Safe Steps: Langkah Prudence Foundation Berikan Pemahaman soal Bencana Alam

Prudence Foundation, yayasan amal dari Prudential Corporation Asia meluncurkan Safe Steps, yang berfungsi sebagai layanan publik pertama di Asia, untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pemahaman masyarakat mengenai bencana di Asia melalui penyebarluasan kiat-kiat melindungi diri dan bertahan saat bencana alam terjadi. Asia Pasifik memang merupakan wilayah yang paling rentan bencana alam di dunia, sebab dalam empat dekade terakhir, 75% dari bencana alam dunia terjadi di Asia Pasifik dan menelan lebih dari dua juta korban jiwa.

Safe Steps,Pru Foundation,MannyP

Safe Steps ini dilaksanakan Prudence Foundation bekerja sama dengan juara tinju dunia sekaligus aktivis kemanusiaan Manny Pacquiao, serta channel National Geographic, salah satu jaringan Fox International Channels (FIC).

Safe Steps adalah program jangka panjang yang memanfaatkan berbagai sarana termasuk video on-air, situs informatif dan materi edukatif yang dibagikan melalui aktivitas berbasis komunitas. Inti dari program ini dalah serangkaian video edukatif berdurasi 60 detik, produksi FIC dan channel National Geographic, yang menampilkan Manny Pacquiao selaku Duta Safe Steps. Di dalamnya, Manny memberikan kiat-kiat penting yang harus dilakukan seseorang atau keluarga saat menghadapi bencana.

“Kesiapsiagaan dan pemulihan bencana merupakan salah satu pilar utama dari Prudence Foundation. Peluncuran ini menandai langkah maju dalam membangun masyarakat yang tangguh. Hal tersebut sejalan dengan salah satu prioritas utama pemerintah di berbagai negara Asia, yaitu meningkatkan kesiapan masyarakat dalam menghadapi dan mengurangi risiko bencana,” jelas Barry Stowe, Chairman Prudence Foundation dan Chief Executive Prudential Corporation Asia.

Barry juga mengatakan bahwa Prudential, sebagai perusahaan asurasi selalu fokus membantu masyarakat dalam mengelola ketidakpastian. Sehingga mereka percaya jika program Safe Steps yang dicetuskannya ini dapat membantu dan menjadi salah satu solusi atas kebutuhan tersebut. “Kesiapan adalah langkah awal yang paling penting dalam usaha menangani dan selamat dari bencana. Masyarakat harus tahu bagaimana cara melindungi diri mereka sendiri saat bencana terjadi,” ujarnya.

Sebagai langkah awal, Safe Steps akan berfokus pada kiat bertahan hidup dalam situasi bencana yang sering terjadi di Asia, seperti angin topan, gempa bumi, banjir, kebakaran, serta kiat mempersiapkan kotak pertolongan pertama yang dapat menyelamatkan jiwa.

Video mengenai angin topan dan gempa bumi yang ditargetkan menjangkau lebih dari 24 juta rumah tangga di Asia, untuk pertama kalinya akan ditayangkan pada 23 Mei 2014, melalui 13 channels yang termasuk dalam jaringan FIC, yaitu National Geographic, Nat Geo Wild, Nat Geo People, FOX, FOX Crime, FOX Movies Premium, FOX Sports, FX, Star Movies, Star Chinese Movies, Star Sports, Star World dan Channel V. Konten video tersebut akan tersedia dalam 8 (delapan) bahasa yaitu Kanton, Mandarin, Indonesia, Malaysia, Tagalog, Thailand, Vietnam dan Khmer.

Seri video edukatif tersebut juga akan ditampilkan di situs www.safesteps.com. Pengunjung situs dapat mengakses versi lengkap dari kiat bertahan hidup, serta materi pendidikan seperti kartu infografik dan poster yang bisa diunduh untuk memudahkan dalam mengingat pesan yang disampaikan. Semua kiat untuk mempertahankan kelangsungan hidup yang disajikan dalam video dan situs tersebut telah disetujui oleh International Federation of Red Cross (Palang Merah Internasional) dan Red Crescent Societies (Bulan Sabit Merah International).

“Safe Steps merupakan bukti komitmen jangka panjang Prudential pada keselamatan dan kesejahteraan komunitas tempat kami beroperasi. Kami berharap program ini dapat menjadi katalis untuk memperkuat usaha kolaboratif antara sektor swasta, pemerintah, komunitas dan organisasi kemanusiaan dalam kesiapsiagaan, penanggulangan dan pemulihan bencana di Asia,” ucap Barry.

Selain itu, Prudence Foundation juga melaksanakan program Safe Schools dalam kerja sama dengan Save the Children dan Plan International, yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana di sekolah-sekolah di Kamboja, Filipina, Indonesia, Thailand dan Vietnam.

Sementara Duta Safe Steps, Manny Pacquiao, mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dan bangga dapat bekerja sama dengan Prudence Foundation dan channel National Geographic dalam program Safe Steps.

“Pada saat saya diperkenalkan pada program ini, saya langsung menerima tawaran kerja sama tersebut tanpa banyak tanya lagi. Belajar dari pengalaman saya melihat langsung kerusakan yang diakibatkan Topan Yolanda di Tacloban November lalu, saya percaya pentingnya kampanye seperti Safe Steps yang dapat membantu menyelamatkan jiwa. Tidak hanya di Filipina, tetapi juga di Asia, kiat-kiat tersebut dapat membantu kita selamat dari bencana!” tuturnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)