CSR Corner

Yayasan Danamon Peduli Sumbangkan Rp 10 Miliar di 2009

Yayasan Danamon Peduli Sumbangkan Rp 10 Miliar di 2009

Melalui 1.219 kegiatan Yayasan Danamon Peduli (YDP), Bank Danamon telah menyumbangkan Rp 10 miliar di tahun 2009. Yayasan yang dibentuk PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Adira Dinamika Multifinance Tbk pada tahun 2006 itu bergerak di bidang pembangunan berkelanjutan, berbasis kebutuhan komunitas dan melibatkan relawan.

Salah satu program yang digelar YDP baru-baru ini adalah Program Hari Pasar Bersih Nasional (HPBN) ke-3. Dalam rangka program tersebut pada hari Sabtu (17/7) Yayasan Danamon Peduli bersama tiga kementerian yaitu Kementerian Perdagangan (Kemdag), Kementerian Kesehatan (Kemkes), dan Kementerian Pertanian (Kemtan), membersihkan Pasar Induk Cibitung, Jawa Barat. Selain di Pasar Induk Cibitung, secara serentak kegiatan bersih-bersih pasar juga digelar di 800 pasar tradisional di 32 provinsi di seluruh Indonesia yang dibantu oleh 13 ribu karyawan Danamon Simpan Pinjam dan juga Komunitas Pasar.

Kegiatan membersihkan pasar secara serentak ini juga tercatat di Musium Rekor Indonesia (MURI sebagai “Penyelenggara Perbaikan Kondisi Kebersihan dan Lingkungan Pasar Tradisional Secara Serentak dengan Jumlah Terbanyak di 800 Pasar” – memecahkan rekor sebelumnya yang pada HPBN ke-2 tahun 2009 membersihkan 750 pasar tradisional dan pada HPBN pertama di tahun 2008 membersihkan 717 pasar tradisional.

HPBN ini sekaligus merupakan salah satu kegiatan dari Program Pasar SEJAHTERA (Pasar Sehat Hijau Bersih Terawat) yang digelar YDP. Adapun Program Pasar SEJAHTERA memberikan sumbangan alat kebersihan dan tempat pembuangan sampah di 661 pasar, fogging dan pemeriksaan kesehatan gratis di 169 pasar, renovasi MCK di 74 pasar, kegiatan pengecatan dan penghijauan di 118 pasar, perbaikan infrastruktur skala kecil seperti perbaikan atap, zona pasar, drainase, pemasangan paving jalan, memperbaiki pagar, pusat papan informasi, plang pasar dan alat kebakaran di 324 pasar.

“HPBN 2010 ini menandai juga peningkatan dukungan Danamon Peduli melalui perbaikan kondisi pasar serta bimbingan dan pendidikan untuk menyadarkan para pelaku pasar tradisonal agar meningkatkan kebersihan dan kenyamanan lingkungan pasarnya,” ujar Bonaria Siahaan, Executive Director Yayasan Danamon Peduli.

Untuk membangun kesadaran para pelaku pasar, Danamon Peduli melakukan berbagai kegiatan secara bertahap dengan para komunitas pasar tradisional antara lain: berinteraksi langsung dengan komunitas pasar dari para pedagang hingga pengelolanya, menyelenggarakan focus group discussion, memfasilitasi perencanaan terpadu lintas-sektoral dan melakukan pelatihan kepada para penggerak kegiatan di pasar dengan melibatkan warga pasar itu sendiri.

Danamon memang berkepentingan untuk membina para pedagang di pasar tradisional. Karena melalui unit bisnis Danamon Simpan Pinjam (DSP) – Danamon menyalurkan pembiayaan kepada para pedagang pasar, pengusaha mikro dan wira usaha yang berada di sekitar pasar. Sebanyak lebih dari 1.000 gerai pelayanan dan pos penjualan DSP berada dan tersebar di lokasi pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved