Dell Mengarap Pasar Big Data Sejak Awal

Dell memosisikan diri sebagai penyedia solusi end to end solution provider, di mana solusi yang ditawarkan mulai dari laptop (hardware) sampai solusi data center, software yang mendukung big data. Dell berkomitmen memberikan berbagai solusi terbaik di kelasnya untuk membantu konsumen mengadopsi dan mengimplementasikan teknologi big data ini.

Apa saja keunggulan solusi Dell dalam layanan big data? Erwin Yusran, Country Business Manager Entreprise Solutions Group Dell Indonesia, memaparkannya kepada Ario Fajar dari SWA Online:

Erwin Yusran, Country Business Manager Entreprise Solutions Group Dell Indonesia Erwin Yusran, Country Business Manager Entreprise Solutions Group Dell Indonesia

Bagaimana kesadaran korporasi tentang pemanfaatan teknologi big data?

Di Indonesia, secara umum adopsi teknologi big data masih di tahap awal atau infancy. Dari sisi awerness atau kesadaran, perusahaan di Indonesia terhadap teknologi tersebut sudah ada, namun kami melihat implementasinya masih sangat rendah bila dibandingkan dengan potensi pasar yang ada, terlebih melihat kebutuhan akan big data yang terus meningkat.

Industri mana saja yang sudah mature untuk menggunakan big data?

Berdasarkan hasil survei Dell’s Global Techonology Adoption Index (GTAI), segmen industri yang menunjukkan potensi dan kebutuhan besar akan adopsi big data adalah industri perbankan dan keuangan, layanan kesehatan, telekomunikasi. Industri pertambangan serta perminyakan dan gas juga menunjukkan potensi big data yang cukup besar.

Bagaimana pengamatan Dell tentang pemanfaatan big data pada institusi pemerintahan?

Potensi pemanfaatan big data di sektor pemerintahan sangat besar, mengingat teknologi ini dapat memberikan berbagai informasi dan insight dari hal-hal yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Misalnya, membantu pemerintah memetakan dan menganalisis daerah yang memiliki potensi bencana alam, potensi hotspot untuk analisa kabut asap, dan membantu pengaturan lalu-lintas untuk mengurai kemacetan melalui adaptable traffic control management. Jadi, ceruk pasar baik di korporat maupun pemerintahan masih sangat besar.

Pages: 1 2 3 4 5 6

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)