Repnas Tanam Bibit 1.000 Pohon di Lahan Kritis

Di akhir pekan ini, Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) mengadakan dua kegiatan sosial, yakni Penanaman Bibit Pohon di Taman Nasional Halimun Gunung Salak dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Antariksa Resort, Desa Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat, (23/3/2019).

Acara ini didukung oleh para relawan dari Repnas Pusat, Repnas DKI, Repnas Bogor dan Mapala UKI. Kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga sore hari tersebut, disambut dengan antusias oleh warga Desa Cidahu.

Menurut Ketua Umum Repnas, Bahlil Lahadalia, Pemerintahan Joko Widodo peduli terhadap masalah-masalah lingkungan dan wilayah-wilayah pencemaran saat ini sedang terus ditangani. Kegiatan penanaman 1,000 bibit pohon jenis Puspa ini merupakan upaya dari Repnas dalam mendukung program-programnya di ranah lingkungan dan sebagai salah satu bentuk kepedulian Repnas terhadap kelestarian lingkungan dan masyarakat di sekitar Taman Nasional Halimun Gunung Salak.

Saat ini jumlah lahan kritis atau terbuka di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) masih cukup banyak. Berdasarkan data Balai TNGHS, lahan kritis mencapai 2.000 hektar. Permasalahan lahan kritis ini harus terus mendapatkan perhatian dan bantuan elemen masyarakat. Harapannya lahan kritis ini bisa dihijaukan kembali untuk mencegah areal menjadi mudah longsor ketika terjadi hujan besar.

Bersamaan dengan kegiatan penanaman bibit pohon tersebut, Repnas bekerja sama dengan Lentera Healthcare, salah satu jaringan Layanan Kesehatan swasta bersertifikasi internasional yang didirikan oleh Grup Lentera Satu Medika menyelenggarakan kegiatan sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian obat-obatan yang diperlukan bagi warga Desa Cidahu.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Eka Sastra, Ketua Repnas Nasional mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak Repnas dibentuk dan dideklarasikan pada bulan November 2018 lalu.

Hingga saat ini, Repnas telah gencar melakukan sejumlah program untuk menyerap aspirasi dari dunia usaha dan masyarakat di seluruh Indonesia, mulai dari berdiskusi dengan para pelaku usaha, pengerahan Bus Jeajah Nusantara yang kini tengah tur keliling Indonesia untuk langsung bertemu para pelaku usaha, mengadakan kegiatan bagi-bagi jus buah naga asal Banyuwangi dan apel asal Pasuruan di area CFD Sudirman untuk mendorong masyarakat agar terus mendukung buah-buahan hasil produksi petani lokal, dan lain- lain.

Menurut salah satu warga Desa Cidahu yang antusias memeriksakan kesehatannya di Posko Repnas, pengobatan gratis ini sangat membantu masyarakat dan dia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan rutin karena sangat ditunggu.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)