Tingkatkan Ekonomi Petani, Astra Edukasi Pertanian

Optimistis dan penuh semangat. Itulah yang tergambar dari raut wajah 20 peserta Pelatihan Pertanian P4S Taruna Mekar di Kampung Sarongge, Desa Ciputri, Cianjur, Jawa Barat. Semenjak pagi, antusiasme peserta pelatihan terlihat jelas bersamaan dengan atribut berwarna dasar hijau. Terlebih saat kedatangan rombongan PT Astra International Tbk serta Green Radio selaku penggagas ide yang ditujukan untuk mengembangkan ekonomi para petani melalui serangkaian program pelatihan pertanian.

 

astraTani

Adapun konten program pelatihan ini beberapa di antaranya adalah manajemen pertanian, manajemen pemupukan, hingga acara motivasi dan sharing pengalaman.

"Ini adalah sebuah bentuk kepedulian Astra sebagai salah satu perusahaan nasional berskala besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya petani dari desa Sarongge," ujar Riza Daliansyah, Kepala Divisi CSR PT Astra International.

Program yang ditujukan untuk membina yayasan UKM PT Astra ini diharapkan akan dapat berjalan secara rutin setiap tahunnya. Hanya saja, menurut Riza masih ada tantangan besar yang harus dihadapi yakni ada tendensi masyarakat yang bermukim di kaki gunung Gede Pangrango menjual tanah mereka untul disulap menjadi vila - vila mewah.

Kemudian lebih jauh lagi ada sebuah upaya penggeseran paradigma d imana akhir - akhir ini banyak sekali masyarakat yang berprofesi sebagai penebang hutan untuk kemudian diedukasi menjadi petani yang produktif. "Kalau dulu masyarakat kejar - kejaran dengan polisi hutan, kali ini mereka akan kejar - kejaran dengan untung,” Yulian Warman,Kepala Humas Astra International menambahkan.

Sementara itu menurut Abah Ibing, Ketua P4S Taruna Mekar, dengan mengedukasi masyarakat Sarongge akan kesadarannya dalam bertani dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka, dan tentu saja pasca program ini diharapkan juga dapat meningkatkan devisa negara dengan menggalakkan ekspor komoditi unggul. Adapun saat ini komoditi yang menjadi andalannya adalah kentang, cabai, dan tomat.

CSR PT Astra International

Berbicara soal CSR, rupanya perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1957 ini memiliki pola yang berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan BUMD / BUMN. Jika BUMD / BUMN sudah mentarget dana CSR-nya sekian persen dari profit, namun PT Astra justru menyesuaikan dengan programnya itu sendiri.

"Jika programnya besar ya dananya besar, kalau programnya kecil ya dananya kecil, “imbuh Riza Daliansyah.

Berdasarkan jumlah dana CSR tahun lalu, PT  Astra International telah menggelontorkan dana total sebesar 300 milyar, dimana dana tersebut dialokasikan sesuai dengan visinya yang bertema "SATU INDONESIA", yang programnya sendiri meliputi kesehatan, lingkungan, UKM, serta pendidikan. (Fardil Khalidi)

Leave a Reply

1 thought on “Tingkatkan Ekonomi Petani, Astra Edukasi Pertanian”

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi pertanian . Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai ekonomi pertanian yang bisa anda kunjungi di klik disini
by bhery, 17 Sep 2015, 19:20
peningkatan ekonomi pertanian memang suatu hal yang harus didukung. Kunjungi balik di Pusat Ekonomi Pertanian
by Nurul Dini Indriyani, 17 Oct 2014, 14:08

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)