Putri Chairul Tanjung Terjun ke Bisnis EO Unik

Ibarat buah jatuh tak jauh dari pohonnya, demikian yang dialami Putri Indahsari atau biasa disapa Putri Tanjung, anak Bos CT Corp, Chairul Tanjung. Remaja 17 tahun ini pun kecipratan jiwa wirausaha sang ayah. Dengan menggawangi El Paradiso Event Organizer, pelajar salah satu SMA di Singapura ini pun mulai unjuk gigi dengan konsep EO yang diklaim beda dari yang lain. Di antaranya adalah “Mandiri Creativepreneur Corner 2014″ hasil kolaborasi dengan Transevent dan Bank Mandiri yang akan diadakan pada Sabtu, 18 Januari 2014 mendatang di The Hall Senayan City, Jakarta.

Di acara tersebut akan hadir 4 creative expert yang didapuk sebagai pembicara seperti Ken Dean Lawadinata (Chairman Kaskus), Wahyu Aditya (Pendiri Hellomotion), Hedi Rusdian (President Fourspeed Metalwerks), dan Raditya Dika (Penulis Buku & Skenario, Producer, Stand Up Commedian). Lantas bagaimana antusiasme Putri dalam menggagas event teranyarnya ini? Berikut reportase yang berhasil diliput Swa Online :

Putri Tanjung, Founder El Paradiso Putri Tanjung, Founder El Paradiso, Photo by Gustyanita Pratiwi

Apa latar belakang Anda menciptakan bisnis EO?

Sebenarnya aku memang dari kecil sudah senang di dunia media (industri kreatif). Makanya waktu 2011, aku memutuskan untuk membuat El Paradiso. Dari situlah aku mulai membuat birthday party dan event-event lainnya. Kemudian banyak orang bilang : “Oh creatif enterpreneur lagi booming-booming-nya nih. Sudah dimana-mana. Sekarang sudah banyak yang mulai jual produk-produk unik dan baru”.

Jadi aku membuat acara ini karena memang EO butuh kreatifitas yang luar biasa. Terus aku juga punya teman-teman yang sudah ada di industri kreatif. Aku ingin mengajak lebih banyak lagi anak muda yang berinovasi. Aku juga sempat ke Medan kemarin, dan ngomongin soal cretive entrepreneur ini, ternyata banyak banget orang yang punya ide luar biasa, kreatifitasnya tinggi, dll.

Sayangnya mereka tidak tahu bagaimana cara menyalurkannya. Mereka putus asa dan akhirnya membiarkan saja ide-ide tersebut karena tidak ada keberanian untuk memulai. Dari situ, aku jadi mikir, aku kan baru bikin project birtday party dan segala macamnya, jadi aku juga harus berani dong untuk membuat acara yang lebih besar lagi. Seperti dengan mengundang 4 narasumber yang luar biasa ini untuk mengadakan Mandiri Creativepreneur Corner 2014. Ini membuktikan bahwa anak muda pun bisa. Asal berani dan punya tekad.

Kok baru sekarang terpikir bikin event yang mengulas masalah creativepreneur?

Sebenarnya acara ini sudah ingin aku buat dari 2 tahun yang lalu. Karena aku ingin banget ketemu expert-expert di dunia kreatif. Dan aku sering banget datang ke seminar-seminar. Tapi rata-rata males, biasanya seminar agak ngebosenin, bisa berhari-hari, berjam-jam, makanya aku ingin buat konsep yang beda.

Bedanya di mana?

Sebenarnya very simple. Untuk yang terbaru ini acaranya cuma 4 jam. Speaker-nya sangat luar biasa ekspert, kami juga ada small market. Kami ingin mensuport creativepreneur muda untuk menjual produk-produk kreatif mereka. Dan acaranya bukan yang kayak satu-satu presentasi. Tapi juga ada diskusi antar narasumber, diskusi narasumber dengan audience, dll. Jadi audience itu seperti ngobrol dengan narasumbernya. Audience nggak hanya mengikuti acara, tapi menjadi bagian dari acara. I’ts fresh, it’s new, entertaining, very motivating.

Kenapa 4 jam?

Banyak juga yang tanya begitu. Kayaknya sebentar banget. Kenapa tidak 1 hari atau 4 hari saja? Tapi aku tekankan sekali lagi bahwa ini bukan seminar. It’s a talkshow.

Di 4 jam itu apa yang bisa peserta dapat?

Yang akan mereka dapatkan adalah hal-hal yang berhubungan dengan kreatif entrepreneur yang berbeda-beda dari ke-4 pembicara tadi. Dan yang paling penting di acara ini adalah diskusinya. Kalau seminar kan biasanya cuma kita sendiri. Tapi ini ada diskusinya. Selanjutnya mungkin akan ada persepsi dari masing-masing speaker yang berbeda-beda sehingga peserta juga bisa melihat pandangan-pandangan mereka. Karena kalau misalnya kita datang mendengarkan presentasi selama berhari-hari, berjam-jam, dsb, sebagai anak muda, rasanya juga nggak akan masuk. Konsepnya nanti akan dibuat seperti hang out, diskusi, dan cerita bareng. Tempatnya juga akan diset supaya terkesan tidak kaku.

Jadi menurut aku motivasi atau mencari inspirasi itu bisa datang dari mana saja, bisa beberapa menit saja. Misal dengan mendengarkan Ken Dean ngomong cuma 5 menit, aku sudah terinspirasi sesuatu.

Berapa orang yang ditargetkan bisa hadir?

1300 orang

Anda sendiri akan jadi pembicara tidak?

Aku tidak menjadi speaker ya. Mungkin kalau tahun depan diadakan lagi aku bisa jadi pembicara J.

Alasan Anda memilih ke-4 pembicara tadi?

Jadi aku sebenarnya memilih 4 speaker ini karena ada very interesting point-nya. Cretive enterpreneur sendiri kan luas ya. Bisa dalam bentuk ide untuk berpikir kreatif, bisa juga dari orang yang berbisnis di dunia kreatif. Misalnya kita bicara dengan Mas Hedi, dia enterpreneur yang sangat kreatif, dia selalu mencoba untuk membikin suatu yang baru. Nah aku tuh ingin di acara itu mereka share bagaimana sih sebenarnya untuk bisa berpikir kreatif, bagaimana caranya untuk memulai, bagaimana caranya untuk menjadi inovator muda, apa yang dibutuhkan, apakah butuh bermiliar-miliar untuk menjadi inovator muda, apa kuncinya untuk bisa menjadi inovator muda, bisa berpikir kreatif, dll.

Jadi misinya apa?

Aku ingin 2 hal. Pertama, setelah acara ini selesai, akan banyak terlahir inovator muda bangsa. Kedua, aku ingin memberikan multi talkshow experience. Mereka tidak hanya hadir, tapi mereka terkesan. It’s memorable. Jadi tahun-tahun berikutnya ketika kami akan mengadakan acara ini lagi, mereka akan datang lagi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)