UMKM Harus Paham Strategi Mengelola Pelanggan

Salah satu tantangan UMKM adalah bagaimana terus meningkatkan relasinya dengan pelanggannya (customer). Karena ini merupakan kunci penting, agar pelanggan mau kembali membeli produk atau jasa mereka. Untuk itulah UMKM membutuhkan pengetahuan bagaimana menyusun strategi mengelola pelanggan..

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) secara rutin memberikan update pengetahuan bagi para mitra UMKM binaannya melalui gathering membership YDBA. Salah satunya sharing knowledge diberikan oleh Direktur PT Astra Aviva Life, Stephanie Arvianti Gunadi bertempat di kantornya di Pondok Indah Jakarta (04/10/2018).

Menurut Stephanie, penting dalam sebuah perusahaan atau UMKM memiliki goal statement (tujuan), yang tercatat dan disampaikan pada para karyawannya. Service excellent harus menjadi tujuan perusahaan, lanjutnya, bahwa melayani nasabah dengan baik, awalnya dari bagaimana menerima telepon nasabah. Kesannya sederhana, namun nada bagaimana kita menerima telepon mereka akan terasa di kala pertama menerima. Kesan ini akan terbawa terus oleh pelanggan. “Pelanggan itu menelepon biasanya karena ada keluh kesah, jika nada saat kita menerima telepon mereka baik, nyaman, mereka akan dengan nyaman pula menyampaikan keluhannya, maka kuncinya untuk itu harus memahami dengan baik,” tuturnya. Selain itu, penting meningkatkan loayalitas nasabah. Menurut Stephanie, pemilik usaha harus memandang penting konsumen menggunakan jasa atau membeli produknya harus puas, sesuai ekspektasi, sehingga akan kembali menggunakan atau membeli lagi.

Eri salah satu pemilik bengkel, membership gathering YDBA yang hadir mengatakan pada Stephanie, hal tersulit dari yang disampaikan adalah implementasi. “Kuncinya, pemilihan orang yang tepat. Karakternya harus tepat melayani pelanggan. Dan harus ada indikator yang diukur rutin. Tapi dari semua itu, agar pegawai kita mau melayani pelanggan dengan baik, ya harus ada employee engagement dengan perusahaan. Buat hati karyawan hangat, walau hanya sekadar memuji pekerjaannya,” menjawab keluahan Eri.

Tahun ini adalah tahun ke-4 program membership UMKM digulirkan yayasan yang berada di bawah Grup Astra ini.  Program ini bertujuan untuk menjalankan sistem penyampaian informasi secara intens serta mempererat engagement yang telah terjalin antara YDBA dengan UMKM. Setidaknya ada 369 UMKM yang tersebar di Indonesia, antara lain Jabodetabek, Tegal, Mataram, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Tapin Kalimantan Selatan, Sangatta Kalimantan Timur, Muara Enim, Bontang, Kalimantan Timur, Medan dan sebagainya. Berbagai manfaat ditawarkan dalam program membership bagi UMKM yang menjadi anggotanya, seperti mendapatkan pelatihan dan pendampingan gratis hingga mendapatkan publikasi di media internal YDBA maupun media nasional.

Dalam program ini, para anggota juga berkesempatan untuk mengenal lebih dekat dengan anggota lainnya melalui gathering membership. Gathering membership ini juga merupakan salah satu media UMKM bertemu dengan pasarnya. Gathering kali ini dilaksanakan YDBA pada tanggal 4 Oktober 2018 di PT Astra Aviva Life, Pondok Indah Office Tower. Hadir dalam kegiatan gathering, yaitu Ketua Pengurus YDBA Henry C. Widjaja, SekretarisPengurus YDBA Ida R. M. Sigalingging, dan Bendahara Pengurus YDBA Regina Okthory.

Dalam acara yang diikuti oleh lebih 100 orang dari UKM Manufaktur, Bengkel dan Kerajinan YDBA ini selain mereka mengikuti sharing knowledge dari Direktur Astra Aviva Life, juga ada Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Permata Bank dan Pameran 3 UMKM Mitra YDBA bidang kuliner dan kerajinan.

Dalam sambutannya, Henry menyampaikan harapan dilaksanakannya acara ini selain untuk mempererat tali silaturahmi, berharap gathering ini bisa memberikan manfaat, semangat dan inspirasi baru khususnya mengenai pengelolaan pelanggan. “Saya juga berharap acara ini dapat menjadi media komunikasi untuk menyampaikan masukan dan ide-ide pembinaan UKM yang efektif dan UKM semakin aktif dengan adanya program membership”, ujar Henry.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)