Tingkatkan Kemampuan Matematika Siswa, Casio Sponsori Kompetisi Mator 2014

Produsen kalkulator merek Casio kembali ke-3 kalinya mensponsori kegiatan “Kompetisi Matematika Kreatif/Matematika Kalkulator (Mator)” untuk siswa siswi tingkat SMA se-DKI Jakarta. Ini merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan Casio untuk dunia pendidikan. “Sebetulnya Casio sudah mensponsori kegiatan Kompetisi Matematika (Komat) sejak 10 tahun. Namun, untuk kompetisi Mator baru tiga tahun terakhir,” ujar Wicak, Senior Manager Calculator & EMI Division Casio.

Kompetisi Mator 2014 ini digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA DKI sebagai wadah aktivitas guru-guru Matematika di bawa binaan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Pada Kompetisi Matematika ke-28 dan Mator ke-3 ini mengangkat tema “Kompetisi Matematika Kreatif”, yaitu kompetisi untuk menyelesaikan soal Matematika dengan memanfaatkan teknologi kalkulator scientific sebagai alat bantu.

MGMP bekerja sama dengan PT Kasindo Graha Kencana sebagai distributor resmi produk kalkulator Casio, melaksanakan kejuaraan ini dalam dua babak penyisihan, yaitu babak kualifikasi dan babak final,”kata Lutfinayati, Ketua Panitia Mator 3 MGMP SMA DKI yang juga Guru Matematika di SMAN 3 Jakarta Selatan.

Wicak, Senior Manager Calculator & EMI Division Casio. Wicak, Senior Manager Calculator & EMI Division Casio.

Tujuan utama Casio mendukung Kompetisi Mator mulai dari tahun 2012, 2013 dan 2014 ini adalah untuk memberi dukungan prestasi, khususnya kecakapan memecahkan kasus bidang Matematika dalam dunia pendidikan di Indonesia. “Namun, itu bukan berarti bahwa anak-anak sekolah harus pakai kalkulator sejak dini. Sebaiknya kalkulator digunakan siswa tingkat SMP ke atas agar kemampuan berhitung anak-anak sudah terasah sejak kecil dan tidak mengandalkan kalkulator untuk berhitung biasa,” jelas Wicak mengingatkan.

Dijelaskan Wicak, kompetisi ini diharapkan menjadi tren di seluruh provinsi Indonesia, tidak hanya dominasi Jakarta. Maklumlah, saat ini eranya kemajuan teknologi informasi yang memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih cepat, efisien, akurat dan ekonomis.

Dengan kalkulator, khususnya scientific, pemahaman terhadap konsep matematika sangat diperlukan untuk menyelesaikan soal. Sebab, jika tidak, maka maka kalkulator sebagai alat bantu tidak optimal penggunaannya. Nah, kolaborasi pemahaman konsep dasar Matematika dan kalkulator dapat membantu siswa mengerjakan soal lebih cepat dan tepat, sehingga menorehkan prestasi bagi siswa, guru dan sekolah.

Pada babak kualifikasi kejuaraan Mator 2014 ini diikuti oleh sekitar 1.500 siswa yang berasal dari sekitar 120 sekolah SMA. Masa seleksi itu dilakukan dari tanggal 18 Januari 2014 hingga selesai yang berlokasi di 11 SMA di Jakarta, seperti SMAN 3 Jakarta Selatan, SMAN 2 Jakarta Barat, SMAN 13 Jakarta Utara dan SMAN 68 Jakarta Pusat. Ada 40 soal pilihan ganda yang harus diselesaikan para peserta.

Sementara itu, di babak final terjaring sekitar 250 siswa yang digelar pada 8 Februari 2014. Peserta diberikan lembar ujian berisi 5 soal kasus analisa bentuk essai. Dari babak final ini dipilih juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 dari masing-masing kelas X,XI, dan XII.

Jenis kalkulator yang dipakai dalam kompetisi Mator ini adalah Casio tipe fx-991 ID+ yang menghadirkan menu-menu mata pelajaran yang ada di SMA di Indonesia, yang disesuaikan oleh kurikulum yang berlaku saat ini. Produk ini terwujud atas masukan atau input yang datang dari para guru, dosen, dan penulis matematika di Indonesia. Jadi, kalkulator ini customized cuma didesain untuk pasar Indonesia, karena menggunakan Bahasa Indonesia. Bahkan, ada juga menu CEK untuk mengecek atau menguji jawaban benar atau salah atas perhitungan Matematika yang dibuat siswa di dalam kalkulator.

Selain mendukung program Mator, sejak tahun 2009 Casio sudah terlebih dahulu menggelar workshop dan training untuk para guru di Jakarta, Bandung, Jogja, dan daerah lainnya. Termasuk, Training for Trainer, Pembuatan buku suplemen pembelajaran matematika kalkulator, hingga school project. Lewat rangkaian kegiatan itu, program disosialisasikan kepada siswa-siswa lewat pelatihan kelas dan kompetisi matematika kreatif.

Pemasaran dan branding Casio

Wicak mengklaim bahwa kalkulator Casio menjadi market leader di Indonesia. Wajarlah, kehadirannya di tengah konsumen sudah puluhan tahun, sekitar tahun 1970-am. “Kini Casio memimpin pasar kalkulator di Indonesia sebesar 60%, Sedangkan kontribusi penjualan kalkulator scientific juga 60% terhadap total penjualan kalkulator Casio,” Wicak menguraikan.

Kendati brand awareness Casio sudah tinggi, tapi produk impor asal Jepang yang menjadi pionir merek kalkulator itu terus melakukan upaya branding. Salah satunya melalui sponsor lomba Komat dan Mator. “Kami mengedukasi pasar secara terus menerus sebagai bagian dari branding Casio, ” jelasnya seraya mengatakan sekarang jenis kalkulator yang beredar di pasaran adalah kalkulator scientific, kalkulator dagang, kalkulator standar, dan kalkulator printing. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)