanye crowdfunding untuk menggalang dana di Kitabisa.com. Salah satunya, kampanye untuk Masjid Chiba di Jepang yang dilakukan komunitas muslim Indonesia di Chiba, kota yang terletak sekitar 40 km dari ibukota Jepang, Tokyo.

Dari keterangan resmi di Kitabisa.com, mereka memberanikan diri untuk membayar uang muka pembelian gedung lima lantai seharga Rp 5,5 miliar. Sebelumnya, mereka mesti menyewa lantai ruangan di lantai 3 gedung untuk digunakan sebagai mushola dan toko makanan halal. Uang sewanya sekitar Rp 10 juta per bulan.

Kampanye dimulai Maret 2016 dan ramai pada Juni 2016 lalu. Total dana yang terkumpul saat ini sekitar Rp 2,1 miliar yang berasal dari 4.000 donatur. Jika tidak dilunasi hingga 20 September 2016 mendatang, uang muka yang telah disetor akan hangus.

Komunitas Muslim di Chiba, Jepang berikut calon gedung yang disiapkan sebagai masjid. (Foto: Kitabisa.com) Komunitas Muslim di Chiba, Jepang berikut calon gedung yang disiapkan sebagai masjid. (Foto: Kitabisa.com)

Dengan bantuan para netizen, laman tersebut telah dishare ribuan kali dan menjangkau jutaan melalui sosial media. Selain dari Kitabisa.com, komunitas muslim di Chiba juga mengumpulkan dana dari Launchgood, pinjaman dengan mengajukan proposal, hingga sumbangan dari masjid ke masjid.

“Kampanye Masjid Chiba menggerakkan banyak elemen masyarakat dan komunitas untuk mengajak orang berdonasi. Target mereka di Kitabisa.com saat ini adalah Rp 3 miliar,” kata Chief Marketing Kitabisa.com, Vikra Ijas.

Menurut dia, kampanye Masjid China Jepang di Kitabisa.com menjadi viral karena memiliki nilai urgensi yang tinggi. Pertama, masjid ini penting untuk mengakomodasi kepentingan kaum muslim di Chiba, yang merupakan minoritas. Kedua, uang muka yang telah susah-payah dikumpulkan komunitas muslim setempat akan hangus jika pembayaran gedung tidak segera dilunasi.

“Secara umum, mayoritas pendonor datang dari Indonesia. Upaya menjangkau donatur dilakukan dari berbagai lini. Mereka juga menggunakan facebook ads untuk menjangkau lebih banyak donatur,” ujar dia.

Kampanye Masjid Chiba Jepang di Kitabisa.com menciptakan rekor baru kampanye crowdfunding online terbesar di Indonesia. Rekor sebelumnya dipegang kampanye Kitabisa.com/tristanalif yang diinisiasi oleh Rhenald Kasali & Andrinof Chaniago dan berhasil mengumpulkan total dana Rp 879 juta untuk beasiswa pendidikan bola bagi Tristan Alif yang dijuluki “Messi Indonesia”.

“Internet dan media sosial memudahkan kampanye crowdfunding. Kenaikan pengguna media sosial berhasil menyebarkan kampanye dengan efektif dan efisien. Perkembangan internet memudahkan para donatur untuk menyalurkan bantuan,” kata CEO Kitabisa.com Alfatih Timur dalam rilisnya.

Kitabisa.com sendiri telah mengumpulkan donasi Rp 30 miliar dengan lebih dari 2000 kampanye sejak berdiri tahun 2013 lalu.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)