Derek Callow: Google Ingin Bangun Ekosistem Digital di Indonesia

Mendekati genap satu tahun kehadiran Google di Indonesia, perusahaan yang didirikan oleh dua bersahabat, Larry Page dan Sergey Brin, semakin mengakrabkan diri dengan masyarakat di Indonesia dan selalu berusaha untuk membangun ekosistem digital di Indonesia. Terbukti, selain semakin banyak produk yang hadir di Indonesia, Google pun semakin mendekatkan diri dengan masyarakat di sini.

Derek Callow, Head of Marketing Google Inc South East Derek Callow, Head of Marketing Google Inc South East

Diawali dengan membuka kantor perwakilannya, menyelenggarakan berbagai macam kegiatan dan diiringi juga dengan kehadiran berbagai produk yang semakin mewarnai dunia digital di Indonesia. Paling aktual, Google baru saja menyelenggarakan acara yang disebut “Think 2013 with Google”. Di acara tersebut, Google berusaha mendekatkan diri dengan berbagai pelaku bisnis di Indonesia, dengan mengumpulkan mereka serta memberi banyak informasi seputar dunia digital dan e-commerce ke depannya.

Pada acara tersebut, beberapa pembicara hadir berkontribusi di atas panggung besar dan bernuansa futuristik yang tersedia di acara tersebut. Satu per satu pembicara naik ke atas panggung dan memberikan banyak informasi, tips&tricks, berbagai pengalaman, dan lain-lain dalam dunia digital. “Intinya, kami berusaha membantu untuk membangun ekosistem digital yang baik di Indonesia,” ujar pria yang bergabung di Google sejak tahun 2006 ini.

Salah satu pembicara utama yang paling ditunggu adalah Derek Callow, Head of Marketing Google Inc South East. Dengan perawakan yang sangat proporsional untuk ukuran lelaki, dan wajah yang rupawan, Derek dengan begitu prima memberikan presentasi nya yang cukup memukau kepada sejumlah hadirin yang datang saat itu.

Di sela-sela acara, dengan keramahannya, Derek membuka diri untuk diwawancarai oleh  SWA Online di salah satu sudut ruangan yang tersedia di penyelenggaraan acara tersebut. Meski waktu yang diberikan sangat sempit, namun Derek berusaha untuk melayani beberapa pertanyaan yang diajukan kepada dirinya, secara baik.

Berikut adalah hasil wawancara yang dilakukan SWA dengan Derek Callow.

Apa target bisnis Google di Indonesia ke depan, khususnya di tahun 2013 ini?

Dari awal kami hanya menargetkan untuk lebih mendekatkan diri dengan end users yang ada di Indonesia. Kami sudah banyak melakukan aktifitas dan tentu masih banyak aktifitas yang akan kami lakukan di Indonesia.

Kami ingin membangun ekosistem digital yang baik di Indonesia. Kami ingin membantu semua pelaku bisnis, baik yang berskala kecil, menengah, maupun besar, untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan segala usaha bisnisnya.

Mengenai target revenue Google di Indonesia, menurut saya ini adalah salah satu kehebatan kami. Di Google, kami tidak pernah membicarakan target revenue sejak awal. Kami hanya fokus untuk menjalankan apa yang harus kami jalankan dan sudah kami rencanakan secara baik. Kami harus fokus kepada end users kami. Kami juga memiliki banyak hal yang harus dilakukan untuk mereka. Pertumbuhan pengguna mesin pencari Google, Youtube, Gmail, Google dan Google+, adalah satu dari sekian banyak hal yang harus kami lakukan.

Melalui pencapaian seperti itu, kami akan mampu menciptakan pengalaman menggunakan Google bagi para users yang semakin bertambah hebat. Dengan begitu, kebahagian pengguna dalam menggunakan produk-produk Google pun lahir, pageviews bertambah, iklan bertambah, dan pada akhirnya kami akan mampu masuk ke dalam pasar di Indonesia.

Apa strategi untuk mewujudkan target tersebut?

