Jacqueline Michelle Sampoerna: PSF Bertransformasi dari Yayasan Filantropi ke Bisnis Sosial

Putera Sampoerna Foundation (PSF) telah berkembang, dari pemberi beasiswa pendidikan (filantropi) hingga menjadi institusi bisnis sosial. Berbagai program dijalankan oleh yayasan yang didirikan oleh keluarga Putera Sampoerna ini untuk memberdayakan masyarakat, baik di bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan, entrepreneurship, hingga bantuan kemanusiaan. Untuk mengetahui sepak terjang PSF, berikut jawaban tertulisn Jacqueline Michelle Sampoerna, Ketua Dewan Pengawas Putera Sampoerna Foundation, atas pertanyaan yang diajukan wartawan SWA, Rangga Wiraspati.

Awalnya Anda hanya meneruskan misi Ayah Anda untuk berkontribusi di bidang pendidikan. Namun pada akhirnya, tanggung jawab tersebut berubah menjadi passion Anda. Mengapa Anda sangat peduli untuk membantu menanggulangi masalah sosial ini?

Jacqueline Michelle Sampoerna Jacqueline Michelle Sampoerna

Ayah saya selalu percaya bahwa pendidikan berperan sangat penting dalam menciptakan pemimpin masa depan yang mampu menjajarkan Indonesia dengan negara-negara maju. Sejak saya dan adik-adik saya masih kecil, ayah saya selalu menanamkan bahwa kami memiliki kewajiban untuk memberikan kontribusi kembali kepada negara ini yang telah sangat baik kepada kami.

Saat mulai menjalankan institusi ini, saya sadar bahwa ternyata masih banyak anak Indonesia yang putus sekolah dan tidak mampu melanjutkan pendidikan mereka karena masalah finansial. Hal inilah yang mendasari kami dalam mendirikan Sampoerna Academy (kini Akademi Siswa Bangsa Internasional), yakni SMA bertaraf internasional dan berasrama yang didirikan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak dari keluarga prasejahtera untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas. Seiring dengan berlalunya waktu, kami menyadari bahwa permasalahan pendidikan di Indonesia tidak melulu mengenai anak-anak yang putus sekolah. Namun, juga terdapat kebutuhan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas guru, serta fasilitas dan manajemen sekolah. Kami juga menyadari bahwa pemerintah tidak dapat bekerja sendirian untuk mengatasi masalah-masalah ini. Pemerintah memerlukan bantuan dari pihak lain. Tujuan jangka panjang dari Putera Sampoerna Foundation adalah untuk menciptakan pemimpin masa depan Indonesia yang berbobot. Pemimpin yang bermoral, mampu menjawab tantangan global, dan berkontribusi kepada masyarakat dan negara. Tentu saja hal ini hanya bisa dicapai dengan membuka akses pendidikan yang berkualitas seluas-luasnya kepada para siswa, termasuk, membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

PSF telah bertransformasi dari institusi filantropi menjadi institusi bisnis sosial, dapatkah Anda menjelaskan model bisnis yang dikembangkan oleh PSF ini?

Dua belas tahun sejak berdirinya Putera Sampoerna Foundation di tahun 2001, kami telah berevolusi dari organisasi filantropi menjadi institusi bisnis sosial demi keberlangsungan program-program kami. Sebagai sebuah institusi bisnis sosial, kami memiliki tujuan untuk turut meningkatkan lingkungan sosial dan membantu mengatasi masalah-masalah sosial di negeri ini. Dengan menerapkan prinsip-prinsip bisnis, pendapatan yang dikumpulkan oleh PSF digunakan untuk mendanai program-program yang dapat membantu memecahkan masalah sosial yang ada. Sebagai institusi, PSF berkomitmen untuk mencapai visi kami dalam menciptakan pemimpin masa depan Indonesia. Kami juga memperluas bidang usaha kami dari pendidikan ke pemberdayaan perempuan, kewirausahaan serta bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam. Belajar dari manis-pahit kesuksesan dan kegagalan yang kami alami, kami mulai merancang sistem pendukung yang tepat untuk menyokong perjalanan kami. Kami berharap semakin banyak siswa yang bergabung ke dalam program pathway kami sehingga mereka sendiri dapat membuktikan konsep yang telah dirancang. Sekadar tambahan, sampai saat ini kami telah membantu ribuan siswa Indonesia untuk mengenyam pendidikan yang layak. Selain itu, kami juga telah berkolaborasi dengan lebih dari 300 perusahaan, organisasi maupun kelembagaan lainnya.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)