Hankook Tires Maksimalkan Pabrik Cikarang untuk Pasar Dunia

Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire, menjadikan Indonesia sebagai tempat terpenting untuk produksinya. Dengan total investasi sebesar US$ 1,1 miliar hingga 2018, pabrik mereka di Cikarang diproyeksikan bakal menjadi basis ekspor ke berbagai negara tujuan di dunia.

Produksi ban di Pabrik Hankook Tire Cikarang hanya 20% saja yang diperuntukan untuk pasar lokal. Sisanya untuk keperluan ekspor, termasuk ke Amerika Utara, Timur Tengah, ASEAN dan Australia.

Memulai produksi perdananya pada kuartal terakhir 2012, pabrik di Cikarang sampai dengan saat ini telah memproduksi total  11.000 ban per hari (data 27 April 2013).  “Kami targetkan tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 17.000 ban per hari atau 6 juta ban per tahun,” ujar Yusuf Wibisono, Marketing Manager Hakook Tire Indonesia.

Pabrik ini mempekerjakan 1.315 orang, sebagian besar memproduksi ban berjenis PCR, termasuk juga pusat produksi varian ban teranyar mereka, Kinergy EX.

“Investasi Hankook Tire di Indonesia adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk meraih tujuan bisnis jangka menengah yang akan memproduksi 100 juta ban hingga 2014 dan menjadi lima besar perusahaan ban terbesar di dunia,” Jae Bum Park, Vice President ASEAN-India Marketing and Sales Division Hankook Tire Indonesia. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)