Membangun Froggy Edutography Floating Castle untuk Membina Generasi Muda

Wah! Mungkin itu kata yang terucap ketika pertama kali melihat bentuk bangunan Froggy Edutography. Bangunan putih yang menjulang tinggi di tengah Bumi Serpong Damai klaster Commercial Park Barat itu mampu memukau siapapun yang melihatnya.

Berbentuk seperti istana melayang yang tercermin dari 66 lembar kaca setinggi 10,8 meter, tanpa sambungan dengan lebar 1,9 meter dan ketebalannya 19 milimeter yang dipasang dengan teknik suspended (digantung). Tak pelak keunikan yang ditampilkan Froggy medapatkan apresiasi dari MURI sebagai Floating Castle Pertama di dunia. Selain mendapat penghargaan dalam negeri keunikan bangunan berwarna putih bergaya istana melayang ini telah mendapat penghargaan dari Record Holders Republic, Inggris, sebagai Floating Castle with the Highest Suspended Glass in the World.

Melalui motto Better Kids BetterFuture yang diusung, dengan gayanya yang necis mengenakan setelan jas hitam, Fernando Iskandar, CEO Froggy Edutography memberikan penjelaskan dalam kurun waktu yang singkat kepada Indah Pertiwi berikut ini:

Fernando

Bisa diceritakan, bagaimana Anda dikenalkan bisnis oleh orang tua?

Sejak kecil sering diajak untuk mengikuti kegiatan bisnis orangtua. Kemudian ketika usia masuk kuliah, dikirim untuk menempuh pendidikan di Australia guna meneruskan bisnis keluarga. Jadi sejak kecil sudah tahu arahan bahwa akan menjadi generasi penerus di Tarsan Foto. Bak pangeran yang sudah dipersiapkan menjadi seorang raja yang tinggal menduduki singgasana.

Lalu mengapa Anda berpindah haluan tidak meneruskan bisnis keluarga?

Seperti dasar mendirikan Froggy, ada orangtua yang mendukung cita-cita anak sesuai dengan potensi dan kecerdasan minat anak. Namun ada juga orangtua yang berharap anak melanjutkan bisnis dan ternyata sang anak memiliki cita-cita yang berbeda. Dan Fernando termasuk dalam kategori kedua. Pada usia 18tahun Fernando kembali ke Indonesia dan memulai bisnisnya sendiri dengan usaha awal copy DVD dan frame. Pada awalnya sebagai generasi penerus terdapat kekecewaan namun lambat laun orangtua bisa mengerti karena tidak semua bisa sejalan dengan yang diinginkan.

Siapa sasaran dari froggy edutography?Program yang ditawarkan?

Froggy edutography diperuntukkan anak usia 17-14 tahun. Program yang ada yaitu edutography goal setting sampai dengan 2,5 bulan. Selain itu fieldtrip program yang dilakukan selama satu hari bekerja sama dengan sekolah. Nantinya selama program akan dipandu oleh observer dan motivator untuk mengetahui bakat anak.

Berapa range harga yang dipatok?

Untuk edutography goal setting harga yang dipatok Rp 17.850.000 per anak. Program ini dirancang untuk 12 kali pertemuan dua setengah bulan dengan durasi pertemuan 2,5 jam perhari.

Kemudian untuk program fieldtrip yang bekerja sama dengan sekolah-sekolah terdapat perbedaan harga antara sekolah swasta dan negeri. Sekolah swasta dipatok harga Rp 125.000, sedangkan negeri Rp59.000. Perbedaan yang ada dimaksudkan untuk sumbangsih Froggy.

Sampai sekarang bermitra dengan siapa?

Sekarang mitranya dengan Yayasan Kick Andy dan Yayasan Motik. Bukan sekedar bisnis namun supaya bisa dilaksanakan social empaty movement. Jadi, sampai saat ini bekerja sama dengan Kick Andy untuk memberikan beasiswa.

SDM yang didapatkan dari mana?

SDM yang ada dilihat bukan dari apa lulusannya, namun lebih kepada passion dan kesesuaian visi misi di Froggy.

Bagaimana dengan kinerja bisnis?

