Sinar Mas Gelar Bazaar Rakyat di Tangerang

Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak perusahaan yang mulai mengadakan pasar murah dan memberikan diskon 50 persen dari harga normal. Bazaar menjadi strategi untuk memenuhi kenaikan permintaan dan mendukung program pemerintah dalam memperpendek rantai distribusi bahan pokok.

Hal ini pun dilakukan oleh Sinar Mas bekerja sama dengan Yayasan Cinta Rama-rama. Guna menjamin pasokan sekaligus meredam gejolak harga minyak goreng, perusahaan menggelar Bazaar Rakyat Sinar Mas di Kampung Dadap, Tangerang. Sebanyak 3 ribu liter minyak goreng kemasan disalurkan kepada warga dengan harga Rp 7 ribu per liter.

Sinar Mas Berbagi (Doc. SInar Mas) Sinar Mas Berbagi

Bazaar Rakyat adalah program rutin Sinar Mas yang melibatkan seluruh pilar bisnisnya. Kampung Dadap menjadi salah satu lokasi karena selain tetangga dekat, perusahaan sudah cukup lama bermitra dengan Yayasan Cinta Rama-rama.

Kemitraan ini telah berlangsung sejak 2010, saat jurnalis sekaligus Pembina Yayasan Cinta Rama-rama Andy F. Noya menginisiasi dan mengoperasikan Taman Bacaan Masyarakat Rama-rama. Lima tahun terakhir, Sinar Mas melalui PT BSD Tbk selalu menyempatkan untuk menggelar Bazaar Rakyat dan wakaf di lokasi ini.

“Selain berbagi dengan warga sekitar, bazaar bertujuan mengendalikan gejolak harga minyak goreng, khususnya di bulan Ramadan dimana kebutuhan masyarakat meningkat tinggi,” ujar Syukur Lawigena , Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk.

Pihaknya menyandingkan bazaar dengan Wakaf Al Quran melalui wakaf ratusan mushaf Al Quran. “Bazaar Rakyat kami manfaatkan untuk menjalankan program corporate social responsibility yang menggunakan produk dan merek andalan dari berbagai pilar bisnis Sinar Mas sendiri,” tambahnya. Jika minyak goreng yang disalurkan merupakan produksi PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk.  Al Quran yang diwakafkan dibuat menggunakan kertas Sinar Tech atau lebih dikenal dengan Quran Paper yang dihasilkan oleh PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, Tangerang Mills.

PT Smart Tbk, memberikan dukungan bagi rangkaian bazaar yang hingga tahun ini telah berhasil menyalurkan sekitar 30 juta liter minyak goreng bagi warga masyarakat di berbagai kota. Sepanjang tahun ini saja, Sinar Mas telah menyalurkan sekitar 310 ribu liter minyak goreng kemasan.

Sementara program wakaf yang berlangsung sejak tahun 2008, telah mendistribusikan sekitar 500.000 mushaf Al Quran ke berbagai lapisan masyarakat, termasuk kalangan berkebutuhan khusus (tuna netra) melalui penyaluran 500 set Al Quran Braile sejak tahun 2014, dan juga kalangan anak-anak dengan menyalurkan sebanyak 70 ribu buku panduan belajar membaca Al Quran dan Juz Amma, mulai tahun 2015.

Sebelumnya, dalam pemaparan mengenai kesiapan pasokan barang menjelang Idul Fitri 2016 yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Franky O. Widjaja, Chairman Sinar Mas Agribusiness & Food, menyatakan sebagai produsen minyak kelapa sawit yang menjadi bahan utama pembuatan minyak goreng. Pasokan minyak goreng di Indonesia lebih dari cukup, sehingga gejolak harga diharapkan tidak terjadi.

“Pencadangan sebaiknya dilakukan lebih awal agar tidak terjadi hambatan pendistribusian saat kebutuhan masyarakat meningkat di bulan Ramadan. Distributor juga kami imbau agar secepatnya melakukan penyaluran,” kata Franky. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)