Ken Ratri Iswari, Jadikan Contenga sebagai Employer Choice Start-up IT

Satu lagi startup meramaikan dunia maya. Adalah Contenga Indonesia, tech-startup dengan IT dan entrepreneurship sebagai DNA dari perusahaan. Produk-produknya terdiri dari software, desktop email client application, edutainment games, entrepreneurship lifestyle event, dan villa rental sites.

Adapun Co Founder Contenga Indonesia dipegang oleh Ken Ratri Iswari. Kelahiran 18 Juli 1986 ini sebelumnya pernah menjadi Account Manager P & G, Co Founder Ngubek.com, Recruiter di Shell Indonesia, dan Manager di Oil Select Indonesia dan Asia Pasifik. Dari berbagai pengalamannya itu akhirnya ia mampu merangkul berbagai tim yang berasal dari bermacam etnis dalam satu wadah Contenga Indonesia.

Lantas bagaimana kiprahnya mengembangkan Contenga Indonesia? Berikut penuturan Ken Ratri Iswari dengan Swa Online :

Ken Ratri Iswari, Co-founder & Human Capital Manager Contenga Indonesia.

Apa background pendidikan Anda?

S1: SBM ITB - Majoring Marketing, cum laude, gelar S.Mn (Sarjana Manajemen). S2: MBA ITB - Majoring Human Capital Management, cum laude, gelar MBA

Sejak kapan masuk dan bergabung dengan Contenga Indonesia ?

Bergabung dengan Contenga Indonesia di tahun 2011.

Sebelumnya pernah bekerja dimana atau pernah membuka suatu usaha?

Pernah bekerja di beberapa Multinational Company seperti P&G dan Shell; self-employed / freelance project (mengerjakan project headhunting / recruiting untuk Oil Select, promosi film untuk RAPI Film di beberapa kota besar di Indonesia - semuanya project based); Entrepreneurial: membuat start-up (bootstrap) bersama teman-teman (Zufrizal Yordan, Reza Prabowo, Dydi Arifien) bernama ngubek.com (website panduan kota Bandung) di tahun 2008.

Apa alasan yang melatarbelakangi Anda mendirikan Contenga Indonesia?

Saat mendatangi event Project Getaway di Bali dimana di sana saya bertemu dengan entrepreneurs muda dari berbagai bangsa. Di event tersebut saya bertemu dengan Michael Bodekaer (Founder Contenga International) dan dari situlah saya mendapatkan kepercayaan besar untuk menjadi bagian dari Contenga Indonesia dan mengelolanya. Pada dasarnya kami mempunyai pandangan yang sama karena kami terinspirasi dari Holstee Manifesto (attached) dimana kami percaya bahwa dalam hidup ini kita harus follow our passion dan passion kami ada di entrepreneurship. Kami ingin membuat sebuah perusahaan yang berbeda dari perusahaan kebanyakan, no dull corporate lifestyle.

Kami melihat banyak orang yang terjebak dalam pekerjaannya, melakukan sesuatu yang bukan passion mereka dan terjebak dalam rutinitas di dalamnya. Oleh karena itu di Contenga Indonesia, kami encourage para employee untuk mengikuti passion mereka dan mempunyai entrepreneurship spirit. Kami memberikan kebebasan penuh bagi mereka untuk mengatur sendiri jam kerja mereka karena yang paling penting adalah get things done. We can work anywhere at anytime as long as we get the things done. Kami juga menciptakan atmospehere kerja yang fun (create fun team environment), kantor kami di Bali berbentuk villa yang dirancang agar semua orang merasa nyaman untuk bekerja tanpa mereka merasa seperti sedang bekerja. Segala hal yang ada di Contenga Indonesia dirancang untuk menabrak pakem-pakem corporate lifestyle sehingga kami berbeda.

Apa jabatan Anda sekarang?

Co-founder & Human Capital Manager Contenga Indonesia.

Apa saja tanggung jawab Anda di posisi tersebut?