Sejak tahun lalu, kami sudah membangun kantor perwakilan kami di sini. Hal tersebut semata-mata kami lakukan untuk lebih dekat lagi dengan para end user ada di Indonesia. Kami juga ingin membangun beberapa produk kami lainnya, yang relevan dengan pengguna kami di sini.

Kami juga memiliki tim yang cukup solid, seperti tim sales & marketing, communications, dan lain-lain. Tim-tim tersebut nantinya akan mendukung keinginan kami untuk menghadirkan lebih banyak produk yang relevan dengan para pengguna kami disini.

Selain itu, seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, kami akan berusaha menghadirkan lebih banyak produk di Indonesia dan berusaha menumbuhkan jumlah pengguna produk-produk kami, seperti mesin pencari Google, Youtube, Gmail, Google dan Google+, dan lain-lain.

Bagaimana potensi pasar yang dapat dikembangkan Google di Indonesia?

Kami memperkirakan ada sekitar 160 juta pengguna internet pada 2016 di Indonesia. Jumlah tersebut didukung oleh kelas menengah yang semakin tumbuh di Indonesia, yang kami perkirakan jumlahnya akan mencapai 150 juta penduduk. Tentu hal tersebut kami lihat sebagai potensi yang cukup baik untuk memaksimalkan keempat platform yang kami miliki, Google, Android, Youtube, serta Chrome.

Penetrasi internet di Indonesia, menjadi salah satu hal yang cukup menjadi perhatian kami. Seperti sejak awal, kami ingin membangun ekosistem digital di Indonesia. Kami ingin membantu banyak pihak, seperti pelaku bisnis di Indonesia meraih kesuksesan.

Kami berusaha membantu dan sangat berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan penetrasi internet di Indonesia, melebihi dari catatan hingga hari ini, yaitu diatas 20%. Kami ingin penetrasi internet di Indonesia lebih dari persentase tersebut di tahun 2013 hingga 2015. Dengan begitu, Indonesia akan menjadi Negara yang lebih hebat dari saat ini.

Untuk itu, sudah sejak lama kami berusaha meningkatkan konektivitas dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam ber-internet. Karena dengan meningkatkan konektivitas tersebut kami mampu menumbuhkan pasar digital di Indonesia. Dan kami pun cukup senang jika semakin banyak orang di Indonesia menggunakan internet. Dengan begitu mereka akan merasakan kekuatan dari penggunaan internet.

Selain itu, kami juga melihat pentingnya penggunaan Android pada langkah kami tersebut. Saat ini, kami melihat bahwa Android memiliki peran penting dalam hal ini apalagi dengan penetrasi internet yang mayoritas dari smartphone, terutama yang bersistem Android. Untuk itu, kami berusaha meyakinkan para pengguna internet terhadap perangkat berbasis Android.

Kami berusaha untuk memberikan informasi dan meyakinkan para pengguna internet bahwa Android merupakan perangkat yang lebih murah dengan di sisi lain memberikan pengalaman yang lebih hebat, dan konektivitas yang lebih baik. Dengan begitu, kami berharap pengguna akan menggunakan produk-produk dari kami.

Menurut Anda, industri apa yang akan tumbuh, terutama dengan penggunaan internet saat ini? Apa saran Anda terhadap para pelaku industri tersebut agar mampu tumbuh pesat? Dan apa yang harus dilakukan oleh para pelaku startup?

Inovasi. inovasi menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Inovasi bisa datang dari mana saja. Di banyak kasus, inovasi justru tidak datang dari bisnis besar. Inovasi justru banyak muncul dari bisnis-bisnis startup.

Yang pasti, harus ada ekosistem yang cukup baik dan sehat bagi para pelaku bisnis. Mereka harus berada di ekosistem yang baik dan kami sudah mulai melihat hal tersebut terjadi saat ini di Indonesia. Hal terbesar yang ingin kami lakukan disini adalah, membentu para pelaku usaha, baik pelaku bisins kecil, menengah, besar, dan para entrepreneur untuk lebih mengerti terhadap penggunaan internet. Kami ingin berada di tengah-tengah komunitas ini dan hal ini sangat menarik. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)