Honda Prospect Motor Donasikan Mobil City CNG kepada BPPT

Menipisnya cadangan bahan bakar fosil yang ada di bumi,  menggerakkan PT Honda Prospect Motor untuk memberikan donasi satu unit mobil Honda City CNG ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Terobosan teknologi Compressed Natural Gas (CNG) dari Honda ini dijadikan sebagai bahan riset dari BPPT untuk pengembangan teknologi bahan bakar alternatif, khususnya gas di Indonesia. Produk Honda City CNG sendiri, pertama kali dikenalkan di Thailand pada tahun 2012 dengan menggabungkan dua konsep pengembangan 'New Value CNG' dan 'Exceed Proud Sedan'.

Tomoki Uchida (ke dua dari kiri) Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida (ke dua dari kiri) Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor

"Dengan mengombinasikan antara efisiensi bahan bakar serta emisi yang bersahabat dengan lingkungan, Honda City CGN ini, adalah trobosan dalam teknologi otomotif dengan komponen utamanya 70-90% metana yang sangat cocok untuk diterapkan di masa akan datang," ujar Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor di kantor Gedung Teknologi 2 BPPT Puspitek, Serpong (16/2).

Tomoki menambahkan, donasi tersebut diberikan Honda dalam rangka program Honda for Indonesia yang berkomitmen untuk selalu aktif turut serta menciptakan lingkungan hidup yang ramah lingkungan dengan mendukung program LCEP (Low Carbon Emission Program) di Indonesia.

Di acara penandatanganan donasi tersebut, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Muhammad Nasir, mengapresiasi inovasi Honda. Nasir berharap di tahun 2015 kajian tentang teknologi CNG dari Honda dapat selesai dilaksananan. Jika dalam perkembanganannya dapat memenuhi kualitas produk yang baik, teknologinya yang sesuai dengan program ramah lingkungan dan harganya yang kompetitif, kemungkinan besar produk Honda akan selalu diterima di pasaran.

"Kalau tidak sesuai dengan kreteria tadi, masyarakat hanya bisa melihat dan menerawang produk Honda tanpa dapat memilikinya," tambah Nasir.

Honda City CGN menggunakan mesin 1.5 liter i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua buah sumber tenaga, yaitu mesin bertenaga bensin (konvensional) dan CNG. Tenaga maksimun yang dihasilkan adalah 120 PS untuk mesin bertenaga bensin dan 102 PS untuk CNG pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 12.9 kgm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Honda City CNG mempunya penambahan perangkat pada mesin berupa tangki gas berkapasitas 42 liter yang terdapat pada bagasi mobil, CNG switch yang terletak pada bagian kanan di sebelah setir, high-pressure piping, ECU tambahan, CNG injector, pressure regulator, serta tambahan lid untuk bahan bakar gas (BBG) yang berada di atas lid untuk bahan bakar bensin. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)