Peduli Pendidikan, XL Axiata Aktif Gelar Program CSR

XL Axiata peduli dengan kegiatan CSR, sehingga cukup gencar menggelar acara sosial itu. Dalam kurun waktu satu bulan belakangan ini, setidaknya lima aktivitas dijalaninya, baik dalam hal edukasi maupun kesejahteraan socsal.

Untuk edukasi, XL Axiata baru saja melakukan XL Future Leaders, yakni perekrutan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk dibentuk menjadi figur yang kompeten, terutama dalam menghadapi dunia global. Program CSR yang berlangsung pada 21 November 2014 ini merupakan serangkaian program yang sudah memasuki angkatan ke tiga, di mana XL Axiata menjaring 145 mahasiswa baru untuk diberi pelatihan soft skill tentang dunia information technology (IT). Setelah itu, diaplikasikan ke masyarakat melalui beberapa proyek komunitas, antara  lain di Pulau Mandangin Madura berupa pelatihan pembuatan website.

xlaxiata

Terlepas dari pelatihan di dunia IT, peserta XL Future Leaders juga diberikan pembekalan untuk aktif dalam kegiatan social. Adapun beberapa penerapan dari program tersebut antara lain penyulingan air bersih untuk penduduk di sekitar sungai Martapura Kalimantan, berbagai pelatihan bahasa Inggris gratis di sejumlah daerah di mana salah satunya di Yogyakarta 26 September 2014, hingga pelatihan manajemen usaha kecil.

Hal serupa juga dilakukan XL Axiata pada tanggal 24 – 29 September, yakni membentuk sebuah ajang pencarian figur berbakat melalui XL Axiata CEO Challenge, dimana program ini ditujukan untuk mahasiswa. Tercatat, sebanyak 2 ribu mahasiswa mendaftar program ini. Setelah menjalani berbagai pembekalan dan pelatihan, terpilih tiga mahasiswa yang mendapatkan pengalaman berharga menjadi CEO XL serta dua direksi XL lainnya selama periode satu minggu.

Masih seputar dunia edukasi, di bulan yang sama XL Axiata juga menyelenggarakan program beasiswa XL Yayasan Khazanah Scholarship yang bekerja sama dengan sejumlah universitas di Malaysia. Beasiswa ini ditujukan baik untuk mahasiswa yang ingin menyelesaikan program sarjana maupun master.

Adapun program kerja sama ini, sejalan dengan visi XL Axiata sebagaimana disampaikan oleh Turina Farouk bahwa pihaknya berharap mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ini bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan tujuan bukan hanya meningkatkan kapasitas diri sendiri, namun juga untuk kemajuan Indonesia di masa mendatang.

Beberapa hari sebelumnya, XL Axiata juga melakukan program CSR yang bergerak di bidang pelatihan pengembangan aplikasi lokal melalui program Hackathon. Adapun program ini dihadiri oleh sejumlah pengembang aplikasi lokal kelas atas Indonesia, seperti tokopedia.com , Elevenia, OLX, Kapanlagi, dan Kaskus.

Dituturkan oleh Direktur Service Manajemen XL, Ongki Kurniawan, “Tujuan “Hackaton” antara lain adalah mendorong dan meningkatkan kompetensi para developer lokal dan memberikan wadah bagi mereka untuk dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuannya sehingga diharapkan mampu menciptakan /menyediakan aplikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta sesuai dengan karakteristik dan desain teknologi seluler yang tersedia.”

Sementara itu, di bidang sosial dan lingkungan hidup, XL Axiata juga menjalankan program Xmartdonasi yang berlangsung pada tanggal 27 Oktober 2014 sampai dengan 27 April 2015. Program ini ditujukan untuk memberikan support terhadap daerah – daerah yang menghadapi permasalahan baik dalam edukasi, kesejahteraan sosial, serta kesehatan dengan menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga sosial yang memiliki fokus dalam program perlindungan dan pendidikan anak kurang mampu, kesehatan masyarakat, panti asuhan, perlindungan lingkungan hidup, serta pembinaan masyarakat pedesaan

Adapun lembaga sosial yang dimaksud antara lain Rumah Wakaf Indonesia (RWI), PKPU, GNOTA, Masyarakat Ternak Nusantara (MTN), Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Aksi Cepat tanggap (ACT), Dompet Dhuafa, Sahabat Anak, Putra Sampoerna Foundation, Wahana Visi Indonesia (WVI), Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Yatim Mandiri, Yayasan Obor Berkat Indonesia, WWF, Karya Salemba Empat, Yayasan Cipta Taruna Madani, Yayasan Bakti Putri Pertiwi, dan Yayasan Anur. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)