Tokopedia Kumpulkan Donasi Rp54 Miliar untuk UMKM

Pandemi Covid-19 membuat sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami kewalahan, sehingga tidak sedikit UMKM yang gulung tikar akibat macetnya kas perusahaan. Mengutip data Kamar Dagang dan Industri (Kadin) sejak Juli 2020 hingga September 2021, diperkirakan ada 30 juta UMKM yang mengalami kebangkrutan.

Berbagai elemen saling bahu membahu dorong kebangkitan ekonomi Indonesia, terutama sektor UMKM pasca pandemi. Tokopedia, salah satu perusahaan yang memotori aksi kebangkitan itu melalui inisiatif Tokopedia Bersama. Inisiatif tersebut, menurut Aditia Grasio Nelwan, Public Affairs Senior Lead Tokopedia, dilakukan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap isu sosial, sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program turunan Tokopedia Bersama mencakup kegiatan kerelawanan, program akselerasi UMKM, fitur donasi, pelatihan untuk berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan hingga kegiatan tanggap bencana,” ujarnya dalam konferensi pers virtual Jum’at (19/11/2021). Adapun donasi yang berhasil dikumpulkan sejak Januari 2018 hingga Oktober 2021 mencapai angka Rp54 miliar

Lebih jauh, dia mengatakan bahwa program yang baru diluncurkan tersebut memiliki 5 pilar fokus utama yakni pendidikan dan teknologi, pemberdayaan kelompok difabel, perempuan, penyintas bencana, serta aksi lingkungan. Salah satu program turunannya adalah Tokopedia Empowerment yang akan memayungi kegiataan pemberdayaan ekonomi UMKM.

“Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat lewat berbagai pelatihan pendayaan teknologi, peningkatan produktivitas usaha serta pemberian modal usaha dan fasilitas bagi para pelaku UMKM,” Aditia menambahkan. Salah satu UMKM yang telah mendapatkan bantuan dari Tokopedia adalah Bagoes Bag yang dimotori oleh Zulfikar.

"Tujuan awal mendirikan Bagoes Bag ialah menyediakan pengganti kantong plastik sekali pakai untuk mengurangi permasalahan sampah di Indonesia.” Melalui perusahaanya, Zulfikar rutin mengikuti pameran di berbagai acara sebagai salah satu usaha untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Aditia dalam paparannya saat konferensi pers berharap deretan inisiatif itu dapat memberikan solusi menyeluruh untuk membantu seluruh masyarakat Indonesia, termasuk UMKM lokal agar bisa bangkit bersama dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)