Sebagai ambassador dari Contenga yang bertugas melakukan public relation activity (company branding dan juga networking dengan komunitas IT dan start-up di Indonesia)

Business development & expansion Contenga Indonesia, Assist in building start up and lead the team into success, Set up Contenga Indonesia's fundamental, Hiring team members/employee/rockstars, dan Responsible for all HR activities.

Berapa tim yang Anda bawahi, berapa orang?

Saat ini ada 7 start-up yang berarti ada 7 team yang mengerjakan software development (Smartlaunch), villa rental service (Vilondo), e-mail client application (Mailbird, Sparxup 2012 winner), entrepreneurial event (Project Getaway), start-up incubators, dan edutainment games (Labster dan Start-up Heroes).

Total saat ini ada sekitar 38 team member yang biasa disebut dengan istilah Rockstar, saya sendiri membawahi sekitar 20 Rockstars)

Terobosan-terobosan apa saja yang Anda lakukan selama menjabat di posisi tersebut?

Membuat fundamental untuk Contenga Indonesia dan set up Contenga Indonesia.

Hiring all Contenga Rockstars.

Membuka jalan bagi Contenga Indonesia untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Unity Technology dan Microsoft.

Membuat terobosan yang tidak umum dalam HR seperti: No dull corporate lifestyle. You can work from anywhere at anytime you want. Memberi kebebasan kepada para Rockstars untuk mengatur waktu kerjanya. Sehingga employee bisa bekerja dari manapun (rumah/ remotely) dan kapan pun (tidak terikat jam kerja seperti perusahaan pada umumnya, jam kerja bebas bisa mengatur sendiri) yang penting excellent result. No uniform, you can come to work with any outfit as long as you don't come to work naked. Encourage semua employee (Rockstars) untuk mengikuti passion mereka (follow your passion) dan juga menumbuhkan entrepreneurship spirits. No hierarchy and no bureaucracy. Tidak seperti perusahaan pada umumnya, Contenga memberikan jatah cuti sebanyak 1 bulan. Dalam pengembangan karir, semua employee bisa memberikan aspirasi karirnya dan mengatur career pathnya sendiri. Emphasize on having fun at what you do. Opportunity to work with international team from Denmark, Belgia, USA, Canada, Mexico, Bulgaria, etc. Serta kantor yang berbentuk villa di Batubulan Bali, sehingga working atmosphere lebih relax dan malah produktifitas meningkat.

Apa saja tantangan yang Anda hadapi di posisi sekarang?

Mengubah badan usaha Contenga Indonesia dari CV menjadi PMA. Business development di Indonesia (saat ini fokus lebih ke European & US market) terutama untuk produk edutainment games yang berupa online entrepreneurshipgames (Start Up Heroes). Tantangan berikutnya adalah mengakomodir massive company growth (dari hanya 15 orang menjadi 38 orang dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Apa saja prestasi-prestasi yang pernah Anda raih baik secara individu maupun tim?

Individu : Co-founding Contenga dan Contenga Indonesia turnover 0% (2011 - now).

Education : Lulus dengan predikat cum laude di SBM ITB & MBA ITB. Best achiever di Business Leadership & Human Capital Management MBA ITB angkatan 41, dan Scholarship selama 9 tahun dari Total E&P.

Team : Sparxup Award 2012 winner dan Winner Venture Cup Startup Competition.

Ken Ratri Iswari (paling kanan) dan team Contenga

Bagaimana strategi-strateginya sehingga Anda dapat meraih prestasi tersebut?

Dedication, hard work, and unremitting devotions to the things you want to see happen.

Apa lagi target yang ingin Anda capai dalam beberapa tahun ke depan, baik target pribadi maupun perusahaan?

Target pribadi: Membuat start-up baru di bidang IT recruitment dan e-commerce. Selain itu secara aktif menyebarkan entrepreneurship spirit melalui aktifitas-aktifitas seperti mengajar dan sharing session (edukasi) dengan komunitas UKM dan komunitas start-up.

Target perusahaan: Membuka studio (branch) di Bandung / Yogyakarta. Kemudian penetrasi beberapa produk unggulan terutama edutainment games di Indonesia market dan tentunya menjadi #1 employer choice di bidang start-up IT. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)