Pantene Terus Berinovasi untuk Wujudkan Rambut Sehat

Setiap pemenang Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2013, terutama yang merebut predikat Golden dan Platinum, pasti punya kekuatan dalam merek. Apa saja? Dalam hal ini, kekuatan Pantene yang diproduksi P&G di Indonesia: adalah ikatan dengan konsumen (consumer engagement). Bayangkan saja, merek shampoo yang paling cepat diingat di Indonesia ini berhasil mengumpulkan 800 ide segar untuk memacu sukses kampanye New Pantene Total Damage Care.

Nah, Sonny de Leon, Direktur Pemasaran P & G Indonesia, mengkaji kekuatan Pantene sebagai merek. Melalui jawaban surat elektroniknya kepada Rosa Sekar Mangalandum dari SWA Online, ia juga cukup murah hati berbagi contoh tindakan pemasaran Pantene. Intinya, Sonny de Leon mengurai kompetensi mereknya.

PantenMoment

Kalau Anda sendiri melihat merek Pantene, apa kekuatannya?

Pantene memiliki sejarah panjang sebagai pemimpin inovasi dalam kategori shampoo dan kondisioner. Pantene juga memperkenalkan produk-produk yang membuat rambut sehat dan bersinar.

Situasi pasar consumer goods di Indonesia selalu berpeluang, namun sangat kompetitif. Apakah kekuatan merek Pantene ikut mendorong, secara langsung ataupun tidak, dinamika pasar consumer goods?

Pantene selalu menyediakan produk-produk aspirasional yang memberi konsumen manfaat rambut sehat. Ini memberikan kepercayaan diri kepada konsumen sehingga mereka mereka puas akan diri mereka dan memungkinkan rambutnya berkilau. Kampanye teranyar yang kami lancarkan selama Ramadhan adalah memulai kompetisi Pantene Shine Momen melalui jejaring sosial. Kami menantang pemakai Pantene untuk berbagi cita-cita, tidak hanya untuk membuat dirinya sendiri bersinar, tetapi juga berbagi agar orang lain pun bersinar. Kami menggandeng duta yang baru, Raline Shah, untuk mengumumkan pemenangnya minggu ini di Ballroom Le-Meridien.

Kampanye ini dirancang sebagai pendukung varian New Pantene Total Damage Care kami. Produk ini sukses karena kami mengumpulkan 800 ide hebat dari seluruh konsumen muda Pantene. Kami akan menyiarkan acara (filler) mengenai para pemenang di televisi untuk mengilhami perempuan-perempuan muda lainnya. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang program ini, silakan kunjungi http://www.panteneku.com/shine.

Seperti apa profil pelanggan setia Pantene? Kemudian apa yang Anda lakukan untuk menjaga merek Pantene selalu berada di top of mind mereka? Apakah utamanya dengan melibatkan selebritas dalam promosi dan iklan?

Pelanggan Pantene adalah sosok yang percaya diri, perempuan yang menghargai rambut sehat. Selebritas peng-endorse merek Pantene adalah Anggun. Dia mewakili merek tersebut. Kami juga menggandeng Rossa dan Raline Shah menjadi pendukung merek kami. Ketiganya berbeda, namun sama-sama percaya diri dan bersinar.

Dari sudut promosi, apa strategi supaya audiens aware terhadap iklan Pantene? Manakah yang Anda putuskan untuk dipakai lebih banyak, above the line atau below the line?

Kami senantiasa mengevaluasi cara terbaik untuk berkomunikasi dengan konsumen. ATL dan BTL sama-sama penting untuk menjangkau pelanggan kami.

Di samping mengendalikan mutu dan mengeluarkan inovasi, apa cara Anda meningkatkan brand value Pantene di pasar?

Pantene terus berinovasi untuk menepati janji tentang rambut sehat.

Bagaimana cara Anda memberikan kepuasan pelanggan?

Kami membuat konsumen puas dengan cara memberikan produk-produk paling inovatif untuk menyehatkan dan membuat rambut mereka bersinar.

Kalau Anda menilai, sejauh apa cara-cara pemasaran Pantene terintegrasi? Apakah sudah berperspektif Integrated Marketing Communications (IMC)?

PanteneSHINE

Kami selalu merencanakan pemasaran terpadu (integrated marketing) supaya konsumen menyadari (aware) merek ini lewat beraneka titik sentuh (touchpoint) yang relevan dengan konsumen.

Di balik kesuksesan, pasti ada tantangan. Apa saja kesulitan yang muncul dalam proses mengembangkan merek Pantene?

Di pasar yang masih bertumbuh, selalu muncul tantangan. Kami mesti memastikan bahwa kami terus-menerus menjawab kebutuhan konsumen yang kami layani.

Saat ini, pangsa pasar Pantene di kategori shampoo sudah menyentuh berapa persen?

Kami adalah pemimpin pasar. Dan sektor industri terkait telah mengakui kami dengan menganugerahkan sejumlah penghargaan.

Berapa jumlah penjualan yang Anda targetkan untuk menutup 2013?

Saya tidak bisa memberikan data. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)