YRMHC Sediakan Rumah Singgah Bagi Keluarga Pasien Anak RS Fatmawati

Didirikan pada tanggal 14 Februari 2011, Yayasan Ronald McDonald House Charities (YRMHC) bertujuan untuk membantu dan menaruh perhatiannya kepada masalah kesehatan dan perbaikan kualitas hidup anak-anak di Indonesia. Caroline Djajadiningrat, Ketua YRMHC, menjelaskan bahwa YRMHC memiliki manajemen yang terpisah dari McDonald’s Indonesia.

DSC_1584

“Tujuan utama YRMHC adalah memberikan akses kepada generasi penerus bangsa untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup mereka. Secara keseluruhan, program-program yang diimplementasikan YRMHC merupakan program inti dari RMHC Global,” kata Caroline.

Demi kepeduliannya terhadap anak-anak Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia melalui BRI Peduli turut memberikan kontribusi dalam bentuk donasi berupa kendaraan operasional guna mempermudah transportasi keluarga pasien anak yang tinggal sementara di Rumah Singgah YRMHC.

“Kami menyambut baik dan berterima kasih atas kepedulian serta donasi yang diberikan BRI Peduli kepada YRMHC, khususnya kepada para keluarga pasien yang berada di rumah singgah ini, donasi berupa satu unit kendaraan operasional akan sangat berarti dalam membantu keluarga pasien anak untuk mengunjungi Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati dalam menjalani pengobatan bagi putra/ putri mereka” sambut Caroline Djajadiningrat.

Caroline melanjutkan, Rumah Singgah YRMHC pertama kali beroperasi sejak 20 November tahun lalu merupakan Ronald McDonald House pertama di Indonesia yang diperuntukkan bagi anak-anak yang tengah menjalani pengobatan penyakit kronis di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati beserta keluarga mereka.

Rumah Singgah yang bertempat di Jl. Kana Lestari Blok J -24 Lebak Lestari, Jakarta Selatan ini merupakan donasi dari seorang filantropi. Berdiri di atas tanah seluas 250 meter persegi yang kemudian dibangun kembali sehingga memliki dua lantai dengan luas bangunan 400 meter persegi, memiliki 8 kamar yang dapat ditempati oleh 8 keluarga. Rumah ini dilengkapi dengan ruang makan, dapur, ruang bermain, perpustakaan, serta fasilitas computer. Setiap kamarnya juga dilengkapi dengan kamar mandi.

“Sejak November 2014 yang lalu sudah 20 keluarga dapat menikmati keberadaan Rumah Singgah YRMHC dengan daerah asal yang beragam seperti Lampung, Tanjung Pinang, Bogor, Cileungsi, Brebes dan sekitar Banten,” ujar Caroline.

Sementara itu Budi Satria, Corporate Secretary Bank BRI mengungkapkan, pemberian bantuan kendaraan operasional dari BRI tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi tanggung jawab sosial BRI. “Di tengah mahalnya biaya rawat inap di Rumah Sakit serta mahalnya biaya transportasi, akomodasi dan penginapan bagi keluarga yang selama ini ‘menjaga’ si pasien, terutama bagi pasien dan keluarga yang berasal dari luar Jakarta, YRMHC memberikan solusi bagi masyarakat dari luar Jakarta untuk tetap bisa memberikan perhatian dan dukungan dari dekat bagi pasien,” ujar Budi.

Dengan adanya bantuan kendaraan dari BRI Peduli, Budi berharap akan mempermudah sarana transportasi untuk keluarga pasien menuju Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati. Dengan demikian perhatian dan dukungan yang diberikan kepada pasien dari keluarganya bisa maksimal, yang pada akhirnya bisa mempercepat proses kesembuhan si pasien. “kalau tadinya saya dapat kabar bahwa untuk ke rumah sakit harus menggunakan taxi, maka sekarang dapat menggunakan mobil dari kami,” tambah Budi.

Adapun syarat bagi keluarga yang ingin tinggal sementara di Ronald McDonald House harus mendapatkan rujukan tertulis dari Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati dan pasien tidak menderita sakit yang dapat menular atau infeksius. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)