Tiga Alumni Pendidikan Donasi Ratusan Juta ke Korban Banjir Bekasi

Ikatan Alumni Fakultas Hukum UI, Ikatan Alumni UI dan Alumni Boston University sumbang korban banjir di Bekasi

Hujan deras yang melanda berbagai wilayah di Jabodetabek sejak awal Januari 2020 telah mengakibatkan banjir di berbagai tempat. Rumah-rumah terendam air, akses jalan terputus, berbagai dokumen, barang penting turut menjadi korban.

Seiring dengan surutnya banjir, masih terdapat pekerjaan rumah pasca banjir. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara yang menjadi korban banjir, Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI), Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) dan Boston University Alumni mengumpulkan dana lebih dari Rp250 juta yang dibelanjakan dalam bentuk Care Package untuk dewasa dan anak-anak serta Cleaning Package.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim internal, didapati beberapa titik banjir yang menjadi fokus bantuan. Titik bantuan Lokasi 1 terletak di RW 8 Pondok Gede Permai, Bekasi (PGP) . Titik bantuan Lokasi 2 terletak RW 24 Vila Nusa Indah, Bogor (VNI).

Bantuan berupa Care Package dan Cleaning Package dikerahkan ke titik-titik bantuan tersebut. Kerja sama ILUNI FHUI, ILUNI UI dan Boston University Alumni memulai aksi bakti sosial “Bebersih Dampak Banjir” di kedua titik banjir di di lokasi PGP dan VNI.

Relawan dari ketiga lembaga juga dikerahkan untuk berjuang membersihkan lumpur beserta sampah di kedua lingkungan tersebut. Ketua Umum ILUNI FHUI, Ashoya Ratam; Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian dan President of Boston University Alumni, Didit Agripinanto R turun memimpin langsung yang didukung oleh berbagai pengurus ketiga lembaga tersebut.

“Kami melihat bahwa kebutuhan warga untuk membersihkan lumpur dan sisa barang yang rusak terkena banjir sangat tinggi. Iluni UI bekerja sama dgn mitra swasta sudah mendatangkan satu unit backhoe untuk membantu warga bersama Tim ILUNI UI PEDULI dan dibantu TNI membersihkan sisa banjir. Hal ini penting untuk membuka akses dan juga menjaga kesehatan warga setelah bencana banjir,” kata Andre Rahadian di titik banjir Pondok Gede Permai, Bekasi (12/1/2020). Tim ILUNI UI yang sudah hadir sejak awal bencana akan terus bekerja bersama warga dan aparat untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir.

Ashoya Ratam menyatakan keprihatinannya dan turut berduka terhadap peristiwa banjir yang melanda beberapa kawasan. “Kami menyadari bahwa penanganan korban bencana banjir tidak dapat dilakukan atau diselesaikan dalam waktu singkat. Untuk itulah, kami memilih untuk fokus pada penanganan pasca banjir. Kami berharap bahwa apa yang kami lakukan ini dapat membantu meringankan saudara-saudara kita, dimana penanganan pasca banjir juga sama pentingnya,” kata Ashoya.
Pihaknya berupaya maksimal agar saudara-saudara kita dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala. Ashoya juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak lain, TNI, Polri, relawan dan Warga yang juga turut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti ini.

Selain eonasi berupa uang tunai, aksi bantuan atas korban bencana banjir ini didukung oleh PT Kimia Farma (Persero) Tbk dan PT Combiphar dalam bentuk penyediaan obat serta vitamin, dan juga Shopee dalam bentuk tambahan Care Package.

Sumbagan berupa paket sekolah anak, terdiri dari tas Sekolah dan alat tulis juga diterima dari beberapa alumni dan disumbangkan ke lokasi yang terdampak bencana.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)