Ekspor US$ 42 Juta, Mikie Oleo Nabati Industri Andalkan Mutu

Perusahaan yang terletak di Narogong, Bekasi ini melakukan aktivitas ekspor sejak 2008. Produk perusahaan ini awalnya margarin, yang kemudian terus berkembang dan sekarang menjual minyak goreng. Belum terlalu lama memang aktivitas itu dilakukan, tetapi pertumbuhan yang diperoleh cukup menarik. Sebagai contoh, tahun 2011 lalu, nilai ekspor produknya mencapai US$ 35 juta dan tahun 2012 mencapai US$ 42 juta.

Pertumbuhan ekspornya yang terus-menerus mampu diraih oleh perusahaan ini menjadikannya percaya diri untuk berkompetisi dalam Primaniarta tahun ini. Bagaimana aktivitas ekspor pemilik merek Good Choice ini dilakukan, dan seperti apa strateginya? Simak penuturan Siu Shia, General Manager PT Mikie Oleo Nabati Industri, kepada Rif'atul Mahmudah:

Shiu Siu Nabati Siu Shia, General Manager PT Mikie Oleo Nabati Industri (kanan) bersama tim

Bisa diceritakan mengenai perusahaan Anda?

Berdiri sejak 15 November 2001 di atas lahan 14 hektare yang merupakan kawasan industri terpadu. Pabrik kami produksi dua kategori: food dan nonfood. Untuk food, kami memiliki produk cooking oil, margarine, shortening. Pabrik kami memiliki manufacturing yang terdiri dari texturising plant, filling plant, liquid plant, palm wax plant. Guna menunjang produk yang berkelanjutan, kami memiliki fasilitas R&D dan terdapat application labs untuk mengontrol kualitas hasil produksi. Produk yang dihasilkan ini kami pasarkan dengan nama Good Choice untuk pasar internasional yang memiliki arti pilihan yang tepat bagi konsumen cerdas.

Bagaimana upaya Anda dalam memasarkan produk Anda?

Telah diregistrasikan di Indonesia sejak 2007 dan telah terdaftar di berbagai negara seperti China, Thailand, Filiphina, Maldives, Sri Lanka, Chili. Untuk mengembangkan merek, kami melakukan survei market untuk mengidentifikasi peraturan di sebuah negara, mempelajari habit di negara tersebut dan menunjuk agen. Kami juga melakukan pameran di dalam dan luar negeri bekerja sama dengan partner. Kami banyak menyasar industri menengah di negara-negara tujuan seperti Thailand, Nigeria, dan sebagainya.

Bagaimana perkembangan ekspor saat ini? Apakah terus bertumbuh?

Dari tahun ke tahun meningkat. Tingkat pertumbuhan dari 2008 hingga 2012 mencapai 150%. Kalau tidak tumbuh, kami tidak akan kemari. Tetapi kami memang belum memiliki data seberapa besar market share. Kami fokus pada memperkenalkan produk kami.

Seperti apa tantangan yang dihadapi?

Sebenarnya tantangan lebih ke regulasi. Kami berharap pemerintah bisa bantu. Di negara lain seperti Malaysia sudah free impor. Di negara kita masih ada biaya ekspor yang tinggi.

Good Choice ini nama yang lumrah, belum tentu bisa diregistrasi di luar, bagaimana jika ada merek lain yang menggunakan nama yang sama bagaimana?

Kami akan menyeleksi negara yang menjadi konsumen kami dan kami akan registrasi.

Ke negara mana saja perusahaan Anda mengekspor produk?

Produk kami telah terdistribusi di lima benua: Eropa, Asia, Afrika, Oceania, Amerika. Dari awalnya yang hanya tiga negara sekarang sudah 26 negara.

Negara mana yang paling banyak menyerap?

China dan Thailand paling banyak.

Apa ada rencana untuk membuka pasar baru? Kemana?

Tentu saja. Tiap tahun harus. Untuk jangka pendek ini mau garap Asia dan Afrika (mungkin maksudnya memperluas). Tiga tahun mendatang kami ingin ke Timur Tengah.

Apa yang perusahaan Anda lakukan untuk membuka pasar baru?

Kami sudah menunjuk beberapa agen eksklusif di sana yang khusus menangani produk kami.

Menurut Anda, apa keunggulan yang perusahaan Anda tawarkan dibandingkan pemain dari negara lain di produk sejenis ?

Kami mengunggulkan konsistensi mutu agar minyak goreng kami dapat memenuhi harapan konsumen, memberikan value added kepada customer. Kami juga menjaga after sales service. Layanan purna jual bagi kami sangat penting. Selain itu, kami juga menyediakan technical support di lapangan.

Strategi-strategi unik seperti apa yang dilakukan untuk menembus pasar ekspor?

Ya, kami tunjuk agen dan kami langsung ke sana.

Kami mempelajari karakteristik negara tujuan, kami mencari distributor yang bisa mengembangkan produk kami. Kami menyelenggarakan pameran. Di luar negeri kami bekerja sama dengan partner dengan mengirimkan brosur dan barang-barang promosi.

Bagaiamana perusahaan Anda menjamin mutu produk Anda?

Untuk menjamin mutu secara konsisten, kami menerapkan beberapa sistem yang telah tersertifikasi, ISO 9001 dan ISO 22000. Untuk nasional mutu, kami melengkapi dengan SNI. Untuk menjamin secara agama, kami telah memiliki sertifikat halal dan Kosher. Kami juga memiliki sertifikat ISO 14001 dan OHSAS sebagai wujud kepedulian kami terhadap lingkungan dan keselamatan kerja. Guna menunjang produksi palm oil secara berkelanjutan, kami menerapkan RSPI dimana kami perusahaan pertama di Indonesia yang menerapkan sistem ini. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)