Dari Jalan di London Lahirlah Berbatik.com

Berbatik.com, sebuah platform jual beli online khusus batik pertama di Indonesia, baru saja diluncurkan. Berbeda dengan situs lainnya yang menggunakan platform e-commerce, Berbatik.com mengkhususkan diri sebagai situs belanja online yang mempertemukan pengusaha, perancang busana, dan aksesori berbahan batik serta kain nusantara dengan para pecintanya.

Sang founder Berbatik.com, Heri Fikrio, berharap, situs ini mampu menciptakan komunitas batik dan menjadi channel batik nomor satu di Indonesia, bahkan di dunia. Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang Berbatik.com, berikut perbincangan kami dengan Heri Fikrio:

Batik saat ini bukan lagi pakaian yang hanya dipakai khusus hari Sabtu, batik merupakan pakaian sehari-hari orang Indonesia. Apakah tren ini yang mendorong Anda menciptakan Berbatik.com?

Bukan. Pada tahun 2008 saat sedang jalan-jalan di sebuah departemen store di Kota London, Inggris, saya melihat ada batik Indonesia dijual dengan harga mahal sekali. Sayangnya meski berasal dari Indonesia, brand batik tersebut justru bukan brand Indonesia. Rasa nasionalisme saya tergugah, kemudian lahirlah ide bagaimana kalau saya ikut mempromosikan batik Indonesia. Saya mengawali dengan membuat akun batik di Facebook pada 2010, membagi pengetahuan soal batik hingga akhirnya menjual batik secara online. Saat ini sudah ada 4 juta orang yang me-like akun batik saya di Facebook.

Ternyata jualan di Facebook sangat rame dan rumit. Lalu saya berpikir untuk memfasilitasi pengusaha-pengusaha kecil batik yang tidak punya akses ke teknologi. Kemudian di 2012 saya beserta Jessy Agita dan Hendy Irawan menciptakan Berbatik.com. Tujuan kami mendirikan situs ini untuk memberi akses kepada pengusaha, pengerajin dan perancang busana agar mampu memperluas distribusi pemasaran melalui toko online dan memberi peluang kepada konsumen ritel /individual atas ragam pilihan batik di daerah-daerah Indonesia dan konsumen dapat dengan nyaman berbelanja online.

Artinya, yang disasar bukan hanya buyer, namun juga seller?

Ya, karena semakin banyak penjual yang memanfaatkan Berbatik.com, otomatis situs ini jadi ramai konsumen dan kami juga akan semakin diuntungkan. Berbatik.com bisa memberikan solusi kepada pengusaha, pengrajin dan desainer, agar mereka dapat fokus kepada pengembangan bisnis dan teknis desain, tanpa repot memikirkan pengembangan teknologi dan pemasaran online. Berbatik.com akan menjadi tempat alternatif untuk mengembangkan jalur distribusi, akses kepada jalur pemasaran yang terintegrasi, dan akses ke tekonologi e-commerce yang akan memudahkan pengusaha dalam bertransaksi dan mengkomunikasikan produknya.

Apa yang diunggulkan Berbatik.com sehingga seller mau memilih berjualan di situs ini?

Membangun website yang user friendly tidak mudah dan memerlukan biaya yang relatif tinggi. Berjualan di media lain seperti Facebook atau blog mungkin bisa jadi solusi untuk strategi online, namun pada saat usaha semakin maju, dibutuhkan brand awareness dan manajemen penjualan yang lebih baik. Berbatik.com dibangun dengan semangat bersifat kolektif, maju bersama, sehingga biaya marketing maupun biaya teknologi dapat ditekan serta para pengusaha, pengrajin maupun desainer dapat fokus untuk mengembangkan produknya.

Siapa saja pihak penjual yang sudah memanfaatkan Berbatik.com?

Sejauh ini masih designer-designer batik dari seluruh Indonesia. Ke depannya juga akan ada produk dari perusahaan batik skala UKM, atau kelompok perajin batik. Sudah banyak yang ingin bekerjasama dengan kami.

Target konsumennya?

Untuk tahap awal kami menyasar pembeli di Indonesia, sambil pelan-pelan kami membangun pasar global, di mana tujuan awal kami adalah mempromosikan batik Indonesia ke dunia.

Perkembangan pasar batik Indonesia sendiri seperti apa?

Pasar batik Indonesia, total ekspor dan lokal di 2007 nilainya sebesar US$ 500 juta, dan di 2011 mencapai US$ 750 juta. Porsi ekspor dengan pasar lokal sekitar 50:50, sama besarnya.

Apa strategi Berbatik.com untuk memenangkan pasar batik yang begitu besar ini?

Karena situs ini sangat segmented, yaitu batik, kami berharap ke depannya ketika orang mencari batik, maka yang dituju pertama kali adalah Berbatik.com. Apalagi ini merupakan situs jual beli batik pertama, yang lain produknya kan luas, seperti Berniaga.com, Tokobagus.com.

Seringkali pembeli online mengeluh barang yang diterima tidak sesuai dengan apa yang diharapkan terkait soal kualitas. Bagaimana cara Berbatik.com untuk menjaga kepercayaan konsumennya?

Produk yang kami tawarkan khusus batik Indonesia dengan kualitas terbaik, batik premium. Kami hanya menjual batik handmade, baik batik tulis maupun cap. Meski berkualitas, harga yang kami tawarkan sangat bersaing mulai dari Rp 200 ribuan hingga Rp 2 jutaan.

Berbatik.com juga memungkinkan konsumen untuk melihat secara langsung produknya secara offline, sebab seller kami merupakan seller batik yang terpercaya dan lama berkecimpung di bidangnya.

Salah satu tujuan dibuatnya Berbatik.com karena ingin mempromosikan batik Indonesia ke dunia, apakah selain menampilkan detil produk yang dijual, akan ada semacam cerita dibalik batik yang dipakai?

Hal itu sedang kami garap, karena untuk konsumen luar negeri, selain fashionnya yang dicari adalah story behind batik itu sendiri. Konsumen dapat mengenal batik lebih dalam lagi sebagai kekayaan budaya, memperkenalkan ragam karya dan standard produksi produk batik tersebut.  (Lila Intana)

Leave a Reply

3 thoughts on “Dari Jalan di London Lahirlah Berbatik.com”

Dear Mas Heri... Saya ada rencana untuk menetap di London Inggris th 2015. Oleh krn saya di Jkt bekerja, tentunya saya juga ingin bekerja di sana. Kira2 ..mas Heri bisa bantu saya untuk memasok pakaian / kain ke London ? atau juga bisa jadi partner bussiness ? Mohon info kembali. Thanks. Maria L
by maria loise siten, 03 Nov 2014, 10:41
Wah, semoga memberikan manfaat yg besar untuk kemajuan batik Indonesia :)
by Cherie, 07 Nov 2013, 18:54
apresiasi untuk maksud dan tujuannya, semoga ke depan lebih kreatif lagi ya masbro
by berbatique, 16 Mar 2013, 22:14

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)