Survei Praktik di Indonesia Manajemen SDM Perusahaan

Majalah SWA bekerja sama dengan Universitas Kristen Satya Wacana menyelenggarakan survei bertajuk Praktik Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan di Indonesia. Survei ini merupakan bagian dari survei internasional yang diselenggarakan oleh Cranfield Network on International Human Resource Management (Cranet).

Survei Praktik di Indonesia Manajemen SDM Perusahaan Survei Praktik di Indonesia Manajemen SDM Perusahaan

Cranet adalah jejaring penelitian antar universitas antar negara dalam bidang kajian manajemen sumber daya manusia internasional. Berdiri sejak 1989, awalnya hanya melibatkan beberapa kampus di beberapa negara di Eropa, Cranet saat ini beranggotakan lebih dari 45 perguruan tinggi di berbagai negara di benua Amerika, Eropa, Asia, dan Australia. Indonesia, melalui Universitas Kristen Satya Wacana, bergabung dalam Cranet sejak awal 2012.

Pemolaan praktik manajemen SDM seperti ini belum pernah dilakukan di Indonesia. Hasil survei ini akan sangat membantu, baik bagi kalangan praktisi SDM maupun akademisi dalam memahami kondisi dan perkembangan praktik manajemen SDM di Indonesia. Dan lebih dari itu, survei ini diharapkan dapat menemukan pola (patterning) pengelolaan praktek manajemen SDM di Indonesia yang pada skala tertentu dapat diperbandingkan dengan perkembangan praktek manajemen SDM di negaranegara
lain.

Kami mengundang perusahaan-perusahaan di Indonesia yang memiliki karyawan minimal 200 orang dengan omset minimal Rp 50 miliar untuk bergabung dalam survei ini. Bagi perusahaan peserta survei, kami akan memberikan data kondisi makro praktik manajemen SDM di Indonesia maupun secara global. Data ini bisa dijadikan sarana
bercermin maupun benchmark bagi pengelolaan SDM di perusahaan masing-masing.
Kepada perusahaan yang berminat kami akan memberikan link kuesioner online untuk
pengisian survei secara online.

Seperti apakah pola praktik manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan-perusahaan Indonesia? Apa beda pola praktik manajemen SDM dari satu propinsi ke propinsi lain, dari satu kota besar ke kota besar lain, dari satu industri ke industri lain?

Pengisian kuesioner dapat dilakukan antara bulan Februari sampai April 2015.

Untuk informasi:
SWA: Aswin Gumilar
(021 352 3839 / aswin.gumilar@swamail.com)
UKSW: Neil Semuel Rupidara, PhD.
(0812 4657 8676 / nrupidara@staff.uksw.edu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)