Tanoto Foundation akan Kunjungi Kegiatan Pemenang TEG

Setelah menentukan 3 proposal, dari sekitar 200 proposal masuk, yang berhasil mendapatkan hibah dana untuk program di bidang pengembangan pendidikan dalam kerangka Program Kompetisi Tanoto Education Grant (TEG), Tanoto Foundation akan melakukan kunjungan ke daerah ketiga peraih dana itu yang semuanya adalah lembaga universitas, pada September 2012 nanti. Tiga lembaga dari universitas tersebut yaitu Program Studi D3 Farmasi, Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret, Lab. Psikologi Umum, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, dan Universitas Negeri Papua.

Hal ini disampaikan oleh Ratih Loekito, Director of Scholarship and Special Initiative Tanoto Foundation pada acara media gathering yang dilakukan di Jakarta. Lebih lanjut dijelaskan Ratih bahwa TEG ini merupakan program baru dari Tanoto Foundation yang berbentuk event kompetisi. Kompetisi ini bertujuan agar masyarakat bisa berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan. “Tujuan kompetisi ini bagaimana mereka berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Jadi tidak lepas dari visi kita yang fokus di pendidikan dan pemberdayaan,” jelasnya singkat.

Jadi, pada November 2011 lalu, Tanoto Foundation menggelar kompetisi TEG di mana pihaknya menerima proposal kegiatan di bidang pendidikan. Proposal-proposal ini dinilai oleh Tanoto Foundation dan ditentukan tiga proposal terbaik yang akan diberikan dana kegiatan masing-masing sebesar Rp 50 juta untuk melaksanakan kegiatannya itu. Penerimaan proposal kegiatan untuk program TEG ini dilakukan pada Nopember 2011 dan pada 4 Mei 2012 diumumkan pemenang TEG oleh Menteri Pendidikan Mohammad Nuh di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Menurut Ratih, saat itu terdapat hampir 200 proposal yang masuk dari seluruh Indonesia. Dijelaskan Ratih, siapa pun dapat mengajukan proposal untuk program TEG. “Bisa yayasan, lembaga swadaya masyarakat, dosen, dan lainnya,” tambahnya. Para pemenang diberikan dana masing-masing sebesar Rp 50 juta untuk menjalankan kegiatannya. “Pembiayaannya sendiri hingga Rp 50 juta. Kalau dana yang dibutuhkan untuk kegiatan di proposal itu hanya 50 juta, ya kita beri semuanya. Kalau lebih dari Rp 50 juta, kita hanya beri Rp 50 juta,” jelasnya.

Dikatakan Ratih, selain diberikan dana, pemenang juga diberikan pendampingan selama kegiatan berlangsung. Dalam jangka waktu enam bulan, Tanoto Foundation akan melakukan pendampingan dan kunjungan ke daerah program dilangsungkan tiap tiga bulan sekali. “Di bulan ke enam para pemenang ini harus buat laporan ke kami mengenai perkembangan dari awal hingga masa enam bulan berakhir,” katanya.

Pemenang dari Universitas Sebelas Maret, dijelaskan Ratih, memenangkan kategori Praktik Atau Konsep Belajar Inovatif/ Kreatif/ Kritis dengan judul proposal "Pengajaran Inovatif Berbasis 'Education and Conservation for Health' sebagai Blue Print Upaya Penyelamatan Lingkungan dengan Pendidikan Pengembangan Tanaman Obat dan Sayuran Organik bagi Siswa Sekolah di Kecamatan Tawangmangu". Pemenang dari Universitas Surabaya memenangkan kategori Pelatihan Guru dengan judul proposal "Pelatihan Social Stories Menggunakan Media Wayang untuk Pendidikan Karakter Usia Dini bagi Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Shelter Pengungsi Merapi Gondang I Wukirsari Cangkringan, Sleman". Pemenang dari Universitas Papua memenangkan kategori Penelitian Dan Studi Kebijakan Pendidikan dengan judul proposal "Pemberdayaan Bahasa Irires dalam Kurikulum Muatan Lokal pada Jenjang Pendidikan Dasar di Distrik Kebar, Kabupaten Manokwari, Papua Barat".

Hingga saat ini, Tanoto Foundation yang fokus pada bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, telah memberikan beasiswa ke 1738 mahasiswa S1 san S2. Selain itu, banyak kegiatan Tanoto Foundation, yang operasinya didukung oleh beberapa perusahaan taipan Sukanto Tanoto seperti Asian Agri dan Riau Andalan Pulp and Paper, di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Beberapa di antaranya yaitu Tanoto Student Research Award (TSRA), Tanoto Professorship Award (TPA), Beasiswa Akademi Teknologi Pulp dan Kertas, dan lainnya. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)