Inspira: Baru Setahun Sudah Berprestasi

Vincentius Putra ~~

Soccer Ticker merupakan aplikasi yang menyajikan “siaran langsung” pertandingan sepak bola melalui teks. Namun ada pembeda antara Soccer Ticker dengan aplikasi sejenis yang sudah beredar, yakni sudah terintegrasi dengan BlackBerry Messenger (BBM), di mana pengguna bisa melakukan chat dan mengomentari pertandingan dengan komunitas BBM-nya sepanjang pertandingan.

Sebenarnya Soccer Ticker merupakan produk keempat yang dikembangkan Inspira. Start-up ini baru didirikan pada November 2011. Selain Vincent, pendiri Inspira lainnya adalah Hendry Gunawan dan Abrizal Ang. Saat ini, Inspira didukung 14 orang pengembang/programmer. “Kami menggunakan modal dari kocek pribadi untuk mengembangkan Inspira,” ungkap Vincent. Ketika itu, ia melihat start-up digital di Indonesia sedang berkembang pesat. “Ini merupakan kendaraan kami dalam berkreasi di bidang teknologi dan Internet,” kata Vincent, yang berperan sebagai Creative Director Inspira.

Menurut pria kelahiran Jakarta 25 April 1984 ini, ada dua tipe bisnis yang dikembangkan Inspira. Pertama, membuat aplikasi dan website sendiri berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan mereka terhadap kebutuhan pasar. Kedua, mereka juga menerima order dari klien yang ingin dibuatkan aplikasi atau website. Selain Soccer Ticker, produk lain yang telah dilahirkan oleh Inspira adalah Hellogoodbye.me, gadgetan.com, nemu.in.

Hellogoodbye.me merupakan aplikasi location-driven daily deal. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melihat aneka tawaran (deal) berdasarkan area. Namun, rencananya Hellogoodbye.me akan diganti karena tren daily deal dianggap sudah lewat. Adapun gadgetan.commerupakan portal yang khusus membahas mengenai gadget, teknologi, start-up dan aplikasi. Adapun nemu.in hingga kini belum resmi diluncurkan.

Diklaim Vincent, sejak menjadi pemenang di ajang JamHack 2012, Inspira juga mendapat beberapa tawaran untuk mengerjakan proyek aplikasi. “Dari segi bisnis, Inspira belum mencapai titik break even, karena targetnya memang setelah dua tahun. Pendapatan yang dihasilkan kebanyakan masih mengandalkan dari iklan pada web ataupun aplikasi Soccer Ticker,” alumni Southwestern University, Amerika Serikat ini mengakui.

Khusus untuk Soccer Ticker, lanjut Vincent, nantinya ketika bisa diakses publik pascapeluncuran sistem operasional BB 10 di New York, aplikasi ini akan bersifat freemium. Maksudnya, aplikasi ini memang disediakan gratis, tetapi dengan layanan yang terbatas. Jika menginginkan layanan penuh, pengguna harus membayar ketika ingin mengunduhnya. Hal ini tentu akan merupakan salah satu pemasukan bagi Inspira walau kontribusinya diperhitungkan tidak begitu signifikan.

Menurut Vincent, ke depan pihaknya masih akan fokus mengembangkan aplikasi dan menerima proyek dari klien. Inspira merencanakan pula nantinya Soccer Ticker bisa dinikmati pada sistem operasional Android dan iOS. Targetnya kuartal pertama 2013 ini selesai. Inspira juga berencana melakukan kegiatan penghimpunan dana (fund raising) dari kalangan pemodal ventura yang berminat pada aplikasi Soccer Ticker. Dana yang dibutuhkan sekitar US$ 750 ribu. “Kami membutuhkan dukungan modal ventura, bukan sekadar masalah dana, tapi juga dari segi jaringan dan saluran ke luar negeri,” ucap Vincent.

Aplikasi Soccer Ticker ini diharapkan sudah siap digunakan sebelum penyelenggaraan Piala Dunia 2014. Untuk menyambut Piala Dunia 2014, Inspira juga hendak mengubah Hellogoodbye.me menjadi semacam social marketplace. Alasannya? “Saat ini semua orang memiliki kebutuhan untuk membeli dan menjual. Jadi, kami ingin mempertemukan mereka agar lebih praktis secara location-based dan real time,” katanya.

Denoan Rinaldi & A. Mohammad B.S.

Riset: Armiadi

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)