SQ Res - Museum Tekstil Jakarta Peduli Pengembangan Batik dan Wastra

Proyek pengembangan apartemen PT Intiland Development Tbk., SQ Res menggandeng Museum Tekstil Jakarta mengadakan kegiatan ‘Batik dan Wastra Indonesia’. Kegiatan yang meliputi acara pameran, talkshow, bazzar, dan workshop tentang batik dan kain tradional khas Indonesia ini digelar 25-27 Oktober 2019 di SQ Res Gallery, South Quarter, Jakarta Selatan.

Direktur Pemasaran Korporat Intiland, Susan Pranata, menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud komitmen dan apresiasi Intiland dalam mendukung kelestarian budaya, kesenian, dan kerajinan Indonesia. “Kegiatan bertajuk Merajut Nusantara’ ini selain menjadi wadah apresiasi untuk masyarakat luas, juga bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat agar lebih mencintai kekayaan dan warisan budaya kain tradisional Indonesia,” ujarnya.

Semangat ini selaras dengan upaya pemerintah untuk selalu mendorong
masyarakat agar mencintai dan bangga menggunakan batik dan wastra atau kain trandional. Sebab batik dan kain tradional atau kerap disebut wastra adalah salah satu bagian terpenting dari perjalanan sejarah dan budaya Nusantara yang terdiri dari banyak suku.

“Kegiatan ini bagus sekali untuk membangun kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia dan mewariskanya hingga generasi mendatang,” ungkap Susan di sela-sela acara. Intiland sebagai pengembang properti, menurutnya, sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan-kegiatan apresiasi budaya nasional.

Kecintaan dan apresiasi terhadap batik juga diwujudkan Intiland dengan menerapkannya pada karya properti. Salah satunya penggunaan motif batik sebagai ornamen atap kubah di SQ Dome, Jakarta Selatan. Atap kubah yang ini terbuat dari sejenis membran ringan dan unik karena transparan dan tembus cahaya. Atap kubah yang berbentuk menyerupai balon ini dihiasi dengan ornamen batik Cirebon bermotif Mega Mendung sehingga terlihat sangat unik dan menarik .

“Penerapan ini membuat SQ Dome sukses memadukan antara desain modern dengan budaya tradisional Indonesia. Ini sejalan dengan acara pameran batik dan wastra yang dijalankan ini,” ungkap Susan

Pada kesempatan yang sama, Esti Utami, Kepala Unit Pengelola Museum Seni Jakarta sekaligus ketua panitia penyelenggara, berharap penyelenggaraan acara ini bisa membangun rasa bangga masyarakat untuk menggunaan batik dan kain tradional sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat modern.

Ke depan, Esti berharap banyak perusahaan lain yang tergugah dan bersedia secara pro aktif mendorong kemajuan produk batik dan wastra yang kini banyak dirancang oleh generasi muda. “Saya sangat berharap akan banyak pihak-pihak yang mau berkolaborasi untuk mendorong agar batik dan wastra menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Sebab, batik sudah dinobatkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Jika bukan kita yang melestarikannya, lantas siapa lagi,” kata Esti.

Esti menambahkan, penyelenggaraan acara ini juga dalam rangka memperingati 10 tahun pengakuan UNESCO terhadap batik sebagai warisan dunia. Dengan begitu batik dan wastra bisa lebih mendunia lagi, sehingga kalangan generasi muda suka mengenakan batik dan wastra.

Pada hari pertama, 25 Oktober 2019, diselenggarakan kegiatan bazaar dan pameran batik dan tekstil karya dua Maestro Batik Go Tik Swan dan Iwan Tirta. Selain pameran juga akan dimeriahkan dengan acara talkshow dengan tema “Merajut Nusantara” bersama fotografer Darwis Triadi dan Vera Kebaya.

Selanjutnya pada hari kedua, Sabtu 26 Oktober 2019, acara pagelaran musik tradisional oleh Mitra Seni Indonesia, talkshow tentang batik adiluhung karya Go Tik Swan & Iwan Tirta, Trunk Show oleh Komunitas Cinta Berkain Indonesia & Bazaar dari para tenant, serta demo lukis kopi oleh Serupa Sahabat Museum Seni.

Pada hari ketiga, Minggu 27 Oktober 2019, masih mengadakan pameran karya batik dari Go Tik Swan & Iwan Tirta, talkshow dan diskusi bertemakan “Gairah Cinta Tradisi & Keteduhan Makna Sebuah Teknoogi Properti” bersama Suroso-Batik Pohon & SQ Res, Trunk Show, workshop Batik Simbut oleh Museum Tekstil, serta demo kain oleh Rimpu.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)