CSR Corner Corporate Action

Transmart Carrefour-GAMMI Kampanye21 Advokasi Penjualan Bir

Transmart Carrefour-GAMMI Kampanye21 Advokasi Penjualan Bir

Gabungan Industri Minuman Malt Indonesia (GIMMI – Asosiasi Produsen Bir Domestik Indonesia) dan PT Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) melakukan Kampanye 21+ pada tangal 20 Oktober 2015 di Institut Carrefour Indonesia (ICI), Bekasi.

Kampanye 21+ merupakan sebuah kampanye untuk mengadvokasi dan memberikan pelatihan kepada karyawan ritel tentang penjualan bir yang bertanggung jawab. Program ini merupakan kelanjutan dari Kampanye 21+ inisiatif industri bir yang telah berjalan sejak tahun 2012 bersama dengan berbagai peritel minimarket.

Melalui kerja sama strategis ini, GIMMI bersama dengan Transmart Carrefour memberikan pelatihan dengan bentuk train the trainer kepada 120 kepala kasir dan customer service Transmart Carrefour. Dalam pelatihan ini, peserta diberikan pengetahuan mengenai usia legal dalam mengkonsumsi minuman beralkohol, memberikan keterampilan bagaimana melakukan pengecekan identitas serta menjadi pegawai kasir yang bertanggung jawab.

(tengah) Satria Hamid, Corporate Communications General Manager, PT Trans Retail Indonesia

(tengah) Satria Hamid, Corporate Communications General Manager, PT Trans Retail Indonesia

“Industri mendukung perlindungan terhadap remaja dan generasi muda dari konsumsi dan penyalahgunaan konsumsi minuman beralkohol. Kampanye 21+ merupakan bentuk ketegasan serta komitmen produsen untuk memastikan produk minuman beralkohol Golongan A / Bir (kadar<5%) hanya dijual kepada konsumen diatas usia legal 21 tahun,” jelas Bambang Britono, Komite Eksekutif GIMMI.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 20 tahun 2014, minuman beralkohol hanya boleh dijual kepada konsumen diatas umur legal konsumsi minuman beralkohol (21 tahun keatas) dengan memperlihatkan kartu identitas dan dilayani petugas, memiliki rak khusus yang terpisah dari produk lainnya, serta memiliki izin toko.

“Transmart Carrefour sebagai pionir dan perduli terhadap Kampanye 21+ di supermarket dan hypermarket, memastikan bahwa produk alcohol hanya dijual kepada konsumen diatas usia legal sesuai dengan peraturan yang tertera pada Peraturan Menteri Perdagangan No. 20 Tahun 2014. Kami telah memiliki area kasir khusus untuk minuman beralkohol golongan A. Dimana pembelian dilakukan dengan menunjukkan kartu identitas serta dilayani oleh petugas kasir” jelas Satria Hamid, Corporate Communications General Manager, PT Trans Retail Indonesia.

Saat ini, seluruh gerai Transmart Carrefour dan Carrefour telah menerapkan kasir khusus untuk penjualan minuman beralkohol Golongan A.

Satria menambahkan, “Informasi dan keahlian yang diterima oleh kepala kasir dan customer service pada Kampanye 21+ akan diteruskan kepada seluruh pegawai kasir Transmart Carrefour dan Carrefour di seluruh Indonesia. Tidak hanya menjadi peritel yang bertanggung jawab, namun menjadi komitmen kami dalam meningkatkan standar pelayanan kami kepada pelanggan Transmart Carrefour.”

Selain kampanye 21+ untuk ritel berformat hypermart dan supermarket, sejak 2012, lebih dari 1.000 outlet dan 15.000 karyawan minimarket telah diberikan pelatihan berpartisipasi dalam Kampanye 21+, advokasi penjualan secara bertanggung jawab. Rangkaian Kampanye 21+ berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 17 November 2015 di Institut Carrefour Indonesia.

Sekadar informasi, Carrefour memulai kegiatannya di Indonesia sejak 1998. Pada bulan Januari 2013, Carrefour di Indonesia sudah dimiliki 100% sahamnya oleh salah satu putra terbaik bangsa Indonesia melalui CT Corp. Seiring dengan pergantian pemegang saham, nama perusahaan berubah menjadi PT Trans Retail Indonesia dari sebelumnya PT Carrefour Indonesia.

Hingga saat ini, sebanyak 89 gerai tersebar di seluruh Indonesia yang berada di bawah merek Transmart Carrefour, Carrefour dan Groserindo Carrefour pada 30 Kabupaten/Kota di Indonesia yaitu Medan, Batam, Palembang, Jakarta, Serang, Depok, Bekasi, Tangerang, Cikarang, Karawang, Cibinong, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Pekalongan, Semarang, Madiun, Surabaya, Jember, Malang, Makassar, Denpasar, Singaraja, Pontianak, Mojokerto, Magelang, Palu, Cimahi dan Pasuruan. Carrefour bermitra dengan lebih dari 4.000 pemasok dari seluruh Indonesia yang 70% dari jumlah tersebut termasuk dalam kategori Usaha Kecil dan Menengah (UKM), sehingga para pemasok ini dapat memberikan akses kepada pelanggan ke puluhan ribu jenis produk yang 90% nya merupakan produk lokal. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved