Sabun Buah Harmony Berjaya di India dan Pakistan

Sabun buah Harmony mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Maklum, di pasar pun sulit menemukannya. Tapi, jangan salah, sabun yang diproduksi PT Megasurya Mas ini sudah mampu menerobos ke pasar ekspor. Paling tidak, ada 129 negara tujuan ekspor sabun Harmony dengan nilai devisa sekitar US$ 100 juta. Bagaimana lika-liku Megamas Surya menerobos pasar ekspor? Hadi Sofian, Managing Director PT Megasurya Mas, menuturkannya kepada Radito Wicaksono:

Bagaimana perkembangan ekspornya sekarang? Apakah terus bertumbuh?

Secara volume, lima tahun terakhir ekspor kami meningkat terus. Dari 2011 ke 2012 naiknya 15%, 2012-2013 naiknya minimum 20%. Jadi setiap tahun kami mengalami peningkatan ekspor. Nilai ekspornya, tahun 2012, hampir US$ 100 juta.

HadiHarmon2

Seperti apa tantangan yang dihadapi dalam mengekspor produknya?

Adanya perubahan kondisi pasar, termasuk perubahan-perubahan regulasi di negara tujuan. Kami telah beberapa kali mendapatkan tantangan seperti itu. Seperti contohnya di Nigeria yang sempat mengadakan proteksi terhadap produk-produk dari luar negeri. Hal-hal seperti itu menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Untuk menjawab tantangan seperti itu, kuncinya adalah harus didukung dengan kualitas produk yang baik serta kita juga harus mengenal betul pasar kita dengan cara terjun langsung ke sana. Cari tahu secara langsung bagaimana pasar di sana.

Ke negara-negara mana tujuan ekspornya? Negara mana yang menyerap paling besar dari produknya yang diekspor?

Total negara yang menjadi tujuan ekspor kami sudah mencapai 129 negara. Hampir seluruh negara di dunia berarti. Dari 129 negara, top-5 nya itu ada di Afrika, India, Pakistan, Amerika juga kami sudah ekspor, tepatnya di Florida, Amerika Serikat. Pasar terbesar ada di India, yang tahun lalu jumlah nilai ekspornya mencapai US$ 7,4 juta, dan di Pakistan mencapai US$ 6,5. Setiap tahunnya jumlah tersebut terus bertambah sekitar 20%, bahkan Pakistan bisa mencapai 100%.

Apa saja yang dilakukan untuk membuka pasar ekspor yang baru?

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)