Trakindo Salurkan Beasiswa untuk Siswa SMK

Sumber daya manusia menjadi bagian yang penting dalam dunia industri. Tenaga manusia yang terampil dan berkarakter harus dipersiapkan sejak usia sekolah dengan memperoleh pendidikan yang layak.” Kami ingin mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk bersaing di era globalisasi. Salah satu upayanya memberikan beasiswa bagi siswa-siswi SMK yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke politeknik sejak tahun 2014,” jelas Candy Sihombing, CSR Manager Trakindo.

Candy berharap melalui pendidikan tinggi di politeknik, siswa-siswi SMK, yang sebelumnya telah memperoleh kompetensi teknik di sekolah bisa semakin meningkatkan kemampuan mereka. Penerima beasiswa ini juga bisa tumbuh menjadi profesional yang lebih berkualitas dan berkarakter. Tahun ini ada 24 siswa-siswi SMK terpilih yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Samarinda.

Dari kiri ke kanan) Candy Sihombing - CSR Manager Trakindo, berfoto bersama dengan Ir. H. Ibayasid, M.Sc. - Direktur Politeknik Samarinda, 2 Penerima Beasiswa, Azkhwaldi Aziz - Branch Manager Trakindo cabang Samarinda, Devi Sumarhadi- HR Manager Trakindo Area Northern Kalimantan, Surahman, PhD - Wakil Direktur 4 bidang kerjasama Politeknik Samarinda

Tahun ini menjadi tahun ke-3 pelaksanaan program beasiswa bagi siswa-siswi SMK terpilih untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat politeknik. 24 penerima beasiswa tersebut berasal dari 9 SMK Negeri binaan Trakindo jurusan Teknik Alat Berat di seluruh Indonesia, yaitu SMKN 1 Balikpapan, SMKN 1 Lubukpakam, SMKN 1 Mimika, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Bitung, SMKN 2 Dumai, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 3 Sorong, dan SMKN 6 Samarinda.

Penerima beasiswa adalah lulusan terbaik dari masing-masing SMKN, dan telah melalui beberapa tahap seleksi, termasuk uji administratif (nilai-nilai akademis) dari sekolah asal, uji kompetensi (keahlian dasar mesin alat berat), ujian tertulis, dan tes kesehatan.

Pada penerimaan beasiswa angkatan tahun ini, Politeknik Negeri Samarinda menjadi sekolah yang membina penerima beasiswa tersebut. Politeknik Negeri Samarinda adalah salah satu mitra politeknik Trakindo . Sekolah ini memiliki keunggulan seperti antusiasme tenaga pengajar yang tinggi, fasilitas yang memadai, memiliki komitmen dalam pengembangan kompetensi pengajarnya, serta peduli terhadap kemajuan pendidikan generasi muda Indonesia.

Beasiswa yang diberikan bersifat penuh, termasuk biaya pendidikan di Politeknik Negeri Samarinda selama tiga tahun hingga akhir kelulusan, biaya hidup, juga biaya perjalanan pergi dan pulang ke kota asal pada awal dan akhir program. Setiap semester, para penerima beasiswa akan menjalani evaluasi akademik agar tetap dapat melanjutkan beasiswa ini hingga tiga tahun.

Menurut Ir. H. Ibayasid, M.Sc., Direktur Politeknik Negeri Samarinda, para penerima beasiswa mulai masuk kuliah pada bulan September 2016. ia mendukung program pendidikan tersebut sebagai upaya untuk menciptakan para profesional muda yang berkualitas dan berkarakter di industri alat berat.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 80 penerima beasiswa dari angkatan pertama tahun 2014 hingga angkatan ketiga tahun 2016 yang tengah belajar di berbagai politeknik binaan Trakindo, antara lain Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan Politeknik Negeri Samarinda.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)