SCG Dukung RI Lawan COVID-19 dengan Donasi di Jakarta dan Jawa Timur

SCG, perusahaan regional di ASEAN, melanjutkan program #PeduliBersama melalui penyerahan donasi senilai lebih dari Rp 600 juta untuk mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam melawan COVID-19. Donasi berupa 70 tabung oksigen berukuran masing-masing 6 m3 dan 5 alat bantu pernapasan High Flow Nasal Cannula (HFNC) sesuai dengan informasi publik yang disampaikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Berdasarkan data yang dilansir dari situs resmi Corona Jakarta, per 8 Agustus 2021, total kasus positif COVID-19 di Jakarta mencapai 831.499 kasus, terdiri dari total kasus aktif yang dirawat sebanyak 3.075 kasus (0,4%), dengan 97,2% tingkat kesembuhan atau sejumlah 808.087 kasus. Namun, masih terdapat 7.567 kasus (0,9%) isolasi mandiri yang tercatat di Ibukota RI ini.

Menanggapi hal ini, Wiroat Rattanachaisit, Country Director SCG Indonesia, menyampaikan, “Dalam beberapa bulan belakangan, kasus COVID-19 di dunia mengalami peningkatan akibat cepatnya penyebaran varian Delta, termasuk di Indonesia. Sesuai dengan komitmen SCG dan sebagai warga negara yang baik dan bagian dari pembangunan Indonesia, kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan selalu hadir di tengah masyarakat melalui peran serta kami, dalam hal ini, situasi pandemi, dengan mendukung percepatan penyembuhan pasien COVID-19, terutama di area SCG beroperasi.”

Penyerahan donasi SCG untuk Indonesia kepada Pemprov DKI Jakarta juga disambut hangat oleh Suharti, Ph.D., Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman sebagai perwakilan Pemprov DKI Jakarta. Saat ini, jumlah kasus di DKI Jakarta masih di angka 2.000 kasus per hari. Namun, angka kesembuhan sudah lebih tinggi dan dengan penerapan tracing dan testing di DKI Jakarta yang sudah lebih baik, situasi di DKI Jakarta sudah lebih terkendali. Pasien yang dirawat di RS juga sudah semakin berkurang meski pasien ICU masih cukup tinggi.

“Tentunya kami terus berusaha meningkatkan kualitas perawatan bagi para pasien di rumah sakit agar angka pasien rumah sakit juga semakin menurun. Kita harap dengan bantuan yang disalurkan ke rumah sakit, termasuk dari SCG, akan menambah kemampuan kami dalam memberikan pelayanan di fasilitas-fasilitas di DKI Jakarta,” jelas Suharti saat penyerahan donasi tersebut telah dilaksanakan 5 Agustus 2021 bertempat di Gedung Balai Kota, Jakarta.

Program SCG #PeduliBersama juga  digaungkan di Jawa Timur baru-baru ini dengan berkontribusi menyerahkan 500 SCG Paper Bed beserta aksesoris pendukungnya senilai kisaran Rp 400 juta kepada Pemerintah Kabupaten Gresik yang diterima langsung oleh Bupati  Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, SE pada Senin, 9 Agustus 2021 bertempat di Stadion Gelora Joko  Samudro yang tengah disulap menjadi Rumah Sakit Darurat COVID-19.

“Lonjakan kasus baru dan jumlah pasien yang meninggal karena COVID-19 di Jawa Timur setiap harinya masih mengalami kenaikan yang tinggi. Oleh karena itu, bantuan dari berbagai pihak sangat berarti untuk kami dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di area setempat serta memastikan proses penanganan pasien COVID-19 dapat berjalan lancar dan cepat. Kami harap kasus aktif COVID-19 ini dapat terus menurun dan kita selalu patuh dengan protokol kesehatan,” ungkap H. Fandi Akhmad Yani, SE, Bupati Kabupaten Gresik.

SCG Paper Bed merupakan solusi terbaru untuk mengatasi kelangkaan tempat tidur di rumah sakit. Setiap tempat tidur terbuat sepenuhnya dari kertas daur ulang dengan desain ergonomis yang dirancang khusus untuk struktur tubuh Asia. SCG Paper Bed juga memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah diangkut dan disimpan. Setiap tempat tidur ini dapat dipasang dalam 8 menit tanpa menggunakan lem, serta dapat digunakan selama 1 tahun, dengan pemakaian sewajarnya dan jauh dari air. SCG Paper Bed juga dapat menopang hingga 200 kg secara horizontal.

Sejak awal pandemi di Indonesia, SCG telah menyerahkan donasi berupa 40-unit Bilik Swab Bertekanan Positif senilai satu miliar Rupiah melalui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat itu, Doni Monardo, dilanjutkan dengan penyerahan donasi 11-unit Bilik Swab Bertekanan Positif yang diterima secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada bulan Juni 2020.

Bilik Swab Bertekanan Positif ini merupakan salah satu dari banyak solusi inovatif SCG, yang menggunakan pressure generator sehingga memungkinkan udara di dalam bilik tetap bersih dan steril ketika tenaga medis memeriksa atau mengambil sampel pasien, juga melindungi para tenaga medis dari potensi terinfeksi virus COVID-19. Program SCG #PeduliBersama yang dilakukan pada Desember 2020 lalu juga menunjukkan upaya perusahaan dalam memenuhi kebutuhan utama dari para tenaga medis dalam menangani COVID-19 yakni Alat Pelindung Diri dan Masker tipe N-95.

“Situasi pandemi kali ini terasa berbeda dan kita semua merasakan dampak yang luar biasa. Saat ini merupakan masa-masa sulit dan SCG memahami hal tersebut. Kami harap semua pihak dapat bekerjasama dalam melawan COVID-19. SCG juga selalu menempatkan karyawan kami sebagai prioritas utama. Aksi #PeduliBersama juga diperuntukkan kepada seluruh karyawan SCG beserta keluarga yang terinfeksi COVID-19 di semua area SCG beroperasi. Kami juga berencana untuk melanjutkan aksi #PeduliBersama kepada keluarga besar SCG di Jawa Barat dalam waktu dekat,” jelas Wiroat.

SCG terus mendorong seluruh masyarakat untuk #PeduliBersama melawan pandemi COVID-19 ini dengan selalu mengikuti seluruh imbauan pemerintah, menggunakan masker, menerapkan jarak sosial, mencuci tangan, serta menjaga kesehatan diri dan lingkungan, juga untuk segera mendapatkan vaksinasi, agar dapat menurunkan jumlah infeksi COVID-19. Dengan semangat lebih baik dan Passion for Better, bersama-sama Indonesia dapat mengalahkan COVID-19.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)