Tiga Operator Seluler Bantu Korban Banjir Jabodetabek

Komplek Zeni AD Rawajati Pancoran (foto IG)

Awal tahun 2020 dilalui warga Jabodetabek dengan hujan deras, sehingga banjir. XL Axiata, Telkomsel dan Indosat tidak tinggal diam melihat kondisi ini. Ketiga operator ini, menyalurkan bantuan-bantuannya di wilayah ini, dengan jenis bantuan dan tempat berbeda.

Aldin Hasyim, GM External Corporate Communications Telkomsel, mengatakan sehubungan dengan terjadinya banjir yang terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, pihaknya menjamin layanan suara, SMS maupun internet Telkomsel telah berfungsi normal, termasuk wilayah Bekasi dimana sebelumnya infrastruktur jaringan Telkomsel sempat terdampak bencana banjir yang mengakibatkan penurunan kualitas jaringan.

“Perangkat pendukung, terutama untuk pasokan listrik cadangan seperti perangkat baterai maupun mobile back-up power / mobile genset sudah kami siagakan dan aktifkan di sejumlah titik, khususnya di titik BTS yang masih terdampak," imbuhnya (03/01/2020). Tim Teknis Telkomsel juga secara simultan terus melakukan pengecekan dan tetap berupaya maksimal untuk pemulihan layanan secara menyeluruh.

Menurut Aldin, saat ini pengamanan kualitas jaringan juga diprioritaskan di sejumlah titik objek vital seperti Posko Penanggulanan Bencana, Bandara, serta Kantor instansi terkait yang membutuhkan akses telekomunikasi yang intensif. 

"Kami juga telah mengoperasikan tim unit siaga bencana, yaitu tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) dari titik terdekat untuk mendukung proses evakuasi korban terdampak bencana banjir di Jabotabek, terutama di wilayah Bekasi sekaligus membantu percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi," katanya.

Lalu dalam upaya membantu kebutuhan masyarakat terdampak bencana banjir, Manajemen Telkomsel juga sudah mulai mendirikan Posko Siaga yang menyediakan layanan telpon gratis, free charging,  serta penyediaan produk dan layanan Telkomsel, dan juga memberikan bantuan dalam bentuk kebutuhan logistik yang diserahkan melalui sejumlah titik posko penampungan korban banjir yang ada di beberapa titik di wilayah Jabotabek dan sekitar.

Sebagai bentuk kepedulian pada korban bencana, XL Axiata menyalurkan barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari seperti makanan dan minuman siap saji. Disampaikan Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Francky Rinaldo Pakpahan saat memberikan bantuan di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta Timur (02/01/2020), pihakya ikut prihatin atas musibah yang terjadi dan berharap bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban para korban. Selain bantuan darurat berupa barang-barang kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman siap saji, XL Axiata seperti halnya Indosat, juga mendirikan Posko Banjir di area sekitar lokasi banjir.

Posko ini juga dilengkapi fasilitas Telpon Umum Gratis (TUG) dan charging station yang dapat dipergunakan secara gratis oleh warga untuk berkomunikasi. Tak hanya itu, XL Axiata juga memberikan sejumlah kartu perdana internet bagi para relawan untuk memudahkan mereka berkoordinasi, serta menyediakan fasilitas akses internet bagi warga yang ingin mengetahui informasi ter-update tentang banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Terkait peristiwa banjir ini, secara keseluruhan jaringan XL Axiata masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL Axiata, meskipun ada beberapa BTS yang terdampak karena padamnya aliran listrik di area-area banjir di Jakarta. Saat ini tim XL Axiata di lapangan terus berupaya untuk melakukan penyediaan pasokan listrik melalui genset untuk memastikan BTS yang terdampak bisa tetap beroperasi normal.

Sementara itu, tidak hanya di Jakarta, bantuan juga diberikan ke sejumlah daerah di wilayah Jabodetabek yang juga mengalami banjir, diantaranya di Bekasi, Tangerang dan Lebak, Banten yang jumlahnya terdiri dari belasan titik banjir di wilayah Jabodetabek.

Di Tangerang, XL Axiata juga telah mendirikan Posko Banjir di Perumahan Ciledug Indah yang merupakan wilayah di Tangerang yang terdampak banjir terparah. Tak berbeda dengan di Jakarta, fasilitas Posko Banjir di Perumahan Ciledug Indah juga terdapat TUG dan charging station serta bantuan darurat diberikan secara maksimal. Hingga saat ini Posko Banjir masih terus memberikan layanan komunikasi serta distribusian bantuan darurat kebutuhan pokok sehari-hari bagi para korban banjir di sana.

Indosat Ooredoo pun menurunkan berbagai aktifitas kepedulian sosialnya dengan mendirikan Posko di lokasi pengungsian warga yang masih belum maksimal mendapatkan bantuan di Jakarta dan Banten. Posko pertama di dirikan di Depan kantor Kecamatan Pancoran, Jl. Pengadegan Timur II 2, RW.1, Pengadegan, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan. Posko yang sama juga didirikan di  kecamatan Sajira, Cipanas, Cilada dan kampung Banjar Parigi, propinsi Banten.

Di posko-posko tersebut, Indosat Ooredoo menyediakan bantuan utama pengobatan gratis dan fasilitas komunikasi gratis bagi masyarakat. Pengobatan gratis diberikan dengan menurunkan Mobil Klinik Indosat Ooredoo yang menyediakan layanan pengobatan gratis, pemberian makanan tambahan bagi anak-anak dan juga trauma healing/psiko sosial bagi anak-anak, serta kebutuhan darurat hygiene kit seperti peralatan mandi dan kebersihan keluarga. Posko juga menyediakan makanan siap santap 3 kali sehari dan dapur air.

Indosat Ooredoo juga menyediakan paket komunikasi gratis berupa kartu SIMcard IM3 Freedom Internet 2GB dengan paket pulsa dan paket data yang bisa digunakan untuk menelpon, SMS dan komunikasi data di lokasi mana saja. Kuota dapat digunakan selama 24 jam penuh tanpa adanya pembagian waktu, sehingga memberikan kemudahan berkomunikasi bagi masyarakat untuk menghubungi sanak keluarga serta kebutuhan komunikasi lainnya kapan saja.

"Sejak hari pertama kejadian langsung ke lapangan melihat kondisi kemudian mempersiapkan bantuan yang kami wujudkan hari ini di posko depan kantor kecamatan Pancoran Jakarta Selatan dan posko di beberapa titik kecamatan di propinsi Banten. Kami berharap apa yang kami lakukan dapat meringankan beban masyarakat, membantu mereka melewati situasi tanggap darurat sekaligus masa pemulihan paska bencana,” demikian disampaikan Hendri Mulya Syam, Chief Sales & Distribution Officer Indosat Ooredoo (04/01/2020).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)