Transaksi Lewat e-Channel Bank Mandiri Semakin Dominan

Transaksi perbankan nasabah Bank Mandiri kini semakin banyak yang dilakukan lewat e-channel. Pada 2010, transaksi di kantor cabang hanya 20% sedangkan transaksi lewat jalur elektronik mencapai 80%. Pada 2013, transaksi elektronik sudah mencapai 90%, hanya 10% nasabah yang masih bertransaksi langsung ke cabang. Apa saja layanan Bank Mandiri di channel elektronika ini? Rahmat Broto Triaji, Group Head Electronic Banking Group Bank Mandiri, menuturkannya kepada Nimas Novi Dwi Arini dari SWA Online:

Seperti apa peluang bisnisnya di bidang e-commerce dan payment gateway bagi perbankan? Benarkah sangat besar?

Perbankan berperan sebagai penyedia sistem pembayaran, e-commerce menjadi salah satu layanan Mandiri untuk ekosistem online, dari penjual (merchant), pembeli (customer), dan sistem pendukung pembayaran (payment gateway). Walaupun sebagian besar dari transaksi e-commerce masih menggunakan metode konvensional seperti transfer bank, pembayaran online Mandiri Clickpay menunjukkan peningkatan signifikan per tahunnya. Pendekatan yang dilakukan untuk solusi e-commerce yaitu Mandiri Clickpay bagi pengguna internet banking Mandiri, Mandiri Internet Acquiring bagi pengguna Visa Master, dan Mandiri E-Cash, produk terbaru dari Mandiri di mana pengguna dapat memiliki dan bertransaksi tanpa memiliki rekening bank pada umumnya - seperti memiliki uang tunai di handphone.

MandiriBroto

Apakah tren ke depan bisnis e-commerce dan payment gateway ini akan terus berkembang?

Terutama sejak tahun 2011, pertumbuhan bisnis e-commerce ditandai dengan munculnya pemain nasional dan regional ke Indonesia. Diperkirakan sampai dengan lima tahun ke depan e-commerce Indonesia akan terus berkembang sejalan dengan peningkatan pengguna Internet dan mobile.

Apa saja yang dilakukan untuk menangkap peluang bisnis tersebut? Apakah Mandiri juga berinvestasi besar-besarnya untuk menyediakan layanan tersebut? Berapa investasinya? Berapa banyak nasabahnya yang telah menggunakan layanan ini? Berapa nilai transaksinya?

Selain dengan ketiga fitur (Mandiri Clickpay, Mandiri Internet Acquiring, dan Mandiri E-Cash), Mandiri juga berusaha mengakomodasi transaksi online dengan metode konvensional berupa virtual account sebagai solusi alternatif melalui e-channel (ATM, mobile, dan Internet). Solusi alternatif ini sebagai solusi bagi nasabah yang masih terbiasa menggunakan transfer dalam pembayaran. Total nilai transaksi e-commerce di Mandiri mencapai lebih dari Rp1,3 triliun di tahun 2013 dengan pengguna lokal dan internasional.

Bagaimana strategi bisnis yang dijalankan di bidang ini? Bagaimana pula sistem keamanannya?

Pages: 1 2 3 4 5 6

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)