Astra Pulihkan Fungsi 38 Hektar Hutan di Saronge

Hutan di daerah Saronge, Cianjur, Jawa Barat, saat ini sudah pulih sekitar 38 hektar. PT Astra Internasional, melalui program CSR-nya, turut membantu pemulihan hutan tersebut. Kini, tempat yang ditanami Astra sudah pulih menjadi hutan kembali. Tentunya, pemulihan hutan tersebut harus memberikan alternatif kepada petani karena dulunya hutan itu dijadikan kebun oleh petani setempat.

IMG_20141222_140839

"Tidak hanya menanam pohon, tetapi sebagian dananya kita kembangkan menjadi ekonomi. Seperti budidaya kelinci, yang sekarang sudah 1500 ekor per-bulan," ujar Tosca Santoso, Founder Green Initiative Foundation.

Ia melanjutkan, para petani di Saronge sekarang sudah mengorganisir kegiatannya sendiri di bawah naungan koperasi, dan juga untuk wisata yang mendapat izin dari wisata nasional. Ini adalah bentuk upaya bersama yang dilakukan oleh petani, Green Initiative Foundation dan Astra.

"Memang upaya bersama, kita ingin alamnya lebih baik untuk air bersih, tidak banjir, pohon-pohon rindang, dan juga concern kita terhadap kesejahteraan petani. Kebetulan yang 38 hektar yang tugas Green Radio itu sudah selesai, rata-rata (tinggi) pohonnya sudah 4 meter," kata Tosca.

Bukan hanya di Saronge, pada Jumat (19/12), Astra dan Green Radio juga menanam pohon di Tunggilis, Cianjur, seperti jengkol, pete, alpukat, jeruk, nangka dan lain-lain, yang diperkirakan 4 sampai 5 tahun kedepan sudah memberikan hasil kepada petani. Memang, pohon-pohonnya dipilih agar produktif untuk petani dan memberi coverage. Tosca berharap, hal ini bisa direplikasi di tempat-tempat lain. "Tujuannya bukan hanya untuk konservasi tetapi juga peningkatan kesejahteraan petani."

Yulian Warman, Senior General Manager PT Astra Internasional, mengatakan, Astra secara filosofi memiliki visi untuk menjadi yang bermanfaat bagi manusia dan negara. Menurutnya, perusahaan lain belum ada yang berani menajdi aset bangsa dan negara. "Satu yaitu menjadi tauladan, tidak boleh merusak lingkungan, dan harus memberi contoh untuk lingkungan," ucapnya.

Lalu, implementasi dalam bentuk CSR. Astra sudah memulai CSR tahun 74. Tahun ini Astra juta menerbitkan buku Maju Bersama Bangsa. "Di samping itu, kami juga punya yayasan untuk CSR-nya. Company lain bilang banyak banget, tapi astra masih merasa kurang. Yang paling banyak itu CSR di bidang pendidikan," tutup Yulian. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)