Indonesia Green Region Award (IGRA) 2014

Indonesia Green Region Award - Penghargaan tata kelola hutan yang baik bagi pemerintah kabupaten Indonesia Green Region Award - Penghargaan tata kelola hutan yang baik bagi pemerintah kabupaten

Indonesia Green Region Award
Penghargaan tata kelola hutan yang baik bagi pemerintah kabupaten

Tahun ini Indonesia Green Region Award akan mencakup satu kategori baru untuk memberikan penghargaan bagi pemerintah kabupaten yang menunjukkan nilai serta prinsip-prinsip tata kelola hutan yang baik. Prinsip tata kelola hutan yang baik meliputi transparansi, akuntabilitas dan proses-proses partisipatif serta praktik pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

Mengapa MeMberikan anugerah bagi TaTa kelola huTan yang baik?
Pemerintah kabupaten memiliki peranan penting dalam pengelolaan hutan berkelanjutan. Pengelolaan hutan berkelanjutan mencakup perlindungan atas hutan (baik hutan primer maupun sekunder) dan lahan gambut, alokasi lahan untuk berbagai program reboisasi dan penghijauan (misalnya hutan kota, taman hutan rakyat, dsb) untuk perlindungan wilayah, dan menimalkan kerusakan terhadap lingkungan (seperti menggunakan lahan yang telah terdegradasi untuk perkebunan produktif yang berkelanjutan). Selain manfaat lingkungan, pengelolaan hutan berkelanjutan juga menawarkan manfaat pembangunan yang mencakup memajukan penghidupan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan, yang erat berhubungan dengan pengurangan kemiskinan.

Undang-undang otonomi daerah serta kebijakan desentralisasi memberikan wewenang dan kendali signifikan bagi pemerintah kabupaten untuk memutuskan bagaimana hutan- hutan dalam yurisdiksi mereka akan dikelola dan digunakan. Wewenang tersebut mencakup menerbitkan izin untuk industri berbasis lahan. Pemerintah kabupaten juga mempunyai tanggung jawab atas perencanaan tata ruang, perencanaan kehutanan, penegakkan hukum yang terkait bidang kehutanan, serta perencanaan anggaran bagi pengelolaan dan pengawasan hutan – termasuk pengawasan terhadap sektor industri berbasis lahan.

Anugerah ini Mencakup, Namun Tidak Terbatas pada Inisiatif Tata Kelola Hutan yang baik berikut ini:

• Rehabilitasi hutan – merancang program, anggaran, manfaat atau hasil dari upaya rehabilitasi lahan kritis, penghijauan, dan kegiatan untuk reklamasi lahan paska tambang.

• Pencegahan deforestasi – termasuk seberapa hektar hutan yang sudah diselamatkan dari deforestasi melalui hutan lindung, taman hutan rakyat, hutan kota, pencadangan wilayah hijau, atau mencegah lahan-lahan berhutan untuk konversi.

• Penyusunan perencanaan penataan ruang – perda RTRW yang penyusunananya didahului dengan KLHS yang secara inovatif telah diintegrasikan dengan pengelolaan lingkungan yang memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan, dan melibatkan semua pemangku kepentingan terkait.

• Perhutanan sosial / Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) – meliputi inovasi pemerintah daerah dalam merancang program, anggaran, manfaat atau hasil dari upaya menjalankan perhutanan sosial atau PHBM, antara lain akan dilihat dari: Hutan Desa, HKm, HTR, Perda terkait hak adat dll.

• Kelembagaan dalam tata kelola hutan – inisiatif-inisiatif dalam membangun kelembagaan terkait tata kelola hutan seperti Kesatuan Pengelolaan Hutan, kelembangaan untuk penyelesaian konflik, mekanisme pengaduan atau keberatan, lembaga untuk mengawasi reklamasi tambang, kelembagaan adat atau desa dalam pengelolaan hutan.

INDONESIA GREEN REGION AWARD (IGRA) 2014 – TATA KELOLA HUTAN INDONESIA GREEN REGION AWARD (IGRA) 2014 – TATA KELOLA HUTAN

INDONESIA GREEN REGION AWARD (IGRA) 2014 – TATA KELOLA HUTAN

Pertama kalinya di tahun ini Indonesia Green Region Award akan memberikan anugerah bagi Kabupaten dengan Tata kelola hutan terbaik.

Segera daftarkan Kabupaten anda mengikuti program IGRA Tata Kelola Hutan tahun ini!

Persyaratan :
• Mengisi formulir pandaftaran (download di www.igraaward.com atau request ke panitia)
• Mengirimkan makalah (paper) dengan isi tulisan sesuai panduan dari panitia
• Bersedia melengkapi dokumen & informasi yang dibutuhkan panitia dan dewan juri
• Hadir pada saat penjurian
• Diwajibkan mengisi pertanyaan kuesioner dan panitia (khusus kategori tata kelola hutan)

KIRIMKAN FORMULIR PENDAFTARAN & MAKALAH/PAPER SEBELUM KAMIS, 30 OKTOBER 2014

Formulir pendaftaran & Makalah/paper dikirimkan dalam bentuk softcopy melalui email ke: Armiadi Murdiansah | email : armiadi.murdiansah@swamail.com | cc : inboxigra@gmail.com

InforMasi :

Armiadi Murdiansah
armiadi.murdiansah@swamail.com
Phone : 021-3523839
Mobile : 0878-8651-442

Vivi  Zabkie
vivizabkie@gmail.com
Phone : 021-8513386
Mobile : 0816-1609-362

Aswin Gumilar
aswin.gumilar@swamail.com
Phone :  021-3523839
Mobile : 0898-9346-577

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)