YDBA Ajak UKM Binaannya Tetap Optimis di Masa Sulit

FX Sri Martono, Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra FX Sri Martono, Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra

Kondisi perekonomian Indonesia yang melemah dengan kurs US$ yang terus menguat menyebabkan banyak UKM berteriak. Beberapa diskusi kewirausahaan menyampaikan kegelisahan pelaku bisnis akan masa depan bisnisnya di tengah kondisi sulit ini. Tidak mudah dilewati, tapi bukan tidak mustahil diatasi kesulitan yang dihadapi. Inilah yang terus dikuatkan Yayasan Darma Bhakti Astra (YDBA), yayasan di bawah Grup Astra kepada mitra UKM binaannya.

F.X Sri Martono, Ketua Pembina YDBA, menyampaikan keyakinannya mitra UKM binaan bisa melawati masa sulit ini, bahkan akan banyak melihat peluang lain di tengah kondisi ini. Ia menyampaikan tahun ini YDBA menginjak usia 35 tahun.

Hingga April 2015, YDBA telah membina 8.795 UMKM di tanah air dengan penyerapan tenaga kerja sebesar 59.861 orang. Berbagai kegiatan di Semester-1 tahun 2015 ini pun telah YDBA lakukan, seperti pelatihan bagi UMKM manufaktur, bengkel, kerajinan dan pertanian, pendampingan menuju UMKM Mandiri, fasilitasi pasar melalui pameran Inacraft dan Icraft serta fasilitasi keuangan.

“Kami juga telah mengikutsertakan UMKM mitra kami dalam berbagai kegiatan yang kami selenggarakan, seperti Seminar Ekonomi Makro, Seminar Inspiring Business Women serta Workshop Industrial Relation,” jelas di depan awak media saat buka bersama di Tugu Kunstkring Paleis, Menteng kemarin malam.

Berbagai upaya pendampingan ini diharapkan bisa menjaga mitra UKM tetap optimis dan melihat banyak peluang lain. Mohammad Iqbal, General Manager YDBA menambahkan bahkan ketika ia berbicara dengan beberapa mitra binaan UKM YDBA yang terkait dengan rantai pasok produksi otomotif Grup Astra, mereka tidak merasa khawatir berlebihan. “Waspada ada, justru mereka melihat banyak peluang lain. Salah satu mitra bahkan mendapat project baru selain supply ke pabrik otomotif, juga mendapat project dai PT PAL,” ujarnya. Bisnis mereka menurut Iqbal justru naik di kondisi sulit ini.

Untuk makin menguatkan UKM binaanya,  Martono menyampaikan, di semester 2 ke depan, berbagai kegiatan akan diselenggarakan. Diantaranya, Seminar Membangun Optimisme Bisnis, Perayaan HUT YDBA ke-35, Gaikindo Indonesia International Auto Show, Galeri Indonesia Wow, Pameran Trade Expo Indonesia. “Kami juga sudah mendapat ajakan business matching antara UMKM YDBA dengan UMKM Fukuoka Prefecture Jepang dan berbagai pelatihan serta pendampingan yang bertujuan mengantarkan UMKM agar bisa mandiri,” imbuhnya.

Ia menekankan, betapa YDBA dan mitra binaannya terbantu dengan eksposur media, maka itu di acara berbuka puasa ini diharapkan  terus mempererat tali silaturahmi antara YDBA dan teman-teman wartawan terutama di bulan baik ini. “Kami berharap, persahabatan dan hubungan baik di antara kita dapat terjalin terus tanpa mengenal waktu. “Amigos para sempre” menjadi kawan selamanya,” tutupnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)