Usaha ini milik berdua dengan istri . Saya tidak memikirkan omset yang dipikirkan bagaimana mencerdaskan bangsa. Agar tidak tersesat dalam menentukan cita-citanya. Dan harapannya Floating Castle ini menjadi icon Indonesia.

Target tahun ini?

Untuk 12 tahun ke depan Froggy bisa ada di 15 negara di Asia, khususnya negera berkembang

Mengapa menggunakan floating castle sebagai bangunan utama Froggy?

Floating castle merupakan istana yang diharapkan mampu untuk menemukan cita-cita dan keberhasilan anak. Floating castle terinspirasi dari kisah dongeng “Jack and The Beans Talk”, di mana anak akan menemukan bangunan istana melayang di atas awan setelah ia mendaki rambatan pohon kacang. Istana adalah representasi dari sebuah fantasi. Setiap pengunjuang yang datang dipanggil dengan sebutan “Queen dan King”

Fasilitas apa yang ditawarkan oleh Froggy?

Metamorphosis Of Knowledge Center (MKC): Area publik yang memperkenalkan informasi dan pengetahuan mengenai dream, explore, dan impact.

Dream Acquaint Space (DAS): ruang di mana arti kekuatan impian untuk pertama kali diperkenalkan kepada orangtua dan anak, serta menemukan solusi dalam pencapaian impian dan cita-citanya.

Venue of Guardian Angel (VGA): Ruangan khusus parenting class di mana semua orangtua saling berbagi dan mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai pentingnya peran serta dan dukungan penuh orangtua dalam membantu pencapaian cita-cita anak.

Mengapa menggunakan Katak sebagai ikon?Atau memiliki filososfinya sendiri?

Jangan seperti katak dalam tempurung” dalam artian harus memiliki wawasan luas dan think out of the box. Katak mengalami metamorphosis dalam siklusnya hidupnya dan selalu melompat ke depan: artinya perubahan selalu terjadi dan tidak dapat dihindarkan namun kita harus tetap menatap dan melangkah ke depan dengan lompatan-lompatan yang spektakuler. Katak dapat hidup dalam tiga alam, yaitu darat, air, dan beberapa di antaranya dapat terbang” : artinya teguh dalam prinsip, fleksibel dalam pelaksanaan (adaptif)

Dalam kisah dongeng, katak selalu diidentikkan si buruk rupa”; artinya fisik merupakan anugrah, namun menjadi sukses adalah sebuah pilihan. Ketika ada kerja cerdas, percaya diri dan berdoa. There is a will, there is a way.

Katak merupakan binatang familiar karena habitatnya di alam yang hampir tersebar di seluruh dunia: artinya menjadi tokoh yang mempunyai hasil karya yang dapat mengubah dan memberikan dampak positif bagi generasi di dunia.

Apakah ada niat untuk merger dengan usaha orangtua?

Di Tarsan foto saya masih sebagai pemegang saham. Sekarang dipegang oleh adik yang ketiga, semua keluarga menggeluti bisnis. Untuk Froggy merupakan usaha keempat, sebelumnya saya menggeluti usaha trading, frame, dan copy DVD.

Sebagai keluarga pebisnis, kompetensi apa yang dirasa diturunkan dari orangtua?

Kompetensi yang diturunkan dari orang tua, pekerja keras untuk bisa mengembangkan bisnisnya. Namun untuk enterperenuer harus berbeda, harus memiliki terobosan untuk terus maju. Pada bulan Maret dan Juli akan ada beberapa rangkaian acara untuk lebih mengenalkan Froggy ke publik.

Apakah sering melakukan diskusi dengan orangtua dalam pengembangan bisnis?

Untuk operasional sudah sendiri , untuk filosofi dan kultur masi ada diskusi dengan orangtua.

Sebagai next gen, apa do dan dont untuk dijalankan?

Sebagai next generation yang harus dilakukan adalah mempunyai cita-cita yang tinggi sedini mungkin. Jadi jika sudah memiliki cita-cita diharapkan nantinya sudah jelas dalam menentukan arah dan tujuan hidup selanjutnya. Cita-cita yang ada bukan hanya berimbas pada diri sendir namun juga bermanfaat bagi orang lain. Dan jangan dilakukan adalah tidak memiliki cita-cita. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)