Upaya USS Maybank Perkuat Ekosistem Industri Halal

USS Maybank gelar Festival Mesjid Berkah dan kompetisi kewirausahaan Maybank Syariah Isyefpreneur.

PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. melalui Unit Usaha Syariah (UUS) kembali menggelar Festival Mesjid Berkah dan kompetisi kewirausahaan Maybank Syariah Isyefpreneur yang akan berlangsung sampai dengan Januari 2023 mendatang.

Berbeda dengan penyelenggaraan Festival Mesjid Berkah sebelumnya, kegiatan kali ini akan mengedepankan kemakmuran bagi umat Muslim dari kalangan komunitas masjid dan pelaku wirausaha muda, dengan memperkuat ekosistem industri halal dan perekonomian berbasis syariah melalui edukasi dan pemberdayaan. Hal ini diwujudkan di antaranya melalui pembekalan yaitu pengenalan akan solusi pengelolaan keuangan masjid, edukasi seputar keuangan syariah, dan bimbingan kewirausahaan yang dilakukan melalui kompetisi kewirausahaan.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengataka pihaknya berperan aktif dalam mendukung terciptanya ekosistem industri halal serta memajukan perekonomian berbasis syariah di Indonesia melalui rangkaian kegiatan edukasi dan pemberdayaan festival tersebut.

“Selain itu, kegiatan ini sekaligus menjadi wadah bagi UUS Maybank Indonesia untuk mengapresiasi komunitas masjid yang aktif memperkenalkan solusi keuangan berbasis syariah kepada masyarakat di seluruh Indonesia,” katanya.

Kegiatan ini digelar melalui kerja sama antara UUS Maybank Indonesiadengan Islamic Youth Economic Forum, yakni organisasi pemuda otonom dari Dewan Masjid Indonesia.

Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi wirausahawan umum dan dari kalangan komunitas masjid untuk menampilkan keunggulan usaha yang mereka miliki, dan di saat yang bersamaan, berkesempatan untuk memenangkan hadiah dana tunai yang dapat digunakan sebagai modal pengembangan usaha. “Kemudian untuk syarat kepesertaan, kompetisi terbuka bagi wirausahawan berusia 20 s/d 36 tahun dari seluruh Indonesia dan telah menjalankan usaha minimal satu tahun,” lanjutnya.

Di samping itu, para peserta kompetisi kewirausahaan ini juga dapat mengikuti kelas secara daring seputar manajemen bisnis seperti, pemanfaatan teknologi secara maksimal untuk mendukung pengembangan usaha, pengenalan terhadap legalitas usaha serta penyusunan strategi bisnis bagi usaha skala kecil menengah (UMKM).

Terdapat 50 peserta yang akan dipilih untuk mendapatkan fasilitas seperti, mentoring guna meningkatkan wawasan terkait kewirausahaan bersama para top eksekutif dan CEO perusahaan terkemuka, coaching dengan para business coach terpilih dan mendapatkan hadiah tambahan dari para mitra yang dapat digunakan sebagai modal usaha.

Head Shariah Banking Maybank Indonesia Romy Buchari berharap serangkaian dukungan kegiatan edukasi dan pemberdayaan ‘Festival Mesjid Berkah dan kompetisi kewirausahaan Maybank Syariah Isyefpreneur dapat memberikan manfaat langsung bagi para pelaku usaha Syariah.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)