Senihayati Ginting, Mengawali Usaha dari Pojokan Pasar

Perempuan, dapur dan kesuksesan. Begitulah tiga kata yang tepat untuk menggambarkan seorang Senihayati Ginting, pendiri PT Rudang Cipta Persada, pemegang merek Rumah Rudang.

IMG_0464Sekitar 25 tahun silam, dia memulai usaha dari sebuah toko bumbu dan rempah-rempah yang kecil di pojokan Pasar Mayestik, Jakarta Selatan. Nama usahanya saat itu “Kios Bumbu Rudang” yang bermakna bagus dipandang dan baunya enak.

“Awalnya usaha ini ditujukan untuk membantu wanita karier yang hampir tidak punya waktu masak. Saya lantas mencoba berjualan bumbu dapur yang sudah halus. Agar mereka bisa memasak lebih gampang dan praktis,” ujar Senihayati.

Di kampung halamannya di Medan, Sumatera Utara, usaha berjualan bumbu halus seperti ini sudah banyak, namun di Jakarta tidak. “Ketika memulai usaha di Jakarta, banyak yang memandangnya aneh. Seiring berjalannya waktu, usaha saya justru diserbu.”

Tahun 1990 bumbu halus siap pakainya mendapat hak paten dan di tahun 1988 Bumbu Rudang mulai dipasok ke supermarket. “Awalnya memang tak gampang. Berkali-kali saya meramu sampai hasilnya benar-benar pas,” kenangnya.

Tahun 2007, dia mulai membangun Area Pemrosesan Modern di Desa Nanggerang, Kabupaten Bogor. Area ini memiliki fasilitas antara lain Ruang Produksi Manual dan Semi-Otomatis dengan standar kebersihan tinggi. Di sanalah lebih dari 100 bumbu dan rempah-rempah dibuat untuk kemudian dipasok ke pelanggan.

Guna memenuhi permintaan pelanggan, saat ini Rumah Rudang sudah punya sekitar 10 cabang di Jakarta. Omzetnya pun sudah belasan juta rupiah per bulan. Selain itu, Rumah Rudang yang didirikannya kini mampu menjadi perusahaan yang memasok bumbu racik segar siap pakai ke berbagai pelanggan dan supermarket Indonesia.

Klien-kliennya seperti Unilever Foodsolutions, Sierad Produce, Giant, Carrefour, Lotte Mart, Hypermart, Foodmart, Toserba Griya, Toserba Yogya, Indomaret, Superindo, Alfamidi, BreadTalk, Healthy Choice, Mangkok Putih, Belmart, Crown Plaza, Hero, Gelael, Golden Truly Dwima, dll.

“Visi besar saya sekarang adalah bagaimana menjadikan Rumah Rudang agar mampu menciptakan kepuasan yang mendunia dalam hal bumbu dan rempah,” tegas perempuan 62 tahun ini. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)