Unilever Dukung Pembangunan Infrastruktur di Daerah Bencana

PT Unilever Indonesia melanjutkan program dukungan untuk membantu pemulihan pasca bencana di wilayah Lombok, Palu, dan Donggala melalui program Ramadhan bertema Berbagi: Beli Kebutuhanmu, Beri Kebaikanmu.

Program ini melibatkan keluarga besar Unilever, mitra bisnis, dan para konsumen Unilever. Skemanya, hasil penjualan dari setiap pembelian produk Unilever akan dikumpulkan sebagai bentuk donasi yang akan disalurkan oleh Badan Amil Zakat (Baznas) selaku partner. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun infrastruktur berupa sekolah, Rumah Sehat, dan Mobil sehat di wilayah tersebut.

Sinta Kaniawati, Head of Sustainable Business and unilever Indonesia Foundation, mengatakan, Unilever berkomitmen untuk ikut mensejahterakan masyarakat secara berkelanjutan, sejalan dengan Unilever Sustainable Living Plan. “Program ini kami yakini akan memberikan dampak sosial. Selain itu, kami juga akan mengagas platform digital. Hal ini memberikan kami kesempatan untuk memberikan inspirasi ke seluruh masyarakat Indonesia dan konsumen,” kata dia menambahkan.

Program ini merupakan program Ramadhan yang dilakukan secara berkelanjutan sejak tahun 2017. Pada tahun 2017, Unilever melakukan sahur dan buka bersama dengan total 70 ribu orang. Selain itu, perusahaan juga melakukan program bersih-bersih masjid yang bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia.

Ahmad Fikri, Kepala Divisi Pendistribusian Baznas, mengatakan, banyak sekali sarana dan prasarana yang rusak akibat bencana alam yang terjadi di Lombok, Palu, dan Donggala sehingga menghambat aktivitas masyarakat, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar. “Fasilitas kesehatan juga masih sangat dibutuhkan karena hingga sekarang sebagian besar masyarakat tinggal di pengungsian yang padat dengan fasilitas sanitasi yang terbatas,” kata dia menambahkan.

Rencananya,
bantuan yang akan disalurkan berupa 3 Rumah Sehat dan 3 Mobil Sehat
akan dibangun dan beroperasi di 3 titik di wilayah Lombok, Palu, dan
Donggala. Selain itu, 1 sekolah juga akan dibangun di wilayah
Donggala. “Pendirian Ruma Sehat di lebih banyak titik dipercaya
akan lebih memudahkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat.
Sedangkan fasilitas sekolah yang memadai akan membuat generasi muda
kembali mengenyam pendidikan,” ujar Fikri.

Selain
membangun fasilitas di wilayah terdampak bencana, Unilever juga akan
menggelar buka puasa bersama setiap minggu pada hari jumat selama
bulan Ramadhan di 3 titik lokasi pengungsian yang tersebar di wilayah
Lombok, Palu, dan Donggala.

“Untuk memastikan program tersebut terwujud dan optimal, kami akan melakukan pendampingan dalam bentuk program yang dimiliki oleh Yayasan Unilever Indonesia, seperti Sekolah Sehat dan Masyarakat Sehat,” kata Sinta. Lebih jauh dia berharap bantuan ini akan dapat membangun kemandirian masyarakat Lombok, Palu, dan Donggala.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)