YDBA Lanjutkan Perbaikan di 39 Tahun Bina UMKM

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus melakukan perbaikan dalam mengembangkan UMKM mitranya. Tahun ini YDBA memasuki usia 39 tahun yang perayaannya dilakukan di Ruang Catur Dharma Hall, Menara Astra Jakarta (02/05/2019) ditandai dengan pemberian penghargaan pada UMKM binaan serta para karyawan Grup Astra yang menjadi instruktur terbaik.

Dalam menjalankan pembinaan UMKM, YDBA terus bertransformasi. Salah satu langkahnya adalah memilih sektor unggulan (Sekung). Sekung merupakan fokus pengembangan UMKM yang dilakukan saat ini agar UMKM bersama dengan UMKM lain yang sejenis dapat berproduksi sesuai dengan standar Quality, Cost dan Delivery (QCD) dari industri besarnya. 

Melalui 6 tahapan Sekung, YDBA mengajak UMKM secara perlahan menyongsong UMKM yang mandiri, naik kelas, awet, gres, dan go international.

YDBA menyelenggarakan berbagai acara menarik dan bermanfaat bagi UMKM mitranya, antara lain Selebrasi HUT Ke-39 YDBA, Seminar Makro Ekonomi, YDBA Award, serta Kick Off Kick Off Kompetisi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), K3L (Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan), Kontes Mekanik, dan QCC (Quality Control Circle / Gugus Kendali Mutu). Para hadirin juga dapat melihat informasi seputar Profil UMKM Pemenang YDBA Award di depan Ruang Catur Dharma Hall.

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus YDBA, Henry C. Widjaja, menjelaskan tentang hubungan YDBA dengan UMKM yang sekarang sudah berubah, bukan sebagai objek yang dibina, tetapi sebagai mitra yang bekerja sama untuk mencapai sejahtera bersama bangsa. Selain itu, Henry juga menjelaskan keseriusan YDBA dalam mengembangkan Sektor Unggulan (sekung), mulai dari tahapannya hingga progress sekung yang kini telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Kondisi ekonomi Indonesia terkini perlu diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk para penggiat usaha agar mereka dapat mengatur strategi usaha mereka. Maka dari itu, dalam acara ini, YDBA juga mengadakan Seminar Makro Ekonomi untuk UMKM Mitra YDBA. Seminar ini diisi oleh Guru Besar dan Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.

Pada seminar tersebut, Ari menjelaskan tiga poin utama, antara lain gambaran kondisi ekonomi tahun 2019, peluang-peluang yang bisa diraih dan tantangannya bagi UMKM, serta strategi yang bisa diterapkan UMKM dalam menyiasati kondisi ekonomi tahun 2019. Melalui materi ini, diharapkan UMKM Mitra YDBA bisa lebih up-to-date dan siap berkolaborasi menciptakan peluang usaha bersama.

Tiap tahun, YDBA memberikan apresiasi kepada UMKM dan instruktur YDBA yang telah berprestasi. YDBA Award dapat menginspirasi instruktur dan UMKM lain agar semakin semangat mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik. Berikut adalah 9 penerima YDBA Award.

Untuk UKM Mandiri Manufaktur Terbaik: PT Isra Presisi Indonesia; UKM Mandiri Bengkel Terbaik: Bengkel Sumber Cahaya; UMKM Mandiri Kerajinan/Kuliner Terbaik: UD Rinjani; UMKM Mandiri Usaha Tani/Perikanan Terbaik: Usaha Tani Rusli; Instruktur Karyawan Aktif Terbaik: Eddy Susilo (PT Menara Terus Makmur di Bekasi, Jawa Barat; dan Instruktur Pasca Karyawan Terbaik: Agung Sungkowo. 

Lalu untuk QCC Terbaik: PT Nandya Karya Perkasa (LUPUS); LPB Terbaik: LPB Pama Bessai Berinta; LKM Terbaik: LKM Pesona Mitra Makmur Lestari, Waringin

Dalam syukuran ini, juga dilakukan kick off  Kompetisi 5R, K3L, Kontes Mekanik dan QCC. Gelaran ini sebagai sarana berkompetisi bagi UMKM Mitra YDBA dalam penerapan kaizen pada usahanya. Juga, kick off kompetisi hingga tahun 2020, yaitu 5R, K3L, Kontes Mekanik, dan QCC. Ketiga konvensi ini diperuntukkan bagi UMKM di seluruh bidang yang menjadi mitra YDBA, yaitu Manufaktur, Bengkel, Pertanian, dan Kerajinan.

Tahapan konvensi terdiri dari pendaftaran, pendampingan pertama, babak penyisihan, pendampingan kedua, dan babak final. Melalui kick off ini, diharapkan UMKM Mitra YDBA dapat ikut serta berpartisipasi dalam konvensi dan menjadikan penerapan 5R, K3L, dan QCC sebagai kebiasaan yang konsisten diterapkan. Selain itu, melalui penyelenggaraan Kontes Mekanik dapat meningkatkan kompetensi mekanik bengkel mitra YDBA sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)