Upaya BSM Dukung UMKM Bankable

Mandiri Syariah dan Laznas BSM Umat meresmikan Kampung Pala di Kelurahan Loji, Bogor. Peresmian program dilakukan melalui penanaman 3 ribu pohon pala oleh Direktur Risk and Compliance Mandiri Syariah, Putu Rahwidhiyasa dan Direktur Eksekutif Laznas BSM Umat, Rizqi Okto Priansyah.

Rizqi menyampaikan Kampung Pala merupakan implementasi program Mitra Umat yang bertujuan untuk memberdayakan UMKM agar bisnis mereka terus berkembang. “Kami melihat pebisnis UMKM saat ini belum bankable. Untuk itu kami berkomitmen untuk mendampingi UMKM guna meningkatkan kapasitas bisnis mereka sehingga dapat diproses oleh bank,” kata Rizqi.

Laznas BSM Umat merupakan kepanjangan tangan dari Mandiri Syariah dalam mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah) serta donasi sosial lainnya dengan sasaran muzakki/donatur perorangan maupun perusahaan.

Dalam pengelolaan dan penyaluran dana kepada ashnaf mustahik (golongan yang layak menerima), Laznas BSM Umat berfokus pada pemberdayaan potensi para mustahik. Sehingga mustahik memiliki peluang, mampu bersaing dan mempunyai tingkat kehidupan yang lebih baik.

“Salah satu contohnya adalah inisiasi program Kampung Pala. Program ini dirancang untuk menciptakan suatu wilayah yang masyarakatnya memanfaatkan pohon pala baik itu buahnya atau pohonnya. Sekaligus langkah untuk menjaga kelestarian pohon pala dan penghijauan” jelasnya.

Menurutnya, dukungan terhadap UMKM perlu diberikan, agar masyarakat kelas bawah dan menengah bisa naik tingkat serta mandiri. Bahkan bisa menjadi masyarakat sejahtera yang kemudian membantu yang lainnya.

Wiwik Puntorini Owner CV Loji Laju Inovasi, menjelaskan, pelaku UMKM berharap dengan adanya Kampung Pala dapat mengembalikan identitas kota Bogor sebagai kota penghasil buah pala. “Pendampingan baik melalui pelatihan dan monitoring yang dilakukan Laznas membuat kami lebih percaya diri dalam menjalankan usaha agar lebih baik lagi” katanya.

Sementara itu Putu Rahwidhiyasa menyampaikan, sebagai bank syariah yang mempunyai fokus pada segmen ritel termasuk UMKM, Mandiri Syariah akan  mendukung pengembangan UMKM. “Setelah UMKM tersebut bankable, itu saatnya kami ambil peran dengan menyediakan kebutuhan finansialnya agar skala bisnisnya dapat terus meningkat” kata Putu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!