Ambisi Watsons Menjadi Ritel No.1 di Asia

Pembukaan “Watsons WOW Store” pada hari Kamis, 19 September 2013 di Mal Pondok Indah dan Mal Kelapa Gading ini merupakan wujud nyata komitmen Watsons, untuk menjadi perusahaan ritel yang terbaik. Khususnya untuk produk-produk kategori kecantikan dan kesehatan (Health and Beauty), di mana dengan konsep WOW ini, Watsons Indonesia di harapkan dapat meningkatkan pelayanan dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para pelanggan.

Konsep Watsons Wow Store ini merupakan pilot project (inovasi baru) yang dijalankan Watsons Indonesia dalam pelayanannya terhadap pelanggan, dimana konsep ini juga akan diterapkan disetiap toko ritel Watsons diseluruh Indonesia.

Watsons

Watsons adalah retailer produk kesehatan dan kecantikan terkemuka di Asia yang sekarang mengoperasikan 3.500 toko ritel dan 900 lebih toko ritel farmasi di pasar Asia dan Eropa, termasuk China (China, Hongkong, Taiwan dan Makau), Singapura, Thailand, Malaysia, Fhilipina, Korea, Indonesia, Turki, dan Ukraina.

Perusahaan ini merupakan bagian dari A.S Watsons Group, salah satu grup terbesar di Hong Kong dengan brand Watsons yaitu your personal store. Saat ini, di Indonesia sudah ada 25 toko dan pada akhir tahun jumlah toko menjadi 33.

Berikut hasil wawancara reporter SWA, Nidaaul Khasanah dengan Kyutae Park, Country Manager Watsons Indonesia, eksekutif berkebangsaan Korea yang lahir tahun 1971. Kyutae Park memiliki hobi berenang, menonton film, dan menghabiskan waktunya dengan 2 orang anaknya. Pria ini juga lulusan Master Business Administration di salah satu universitas di Korea.

Apa tujuan launching outlet Watson?

Tujuan dari diresmikannya Watsons ini adalah untuk meningkatkan brand awarness pada target market yang dituju, serta diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

Apa yang menarik dari perusahaan ini?

Saya sangat tertarik di perusahaan ini. Karena spesial dalam kesehatan dan kecantikan. Biasanya konsumen yang datang wanita yang lebih tua dan menggunakan produk kami, kamu juga dapat melihat semakin banyak merek kami yang membantu para wanita yang membuat mereka lebih cantik.

Apa perbedaan dengan toko retail lainnya?

Kami selalu mencoba berkreasi suasana berbelanja dengan lebih banyak produk. Itu konsep kami. Kami akan memberikan pelayanan yang sangat baik, dibanding kompetitor lainnya.

Nikita Willy-Watsons

Siapa target pasar yang dituju?

Fokus kami memang perempuan tapi juga pria yang metroseksual. Di negara lain banyak produk untuk laki-laki, di Indonesia juga ada produk-produk Watsons untuk pria.

Pabrik dari produk-produk Watsons di mana saja?

Merek kami dari seluruh dunia. Kamu dapat menemukan banyak pabrik di Korea, Thailand, China, India, Indonesia, Eropa, dan Malaysia.

Apa tanggung jawab Anda sebagai Country Manager?

Tanggung jawab saya mensukseskan pengembangan bisnis Watsons di Indonesia.

Mempunyai berapa karyawan di Indonesia?

Sejauh ini 350 karyawan. Setiap bulannya bertambah 30 orang kayawan. Kami ingin terus bertambah setiap bulan. Setiap hari menerima banyak karyawan. Saya percaya ekspensi Watsons ikut berkontribusi dalam bidang ekonomi. Saya membutuhkan lebih dari 1.000 karyawan.

Watsons

Prestasi apa yang pernah didapat?

Selama ini saya hanya fokus pada bisnis. Saya adalah orang yang meningkatkan promosi.  Hal yang paling penting mendapatkan cinta dari konsumen.

Tantangan apa yang Anda alami?

Saya rasa tidak punya tantangan karena ini bukan kompetisi. Saya rasa ini proses yang natural. Kamu bisa melihat kompetisi dimana saja di dunia.

Apa suka dan duka yang pernah dialami?

Saya kebanyakan sukanya. Saya enjoy tinggal di Jakarta.

Apa rencana Anda ke depan?

Untuk sekarang market retail di Indonesia, saya memiliki rencana ekspresif yang sangat agresif. Saya akan membuka toko setiap bulan. Bulan depan kami akan membuka peluncuran toko. Di Cilegon, Cipinang Indah, dan Cibinong. Pada saat ini Watsons Indonesia telah mempunyai 25 toko retail yang tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, dan Bandung. Pada bulan September ini akan membuka satu toko retail di wilayah Cibubur. Ditahun 2013 menargetkan  lebih dari 33 tahun 2014 akan nambah 30 toko retail dan masih akan terus bertambah. Saya ingin lebih 200 toko untuk 3-4 tahun ke depan.

Apa ambisi Anda ke depan?

Ambisi saya adalah Watsons menjadi market retail no 1 di Asia. Seperti halnya di China Maalysia, Singapura, dan Thailand, ketika kita kesana kita menemukan Watsons. (Nidaaul Khasanah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)